6 Tanda Anda Memiliki Hubungan yang Membuat Iri Kebanyakan Orang Menurut Psikologi, Salah Satunya Saling Percaya
Ilustrasi hubungan yang sehat sebagai partner hidup yang solid menjadi tanda bahwa hubungannya membuat iri banyak orang (freepik)
11:38
19 April 2024

6 Tanda Anda Memiliki Hubungan yang Membuat Iri Kebanyakan Orang Menurut Psikologi, Salah Satunya Saling Percaya

Hubungan yang membuat iri kebanyakan orang bukanlah yang bersifat romantis melainkan hubungan yang sehat dan memuaskan. Tak sedikit orang yang belum memahami sejatinya hubungan yang sehat seperti apa.

Banyak orang mengharapkan mempunyai hubungan yang sehat dan awet kedepannya namun sebagian dari mereka belum mengenal cara yang tepat.

Tanda-tanda yang menunjukkan hubungan Anda membuat iri orang banyak bukan untuk membanding-bandingkan namun untuk evaluasi dan perbaikan.

Artinya jika hubungan Anda memiliki tanda-tanda tersebut maka perlu dipertahankan dan tidak perlu harus menurunkan standar hanya untuk orang yang iri kepada hubungan Anda.

Namun jika belum maka Anda perlu ada evaluasi dan beberapa perbaikan agar hubungan Anda sehat dan berkualitas.

Dilansir dari laman Ideapod, terdapat beberapa tanda yang menunjukkan Anda memiliki hubungan yang membuat iri kebanyakan orang diantaranya :

1. Saling percaya satu sama lain

Hubungan yang sehat adalah hubungan yang ditegakkan atas dasar saling percaya satu sama lain.

Hubungan tanpa adanya kepercayaan bisa menyebabkan paranoid, tuduhan dan bahkan orang ingin membatasi pergerakan satu sama lain.

Dalam hubungan yang selalu mengutamakan rasa saling percaya tentu ada timbul perasaan aman, cinta, dan nyaman.

Sehingga seberapa dekat dan jauh jarak Anda dengan pasangan tidak menggoyahkan hubungan Anda sedikitpun.

2. Memiliki kesadaran diri bersama

Pengembangan diri adalah perjalanan seumur hidup. Artinya ketika dua orang sudah berkomitmen pada pengembangan diri dan kesadaran diri, mereka akan mampu menerima masukan yang diberikan dengan baik dan menggunakannya untuk meningkatkan diri.

Bahkan hebatnya Anda tidak akan memproyeksikan pendapat orang lain tentang pasangan Anda karena Anda sudah memahami dari mana datangnya perasaan tidak bahagia atau ketidakpuasan sementara.

Pada intinya, kesadaran diri bersama akan melahirkan hubungan yang tenang dan damai, saling bertumbuh dan saling menyayangi atas kekurangan masing-masing.

3. Mampu berkomunikasi dengan baik, sehat dan efektif

Dalam sebuah hubungan tentu memiliki poin-poin penting dan konflik namun hal itu tidak menjadi masalah karena kunci dari semua itu adalah komunikasi.

Menjaga komunikasi yang baik dan sehat dalam sebuah hubungan terlebih saat ada perselisihan tentu tidak mudah.

Dalam penggunaan teknik “Komunikasi Tanpa Kekerasan” karya Marshall Rosenberg menunjukkan bahwa kita perlu memahami bagaimana mengidentifikasi mengapa kita kesal.

Lalu bagaimana mengkomunikasikan dengan cara yang tidak membuat lawan bicara merasa defensif atau diserang.

4. Anda merasa menjadi bagian dari tim

Pasangan yang memiliki rasa kerja tim yang kuat cenderung memiliki hubungan yang membuat iri orang lain.

Artinya Anda dan pasangan selalu menghadapi tantangan bersama, mendukung tujuan satu sama lain dan merayakan keberhasilan satu sama lain.

Ketika Anda mengalami kesulitan, pasangan Anda ada untuk memberikan dorongan dan membantu menemukan solusi.

Pada intinya pasangan yang memiliki rasa kerja tim ini memahami bahwa ada perasaan yang saling berinvestasi dalam membuat segala sesuatunya menjadi lebih baik.

5. Anda menjaga keintiman tetap hidup dan selalu mengoptimalkan

Keintiman dapat bermakna banyak hal mulai dari keintiman seksual hingga sentuhan yang menenangkan atau waktu yang berkualitas dimana Anda dapat berbagi hal-hal penting dalam hidup.

Hubungan yang sehat bukan hanya saling menuntut namun melakukan upaya bersama untuk memperbaiki hal-hal yang akan menjaga hubungan tetap kuat dan membuat orang lain penasaran bahkan iri.

6. Anda baik satu sama lain

Tanda terakhir hubungan Anda membuat iri banyak orang adalah memiliki kebaikan yang selalu muncul dengan berbagai cara mulai dari berasumsi yang terbaik bukan terburuk, merawat pasangan saat sedang sakit, melakukan hal kecil untuk menyenangkan pasangan, berbicara dengan pasangan penuh cinta dan rasa hormat dan saling memaafkan.

Memaafkan ketika pasangan sedang melakukan kesalahan bukan berarti selalu mengalah namun Anda menyadari bahwa setiap manusia memiliki potensi berbuat salah.

Sehingga sangat penting berbagi kebaikan dengan memaafkan, melepaskan dendam dan terus maju bersama.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tanda #anda #memiliki #hubungan #yang #membuat #kebanyakan #orang #menurut #psikologi #salah #satunya #saling #percaya

KOMENTAR