Berikut 3 Faktor Psikologis Mengapa Orang Menaruh Kepercayaan Terhadap Zodiak, Apakah Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi Zodiak yang dihubungkan oleh garis kuning dan warna biru sebagai latar belakang.
07:20
16 Januari 2024

Berikut 3 Faktor Psikologis Mengapa Orang Menaruh Kepercayaan Terhadap Zodiak, Apakah Kamu Salah Satunya?

- Fenomena psikologis tentang kepercayaan kepada zodiak menarik untuk ditelusuri.

Orang-orang yang meyakini kebenaran zodiak biasanya didasari oleh merasa ada kesamaan dari peramalan atau prediksi zodiak tersebut.

Definisi dari zodiak itu sendiri adalah sebuah konsep astrologi yang mengaitkan antara posisi benda-benda di langit dengan kepribadian dan peruntungan manusia.

Pada era mondial ini, pembahasan mengenai zodiak telah dikemas sedemikian rupa sehingga menarik perhatian banyak orang.

Biasanya para content creator memanfaatkan media sosial seperti TikTok dan YouTube untuk menjelaskan kepribadian, perjalanan kisah cinta maupun perasaan dari masing-masing zodiak.

Di samping itu, pembahasan terkait zodiak seperti tidak akan ada habisnya. Selalu ada perkembangan terbaru di setiap tahun bahkan bulannya.

Bagi orang yang percaya, tentu penting untuk mereka terus memperbarui informasi terkini terkait zodiak yang dimilikinya.

Namun pernahkah kalian bertanya-tanya mengapa seseorang bisa meletakkan kepercayaan begitu besar kepada zodiak? Adakah faktor psikologis yang mempengaruhinya?

Berikut ini merupakan 3 faktor yang menjadi penyebab mengapa seseorang bisa memiliki keyakinan terhadap ramalan zodiak:

1. Barnum Effect

Dilansir dari laman DW, barnum effect merupakan kondisi psikologis yang dapat menyakinkan orang bahwa prediksi tersebut benar adanya.

Padahal jika lebih dicermati, prediksi-prediksi tersebut bersifat umum yang bisa terjadi kepada siapa saja.

Efek ini membuat seseorang merasa bahwa apa yang mereka dengar atau baca memang ditujukan untuknya.

Faktor lain yang mempengaruhi barnum effect adalah validasi subjektif. Pada umumnya orang-orang cenderung menyukai hal-hal positif tentang kepribadian mereka.

Jadi ketika terdapat pembahasan zodiak yang menjelaskan kepribadian mengagumkan, pembaca akan tertarik untuk mendengarkannya dan mencoba menghubung-hubungkan dengan dirinya sendiri.

2. Respon Terhadap Stres dan Kecemasan

Dilansir pada THE SWDL, hasil penelitian memperlihatkan bahwa ketika mengalami stres dan kecemasan, seseorang bisa menggunakan astrologi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Disisi lain, ternyata kolom astrologi pertama yang diposting pada surat kabar adalah pada masa di mana orang-orang mengalami gangguan depresi pada Agustus 1930.

Kemudian pada tahun 2020 di tengah krisis keuangan, orang-orang mencari ahli untuk memprediksi masa depan mereka. Misalnya terkait tentang apa yang akan terjadi di hidupnya setelah ini.

Berdasarkan dari pernyataan-pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa ketidakstabilan emosi dapat membuat orang berpikir bahwa zodiak adalah sebuah solusi.


3. Mencari Kepastian

Dilansir dari THE SWDL, faktor lainnya yang membuat orang mempercayai zodiak adalah tidak menyukai berada dalam situasi yang tidak pasti.

Dalam penelitian memperlihatkan bahwa tidak mengetahui apa yang mungkin akan terjadi bisa membuat seseorang lebih stres daripada mengetahui sesuatu yang buruk pasti terjadi.

Pada intinya seseorang memerlukan ketenangan. Jika terdapat hal-hal buruk yang diketahuinya, maka Ia tidak perlu merasa terkejut sebab sudah memperkirakannya. Setidaknya ini bisa memperkuat mental.

Selain itu, mempercayai zodiak juga bisa membantu seseorang mengontrol perasaan menjadi lebih positif.

Dengan membaca hal-hal yang baik terkait diri sendiri, maka akan membawanya kepada energi yang baik pula.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #berikut #faktor #psikologis #mengapa #orang #menaruh #kepercayaan #terhadap #zodiak #apakah #kamu #salah #satunya

KOMENTAR