10 Fakta Unik Tentang Bandara Dubai, Kini Terendam Banjir Bandang Akibat Hujan Badai
Detik-detik pesawat terjang banjir di bandara Dubai [tangkapanlayar]
19:17
17 April 2024

10 Fakta Unik Tentang Bandara Dubai, Kini Terendam Banjir Bandang Akibat Hujan Badai

Banjir bandang yang terjadi di Bandara Dubai, Uni Emirat Arab, jadi pusat perhatian. Pasalnya, itu menjadi banjir terparah setelah 75 tahun. Hujan deras yang mengguyur Uni Emirat Arab (UEA) pada Selasa (16/4) menyebabkan banjir besar yang melumpuhkan sejumlah jalanan juga Bandara Internasional Dubai.

Akibat cuaca buruk ini, banyak penerbangan di Bandara Internasional Dubai tertunda dan dibatalkan. Para penumpang terpaksa menunggu berjam-jam di bandara, dengan beberapa di antaranya harus mencari akomodasi alternatif. Otoritas bandara juga bekerja keras untuk membersihkan landasan pacu dan melanjutkan operasi penerbangan sesegera mungkin.

Bandara Dubai termasuk bandara tersibuk di dunia dengan banyaknya penerbangan setiap hari. Dikutio dari Amazing Dubai, berikut 10 fakta menarik tentang bandara tersebut.

1. Salah satu pusat penerbangan di dunia

Bandara Dubai jadi salah satu andalan untuk transit penerbangan antara Asia ke Benua Eropa dan Amerika, termasuk penerbangan dari Indonesia. Tak heran bila bandara itu banyak dikunjungi penumpang. Pada tahun 2017, lebih dari 87 juta penumpang melakukan perjalanan melalui bandara Dubai. Tercatat pula ada pengelolaan koneksi antara 260 tujuan di seluruh dunia. Serta zona transit bagi lebih dari 100 maskapai penerbangan.

2. Punya lounge terbaik di dunia

Terminal di Bandara Dubai dilengkapi dengan fasilitas modern dan lounge terbaik. DXB adalah hub utama bagi maskapai Emirates, Qantas, dan FlyDubai. Emirates dianggap sebagai salah satu maskapai penerbangan penumpang terbaik di dunia. Oleh karena itu hub utamanya harus memiliki tingkat pelayanan dan fasilitas yang sama.

3. Toko Bebas Bea terbesar di dunia

Dubai juga menjadi surga belanja. Di dalam bandaranya ada banyak toko bebas bea terletak di Terminal. Fasilitas ini termasuk langka ditemukan di bandara lainnya.

4. Ada hotel bintang lima di dalam bandara

Jika lelah karena penerbangan panjang, saatnya beristirahat di hotel Dubai International bintang 5. Terletak di Terminal 1 dan menawarkan kolam renang, restoran, dan ruang konferensi. Struktur ini juga menyediakan kamar-kamar kecil di hotel Snooze Cube-nya. Letaknya di Terminal 1.

5. Bandara ini memiliki Taman Zen sendiri

Gardens terletak di Terminal 3 dan merupakan surga untuk melepaskan diri dari kebisingan bandara yang sibuk. Bisa jadi tempat istirahat dan bersantai di lingkungan alami sebelum penerbangan lanjutan.

6. Bandara Dubai cukup besar untuk menampung pesawat A380

Concourse A Terminal 3 didedikasikan untuk pesawat raksasa Airbus A380. Dibuka pada tahun 2013 untuk tujuan ini. Bayangkan betapa besarnya sebuah bandara yang bisa menampung lebih dari 800 penumpang secara bersamaan. Kapasitas pesawat memaksa untuk memberikan pelayanan bandara terbaik kepada klien. Bandara ini menggunakan kereta bawah tanah dan terowongan untuk menghubungkan Concourse A ke bagian lain gedung.

7. Bandara menyediakan berbagai fasilitas hiburan

Di bandara standar, biasanya hanya akan ditemukan fasilitas untuk memastikan kelancaran penerbangan. Namun Bandara Dubai menyediakan pengalaman yang berbeda. Terdapat kolam renang outdoor, gym, taman alam, bioskop, restoran, dan masih banyak tempat hiburan lainnya.

8. Wifi Bandara Dubai adalah yang tercepat di dunia

DXB memiliki akses wifi yang tak terbatas. Selain itu, wifi tersebut merupakan jaringan tercepat dibandingkan bandara lain. Namun, pada periode lalu lintas udara yang padat, akses ke wifi dapat dibatasi.

9. DXB saat ini mempekerjakan lebih dari 90.000 orang

Bandara utama Dubai mempekerjakan lebih dari 90.000 orang. Ini adalah bandara tersibuk di dunia berdasarkan lalu lintas penumpang internasional. Juga merupakan salah satu bandara tersibuk untuk penerbangan kargo.

10. Ada gerbang pintar di DXB

Padatnya lalu lintas penumpang menjadi salah satu tugas sulit di bandara mana pun. Terkadang, hal ini bisa menjadi masalah besar karena penundaan, pembatalan, atau lalu lintas udara yang padat. Dubai bisa menangani masalah ini dengan menyediakan gerbang pintar dengan ID Emirates. Dengan cara ini, penumpang akan melewati antrian tanpa mengorbankan waktu yang berharga.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #fakta #unik #tentang #bandara #dubai #kini #terendam #banjir #bandang #akibat #hujan #badai

KOMENTAR