Fakta Menarik Tim Cook, Bos Apple yang Baru Saja Kunjungi Jokowi di Istana: Tinggal di Rumah Sederhana Meski Kaya Raya
CEO Apple Tim Cook tiba di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta. Rabu (17/4/2024). (Suara.com/Novian)
12:17
17 April 2024

Fakta Menarik Tim Cook, Bos Apple yang Baru Saja Kunjungi Jokowi di Istana: Tinggal di Rumah Sederhana Meski Kaya Raya

CEO Apple, Timothy Donald Cook atau lebih dikenal dengan nama Tim Cook hari ini, Rabu (17/4/2024) bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta. 

Pantauan Suara.com di lokasi, Tim Cook dan rombongan tiba di kompleks Istana Kepresidenan pukul 08.55 WIB. Kedatangannya akan bertemu dengan Presiden Jokowi untuk membahas investasi.

Diketahui, Tim Cook menjabat sebagai CEO Apple sejak 2011 silam. Ia menggantikan Steve Jobs yang kala itu mengundurkan diri pada Agustus 2011 yang kemudian meninggal dunia pada 5 Oktober 2011.

Untuk mengenal Tim Cook lebih dalam, berikut fakta menarik mengenai pria 63 tahun ini.

1. CEO Ketujuh Apple

CEO Apple, Tim Cook. [YouTube/Apple]CEO Apple, Tim Cook. [YouTube/Apple]

Tim Cook adalah seorang eksekutif bisnis Amerika yang menjadi CEO ketujuh Apple Inc. sejak 2011. Ia merupakan salah satu CEO terkaya di dunia.

Tim Cook juga aktif dalam kegiatan filantropis. Sebelum diangkat menjadi CEO pada Agustus 2011, ia merupakan chief operating officer Apple di bawah kepemimpinan salah satu pendiri Apple, Steve Jobs, dan bertanggung jawab atas penjualan dan operasional di seluruh dunia.

2. Penghasilan Tim Cook

Tahun pertamanya sebagai CEO Apple, Cook memiliki gaji tahunan sebesar USD900 ribu (Rp14,6 miliar) yang relatif rendah dibandingkan dengan penghasilan Eksekutif di Amazon, Tesla, dan Facebook. Pada 2017, gajinya meningkat menjadi USD3 juta per tahun (Rp48 miliar).

Selain gajinya, CEO juga memiliki saham di perusahaan tersebut. Seperti dilansir Forbes, ia memiliki 3,3 juta saham yang merupakan kurang dari 1 persen saham. Cook telah menerima 5 juta saham, di mana ia menjual 1,7juta dan menghasilkan USD750 juta, yang merupakan jumlah yang memenuhi syarat menurut Perjanjian 2011 yang dibuat antara dia dan Steve Jobs.

3. Rumah Sederhana

Salah satu properti Tim Cook adalah kondominium sederhana di Palo Alto, California. Dengan sedikit lebih dari 2.000 kaki persegi ruang, rumah ini memiliki empat kamar tidur, tiga kamar mandi, dan halaman belakang kecil.

Rumah itu terlihat kecil tetapi nyaman, dan Cook membelinya seharga USD1,9 juta (Rp30 miliar), tetapi nilai rumah itu telah meningkat menjadi USD3,3 juta (Rp53 miliar) sejak saat itu. 

4. Pendidikan Tim Cook

Tim Cook berasal dari Robertsdale, Alabama. Akar Tim Cook berasal dari kota kecil bernama Robertsdale, yang terletak di negara bagian selatan Alabama. Pendidikannya dalam komunitas yang erat menanamkan dalam dirinya nilai-nilai kerja keras, ketahanan, dan kerendahan hati.

Sebelum memulai perjalanannya di Apple, Tim Cook lulus dari Auburn University pada tahun 1982 dengan gelar Bachelor of Science di bidang Teknik Industri. Latar belakang pendidikannya meletakkan dasar bagi kesuksesan masa depannya di industri teknologi.

5. Tim Cook adalah pembela hak-hak LGBTQ+

Tim Cook adalah pendukung setia hak-hak LGBTQ+ dan sangat vokal tentang pentingnya inklusivitas dan keberagaman di tempat kerja. Di bawah kepemimpinannya, Apple secara konsisten memperjuangkan hak dan kesetaraan LGBTQ+.

6. Senang Menyendiri

Tim Cook adalah penggemar kebugaran dan menikmati hiking, bersepeda, dan pergi ke gym. Dia dikenal suka menyendiri, menggunakan pusat kebugaran di luar kampus untuk privasi, dan hanya sedikit informasi yang dibagikan tentang kehidupan pribadinya kepada publik. Dia menjelaskan pada bulan Oktober 2014 bahwa dia telah berupaya untuk mencapai "tingkat privasi dasar".

7. Mengidap Sklerosis

Tim Cook salah didiagnosis mengidap multiple sklerosis pada tahun 1996, sebuah insiden yang menurutnya membuatnya "melihat dunia dengan cara yang berbeda". Ini adalah suatu penyakit saat sistem kekebalan tubuh menggerogoti lapisan pelindung saraf. 

Sejak saat itu, ia ikut serta dalam penggalangan dana amal, seperti lomba sepeda untuk mengumpulkan dana bagi penyakit tersebut. Dia kemudian mengatakan kepada majalah alumni Auburn bahwa gejalanya berasal dari "membawa banyak barang bawaan yang sangat berat".

Editor: Dinda Rachmawati

Tag:  #fakta #menarik #cook #apple #yang #baru #saja #kunjungi #jokowi #istana #tinggal #rumah #sederhana #meski #kaya #raya

KOMENTAR