Karier Sama-sama Mentereng, Kekayaan Rieke Diah Pitaloka dan Donny Gahral Bak Bumi vs Langit
Rieke Diah Pitaloka dan mantan suaminya, Donny Gahral Adian (kolase)
11:03
8 April 2024

Karier Sama-sama Mentereng, Kekayaan Rieke Diah Pitaloka dan Donny Gahral Bak Bumi vs Langit

Rieke Diah Pitaloka adalah salah satu artis yang terhitung berhasil saat terjun ke dunia politik. Tercatat sudah 3 periode lamanya Rieke menjadi wakil rakyat dan belakangan kiprahnya sangat disorot karena getol mendukung pengusutan dugaan kasus korupsi timah yang merugikan negara sampai Rp271 triliun.

Hal ini juga membuat kehidupan pribadi Rieke disorot, termasuk perihal rumah tangganya dengan Donny Gahral Adian yang kandas sejak tahun 2015. Menariknya lagi, baik Rieke maupun Donny sama-sama memiliki karier mentereng di dunia pemerintahan.

Namun walaupun punya jabatan yang sama-sama mentereng, harta kekayaan Donny ternyata kalah jauh jika dibandingkan dengan milik Rieke. Seperti apa perbandingannya?

Harta Kekayaan Rieke Diah Pitaloka

Rieke Diah Pitaloka usai menyerahkan 20 karya intelektualnya ke Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). [dokumentasi Rieke Diah Pitaloka]Rieke Diah Pitaloka usai menyerahkan 20 karya intelektualnya ke Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). [dokumentasi Rieke Diah Pitaloka]

Melansir LHKPN-nya per 31 Desember 2022, politisi PDI Perjuangan ini mempunyai harta kekayaan bersih sebesar Rp14,64 miliar. Sebenarnya harta kekayaan Rieke lebih besar dari angka tersebut, tetapi dirinya juga memiliki utang sebesar Rp389,62 juta.

Porsi aset terbesarnya adalah berupa tanah dan bangunan yang tersebar di Kota Depok, Kabupaten Garut, Kabupaten Bekasi, Kota Denpasar, dan Kabupaten Bogor. Total aset tanah dan bangunannya adalah sebesar Rp12,1 miliar.

Selain itu, pemeran Oneng di sitkom “Bajaj Bajuri” tersebut memiliki dua mobil yakni Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Alphard 2.6G AT dengan nilai total Rp1,175 miliar. Lalu ada pula harta bergerak lainnya sebesar Rp793 juta, serta kas dan setara kas senilai Rp964,44 juta. Dengan demikian, total harta kekayaan Rieke sebenarnya Rp15,03 miliar.

Harta Kekayaan Donny Gahral Adian

Donny Gahral Adian. (YouTube/Total Politik)Donny Gahral Adian. (YouTube/Total Politik)

Jauh berbeda dengan sang mantan istri, LHKPN terakhir Donny Gahral per 31 Desember 2022 menunjukkan kepemilikan harta kekayaan dengan nilai total Rp2,4 miliar.

Aset terbesar Donny adalah tanah dan bangunan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat dengan nilai total Rp2 miliar. Isi garasinya pun hanya sebuah mobil Mercedes Benz tahun 2010 senilai Rp108 juta.

Hartanya yang lain adalah berupa kas dan setara kas dengan nilai Rp295,73 juta. Namun berbeda dari Rieke, eks Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan (KSP)  itu mengaku tidak mempunyai utang.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #karier #sama #sama #mentereng #kekayaan #rieke #diah #pitaloka #donny #gahral #bumi #langit

KOMENTAR