Kekayaan Karyawan Pertamina yang Viral Ludahi Perempuan Dikuliti Warganet, Tercatat Punya Utang Rp1,4 M
Arie Febriant pegawai PT Pertamina yang meludahi pengendara lain karena tak terima ditegur saat parkir sembarangan hingga menimbulkan kemacetan merasa menyesal. (tangkapan layar/Instagram)
13:48
7 April 2024

Kekayaan Karyawan Pertamina yang Viral Ludahi Perempuan Dikuliti Warganet, Tercatat Punya Utang Rp1,4 M

Buntut dari perseteruan di pinggir jalan yang melibatkan karyawan Pertamina bernama Arie Febriant membuat publik jadi membongkar kekayaannya. Pria tersebut viral akibat tingkahnya meludahi pengendara lain di pinggir jalan jadi viral di media sosial.

Dari video yang beredar, Arie tak terima ditegur saat parkir mobil Honda H-RV hitam di tengah jalan untuk membeli gorengan. Padahal tindakannya kala itu menimbulkan kemacetan. Peristiw tersebut dilaporkan terjadi di Jalan Masjid Farul Falah, Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, pada Jumat (5/4/2024). 

Video Arie yang marah-marah sampai meludahi orang yang menegurnya itu viral di berbagai platform media sosial, termasuk X. Setelah terkonfirmasi kalau Arie memang pegawai BUMN di Pertamina, warganet rupanya ada yang melacak kekayaannya melalui situs Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada situs KPK.

Akun @BrataYopi di X yang kemudian membagikan tangkapan layar dari hasil LHKPN milik Arie. Tercatat kalau Arie menjabat sebagai Asistant Manager Crude Oil Domestic Supply di Pertamina. 

LHKPN milik Arie yang dibagikan itu merupakan tahun laporan terakhir pada 2023. Dari laporan tersebut tercatat kalau Arie memiliki kekayaan bersih senilai Rp2.258.246.325 atau lebih dari Rp2,2 miliar.

Total kekayaan tersebut berasal dari sejumlah aset yang dia miliki kemudian dikurangi dengan total utang yang masih dia tanggung. Berikut rinciannya:

Tanah dan Bangunan

1. Tanah dan Bangunan Seluas 160 m2/209.5 m2 di Jakarta Selatan, hasil sendiri, Rp3 miliar

Alat Transportasi dan Mesin

1. Mobil Xpander Exceed Tahun 2019, hasil sendiri Rp180 juta

2. Mobil Honda HRV Tahun 2015, hasil sendiri Rp196 juta

Harta Bergerak Lainnya 
Senilai Rp92.525.000

Kas dan Setara Kas
Senilai Rp238.282.325

Sehingga total kekayaan Arie senilai Rp3.706.807.325. Namun dia juga masih memiliki utang sebanyak Rp1.448.561.000. Sehingga total bersih kekayaannya menjadi Rp2,25 miliar.

Diberi Sanksi Oleh Pertamina

Pasca viralnya video tersebut, pihak Pertamina juga ikut angkat suara. PT Pertamina lewat akun Instagram @pertamina mengklaim tengah melakukan investigasi internal. Mereka menegaskan akan memberikan sanksi kepada pelaku jik benar terbukti.

"Saat ini Pertamina sedang melakukan investigasi internal dan akan memproses sesuai ketentuan perusahaan. Pertamina tidak mentolerir segala tindakan pekerjanya yang bertentangan dengan hukum dan etika. Pertamina mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan atas kejadian ini," tulis @pertamina dikutip Suara.com, Minggu (7/4/2024).

Sementara itu, Arie sendiri langsung membuat video permohonan yang diunggah ke media sosial. Lewat video berdurasi satu menit itu, Arie mengakui tindakannya salah dan menyesal telah melakukan hal tersebut.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #kekayaan #karyawan #pertamina #yang #viral #ludahi #perempuan #dikuliti #warganet #tercatat #punya #utang #rp14

KOMENTAR