Lahir di Keluarga Muslim, Cerita Rieke Diah Pitaloka Baru Mantap Beragama Islam di Usia 23 Tahun
Rieke Diah Pitaloka [Rena Pangesti/Suara.com]
11:39
6 April 2024

Lahir di Keluarga Muslim, Cerita Rieke Diah Pitaloka Baru Mantap Beragama Islam di Usia 23 Tahun

Setiap orang memiliki perjalanan spiritual masing-masing. Seperti halnya dengan Rieke Diah Pitaloka yang ternyata memiliki kisah panjang dalam mengakui agama Islam.

Aktris sekaligus politikus itu menceritakan perjalanan religiusnya. Hal ini pula yang melatarbelakangi dirinya mengarang buku berjudul Ruang Doa.

Rieke Diah Pitaloka lahir dari orang tua yang beragama Islam. Sejak lahir, Rieke pun mengikuti keyakinan ayah ibunya. Namun, kedua orang tuanya memberikan kebebasan bagi anak-anak mereka dalam hal memilih keyakinan. Semasa sekolah, Rieke pun terbiasa belajar dua agama.

"Dulu sekolahku dua, pagi sekolah Katolik, sore pesantren. Orang tua muslim, mereka bilang jangan kamu beragama karena faktor orang tuamu. Itu privasimu, silakan kamu putuskan," bebernya dalam YouTube Melaney Ricardo seperti dikutip Sabtu (6/4/2024).

Sepanjang perjalanannya, Rieke ditulis sebagai seorang muslim. Tetapi, dia mengaku baru benar-benar meyakini agamanya saat dewasa tepatnya ketika berusia 23 tahun.

"Jadi sepanjang masa itu, umur 23 tahun baru aku bersyahadat, menyatakan diri masuk Islam. Walaupun dari kecil sudah Islam, tapi itu karena ortu," imbuhnya."

Rieke Diah Pitaloka di kawasan Tendean, Jakarta, Rabu (22/3/2023) [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]Rieke Diah Pitaloka di kawasan Tendean, Jakarta, Rabu (22/3/2023) [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]

Sosok yang lekat dengan karakter Oneng tersebut lantas mengucapkan syahadat sebagai tanda keislamannya kala itu.

"Tapi saya sebagai orang dewasa memilih agama itu, menentukan bahwa Islam sebagai agama saya umur 23, 24 saya sahadat sendiri," sambungnya.

Seiring berjalannya waktu, Rieke memperdalam Islam dengan menjalankan ibadah-ibadah yang wajib maupun diajurkan seperti mengaji. Ia juga sempat tak menyangka bisa melaksanakan umrah dan haji pada 2023.

"Tahun lalu, saya mulai ngaji, tapi kan saya bukan orang yang bisa bahasa Arab, jadi saya harus baca terjemahannya, that's why kalau katam Alquran saya lama banget," beber Rieke.

"Saya baca satu-satu terus saya kumpulin, kan semua kitab suci bahasanya indah," sambungnya.

Tak hanya membaca Alquran, wanita kelahiran Januari 1974 itu juga memahami maknanya lalu mengaitkan apa yang ia alami hingga menemukan jawaban.

"Saya kontekskan dengan peristiwa yang saya lalui saat ini. Misalnya, gimana saya bisa survive dengan pekerjaan. Ada ayat Al Balad (menerangkan) Allah memberikan dua jalan, ada jalan mudah dan jalan sulit," ucap Rieke.

"Jalan sulit itu, adalah jalan membantu orang yang kesusahan, membantu mereka itu jalan yang terjal. Relate dengan profesi saya sekarang, ada dua jalan yang diberikan, tapi hanya satu jalan yang dipilihkan yaitu jalan yang mendaki dan sukar," pungkasnya.

Editor: Husna Rahmayunita

Tag:  #lahir #keluarga #muslim #cerita #rieke #diah #pitaloka #baru #mantap #beragama #islam #usia #tahun

KOMENTAR