Memahami Pro dan Kontra Menjalin Hubungan dengan Sesama Introvert, Salah Satu Positifnya Tak Ada Tekanan Keluar
lustrasi- Pasangan Introvert/freepik
13:58
4 April 2024

Memahami Pro dan Kontra Menjalin Hubungan dengan Sesama Introvert, Salah Satu Positifnya Tak Ada Tekanan Keluar

 

 - Segala jenis hubungan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan penting untuk memahaminya.

Setiap hubungan bisa berjalan dengan baik, ketika lawan jenis saling memiliki ketertarikan dan merasa memiliki kesamaan.

Hal terpenting lainnya adalah memahami dan menerima perbedaan, serta menghargai hal-hal yang menghubungkan.

Bicara soal hubungan antara sesama introvert menurut Personality Growth, berikut adalah beberapa pro dan kontra dari hubungan dua orang dengan kepribadian introvert.

Kekurangan:

Mereka Menjauhkan Diri

Meskipun tidak merasa tertekan untuk keluar adalah pro yang besar dalam hubungan introvert-introvert, hal tersebut juga dapat menyebabkan mereka menjauh dari lingkaran sosial. Karena tidak satu pun dari mereka merasa sepenuhnya termotivasi untuk bersosialisasi, mereka sering meyakinkan diri untuk tetap di dalam ruangan.

Meskipun ini mungkin terdengar seperti impian yang menjadi kenyataan, sebenarnya ini sedikit menjadi kelemahan. Ketika seorang introvert berkencan dengan seorang ekstrovert, mereka memiliki seseorang yang akan memotivasi mereka untuk bersosialisasi.

Meskipun introvert membutuhkan waktu untuk sendiri, sebenarnya mereka bisa merasa kesepian dan tidak bahagia jika terlalu lama terkurung di dalam. Tetap penting bagi mereka untuk bersosialisasi dan menantang diri mereka sendiri, meskipun kadang-kadang sulit dilakukan.

Sesama introvert menyukai pertumbuhan dan ingin dapat memperbaiki diri. Ketika seorang introvert berkencan dengan introvert lainnya, mereka tidak lagi merasa dorongan atau motivasi untuk keluar dan bersosialisasi. Ini sering kali membuat mereka berdua terjebak dalam gelembung isolasi, di mana mereka jarang atau bahkan tidak pernah keluar untuk bertemu teman-teman mereka.

Masih penting bagi mereka untuk keluar dan mengalami hal-hal baru serta terlibat dalam kegiatan tertentu yang mereka gemari. Dua introvert jarang memberikan tekanan satu sama lain, dan dapat dengan mudah meyakinkan satu sama lain untuk menjauh dari lingkaran sosial.

Meskipun jenis kekurangan ini tidak membuatnya tidak mungkin bagi mereka untuk membangun hubungan yang baik, ini hanyalah tantangan yang harus mereka hadapi. Penting bagi introvert dalam sebuah hubungan untuk menemukan cara-cara membantu agar tetap terhubung dengan dunia luar.

Mereka perlu menemukan keseimbangan yang tepat antara waktu yang mereka habiskan untuk bersosialisasi dan waktu yang mereka habiskan untuk menikmati kesendirian.

Tidak Ada yang Ingin Bertanggung Jawab

Karena tidak ada yang benar-benar ingin membuat panggilan telepon atau bertanggung jawab dalam pengaturan sosial, ini bisa menjadi sedikit canggung. Introvert bukanlah tidak mampu untuk berinteraksi sosial, tetapi terkadang mereka bisa terjebak dalam pikiran mereka sendiri.

Memiliki seseorang yang bersedia membuat panggilan telepon yang canggung, atau menjawab pertanyaan memalukan, bisa menjadi hal yang baik. Dengan pasangan yang introvert, itu bisa menciptakan situasi yang tegang di mana tidak ada yang benar-benar ingin bertanggung jawab.

Introvert senang membiarkan orang lain menempatkan diri mereka dalam situasi yang sedikit tidak nyaman, dan mungkin ragu-ragu. Mereka juga kadang ragu karena rasa hormat, dan tidak ingin menjadi orang yang mendominasi.

Terkadang akan ada situasi di mana satu orang harus berperan sebagai ekstrovert, dan memutuskan siapa yang harus melakukan itu bisa menjadi tidak nyaman. Satu orang akan harus bertanggung jawab, dan terkadang membuat pilihan bisa menantang.

Introvert tidak menikmati menginjak-injak kaki orang lain, dan tidak suka merasa seolah-olah mereka harus menjadi orang yang agresif. Ini sebenarnya bisa memberikan tekanan bagi orang dalam hubungan yang sedikit lebih terbuka, karena mereka merasa perlu menjadi orang yang sosial dalam hubungan tersebut.

Hal ini bisa menjadi cukup melelahkan bagi introvert yang lebih terbuka, dan membuat mereka merasa harus mendorong diri mereka sendiri ketika mereka juga merasa terlalu terbebani.

Keuntungan:

Mereka Memberikan Ruang Satu Sama Lain

Introvert memahami dan menghormati kebutuhan akan ruang dan waktu sendiri yang cukup. Ini bisa sulit bagi introvert ketika mereka berada di sekitar ekstrovert yang tidak memahami kebutuhan mereka untuk bersendiri.

Ketika introvert berkencan dengan introvert lainnya, itu bisa menciptakan ruang yang benar-benar aman untuk me-recharge dan bersendirian. Mereka tidak akan memberikan tekanan satu sama lain untuk mendapatkan perhatian ketika mereka menyadari bahwa pasangan mereka hanya perlu bersendirian. Mereka juga membutuhkan banyak ruang, dan ini membantu mereka memberikan satu sama lain kebutuhan ini.

Fakta bahwa introvert akan memberikan satu sama lain waktu sendiri yang sangat dibutuhkan adalah salah satu keuntungan paling bermanfaat dari jenis hubungan ini. Meskipun mereka tidak bermaksud, ekstrovert kadang-kadang bisa merasa tersinggung ketika pasangan introvert mereka membutuhkan waktu jauh dari mereka - seorang introvert akan memahami ini secara lebih dalam. Ini menciptakan hubungan yang jauh lebih nyaman, tanpa stres dan tekanan untuk mengeluarkan energi yang tidak mereka miliki.

Pasangan introvert sering menemukan diri mereka menghabiskan waktu di ruangan yang sama, tanpa mengganggu satu sama lain atau menghabiskan energi mereka. Mereka akan bersantai bersama dan merasa aman dalam pikiran mereka sendiri tanpa harus terus-menerus berbicara.

Mereka Berpikir Sebelum Berbicara

Meskipun terkadang ekstrovert mengekspresikan pikiran mereka secara terbuka, introvert tidak sama. Mereka sering memikirkan kata-kata mereka sebelum berbicara, dan menghabiskan banyak waktu untuk mempertimbangkan kata-kata mereka. Ini sebenarnya merupakan keuntungan, karena mereka sering kali mengucapkan apa yang mereka pikirkan satu sama lain.

Daripada mengatakan kata-kata yang menyakitkan yang tidak mereka maksudkan, introvert lebih suka mengambil waktu untuk mempertimbangkan apa yang sebenarnya ingin mereka sampaikan. Ini membantu untuk menghindari pertengkaran yang beracun, di mana dua orang dalam hubungan itu melontarkan kata-kata tanpa benar-benar berarti apa yang mereka katakan.

Terkadang ini bisa menjadi kelemahan, meskipun jika introvert mengekspresikan hal-hal dengan cara yang kasar dan pada saat yang sama benar-benar bermaksud apa yang mereka katakan.

Lebih Banyak Keheningan

Meskipun terkadang ekstrovert dapat menikmati banyak kebisingan, hal ini bisa membuat introvert frustasi. Hal baik tentang introvert berkencan dengan introvert lainnya adalah bahwa keheningan sering kali tersedia.

Alih-alih memiliki radio atau televisi berdengung di latar belakang, introvert menikmati keheningan. Mereka sering memiliki rasa hormat alami satu sama lain, dan tahu cara menggunakan headphone ketika diperlukan.

Seringkali ada banyak waktu hening, dan mereka tidak merasa perlu memberikan tekanan satu sama lain dengan suara yang tidak perlu. Ini pasti menjadi keuntungan bagi introvert yang berkencan dengan introvert lainnya, dan memberi mereka ruang yang aman dan nyaman untuk hidup.

Tidak Ada Tekanan untuk Keluar

Seringkali ekstrovert ingin keluar dan bersosialisasi, dan tidak suka duduk di rumah. Introvert dalam sebuah hubungan menghargai kebahagiaan bertemu bersama. Mereka ingin terhubung dengan pasangan mereka serta lebih menikmati menghabiskan waktu bersama di dalam.

Mereka akan menciptakan hiburan, tetapi mereka tidak perlu selalu berada di luar untuk merasa diberkati. Mereka tidak mendorong satu sama lain untuk pergi dan menghadiri pesta, dan seringkali mereka lebih memilih malam bersama mereka hanya memesan makanan dan menonton film.

Meskipun tidak semua introvert menghindari interaksi sosial, mereka sering tidak saling mendorong untuk keluar setiap waktu. Fakta bahwa mereka saling memahami kebutuhan satu sama lain akan ruang, mereka tidak akan mendorong satu sama lain.

Seorang introvert yang ingin pergi, sering mampu melakukan ini sendiri jika pasangan mereka tidak ingin bergabung. Mereka tidak akan tersinggung oleh ini, dan sering kali bisa menghargai kebutuhan satu sama lain.

Meskipun ada kontra dalam hubungan asmara sesama introvert, ada juga banyak keuntungan. Pasangan ini pasti bisa berhasil jika kedua orang bersedia berkomunikasi dan bekerja melalui setiap masalah. Semuanya bergantung pada orang-orang tersebut, dan seberapa baik mereka bekerja sama untuk membangun hubungan mereka.

  ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #memahami #kontra #menjalin #hubungan #dengan #sesama #introvert #salah #satu #positifnya #tekanan #keluar

KOMENTAR