Gunakan 7 Trik Psikologi Ini untuk Membuat Kesan Pertama yang Baik Secara Instan, Salah Satunya Menirukan Bahasa Tubuh
Ilustrasi seseorang yang mampu membuat kesan pertama yang baik secara instan./ Sumber foto: freepik/mockupdaddy-com
13:28
4 April 2024

Gunakan 7 Trik Psikologi Ini untuk Membuat Kesan Pertama yang Baik Secara Instan, Salah Satunya Menirukan Bahasa Tubuh

 

 - Menjadi berkesan saat bertemu seseorang untuk pertama kalinya seringkali menjadi tujuan utama, namun tidak selalu mudah untuk dilakukan.

Namun, dengan memahami dan menerapkan prinsip-prinsip psikologi yang sederhana, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk meninggalkan kesan yang positif.

Dilansir dari Geeks for Geeks pada Kamis (4/4), terdapat tujuh trik psikologi yang dapat Anda gunakan untuk membuat kesan pertama yang baik secara instan.

1. Postur berdiri yang baik

Ini sangatlah penting karena postur tubuh yang baik saat berdiri dapat memberikan kesan pertama yang baik pada orang lain.

Berdiri tegak menunjukkan bahwa Anda percaya diri, santai, dan siap menghadapi apa pun. Selain itu, ini membuat Anda terlihat lebih tinggi dan lebih ramah, yang pasti akan membuat orang lain terkesan.



2. Senyum yang tulus

Senyum yang tulus akan memberikan kesan ramah, menyambut, dan menunjukkan bahwa Anda senang bertemu dengan mereka.

Selain itu, senyum juga bisa menular, artinya sikap positif Anda bisa memengaruhi orang lain untuk merasa senang juga.

Anda juga perlu menjaga kebersihan gigi dan berlatih tersenyum di depan cermin agar terlihat alami. Yang paling penting, senyum haruslah tulus, karena hal inilah yang membuatnya benar-benar efektif.

3. Lihat mata seseorang saat Anda berbicara padanya

Meskipun hal ini mungkin sulit dilakukan, terutama jika Anda pemalu atau baru bertemu dengan seseorang, tetapi itu sangat berharga untuk dipraktikkan.

Dengan melakukan hal ini, dapat menunjukkan bahwa Anda sungguh-sungguh tertarik dan terlibat dalam percakapan dengan mereka.



4. Jadilah pendengar yang baik

Penting untuk bisa merasakan dan memahami perasaan orang lain, terutama ketika berinteraksi dengan seseorang untuk pertama kalinya.

Hal ini bisa membuat orang lain merasa lebih nyaman dan terbuka kepada Anda, karena mereka merasa didengar dan dipahami.

Cobalah untuk mendengarkan lebih banyak daripada berbicara dan bertanya tentang kehidupan dan pengalaman orang lain, dimana ini akan menunjukkan minat pada apa yang mereka alami.

Anda juga bisa memberikan dukungan dan pengertian, bahkan jika Anda tidak sepenuhnya setuju dengan mereka. Ini menunjukkan bahwa Anda menghargai perasaan dan pengalaman mereka, dan siap mendukung mereka dalam kehidupan mereka.

5. Menirukan bahasa tubuh mereka

Metika kita berbicara dengan seseorang, kita cenderung meniru gerakan tubuh mereka tanpa disadari. Jadi, jika Anda ingin membuat kesan yang baik, coba ikuti gerakan tubuh mereka.

Hal ini akan membuat mereka merasa lebih nyaman dengan Anda dan membangun hubungan yang lebih baik. Selain itu, meniru gerakan tubuh juga menunjukkan bahwa Anda tertarik dengan apa yang mereka katakan.

Beberapa hal yang perlu diingat saat meniru gerakan tubuh orang lain adalah pastikan postur tubuh Anda terbuka dan ramah, wajah Anda yang santai, dan senyum dengan tulus.

Selain itu, condongkan tubuh sedikit saat mereka berbicara dan jaga kontak mata untuk menunjukkan ketertarikan dan keterlibatan Anda dalam percakapan.



6. Gunakan nama mereka

Menggunakan atau menyebutkan nama seseorang saat Anda berbicara dengannya, ini menunjukkan bahwa Anda tertarik pada mereka dan ingin mengenal mereka lebih baik.

Hal ini membantu menciptakan hubungan yang lebih dekat dan membuat orang tersebut merasa dihargai.

Misalnya, dalam percakapan, Anda bisa menyebut nama orang tersebut beberapa kali, sehingga mereka merasa lebih diperhatikan dan dihargai oleh Anda.

7. Bertanya tentang mereka

Orang-orang cenderung senang menceritakan tentang diri mereka sendiri, jadi bertanya tentang mereka adalah cara yang bagus untuk memulai percakapan dan menunjukkan minat Anda pada mereka.

Selain itu, Anda juga bisa mencari titik kesamaan antara Anda berdua, dimana ini akan membangun ikatan yang lebih kuat antara kedua belah pihak.

Jika Anda menemukan sesuatu kesamaan antara Anda dan lawan bicara, seperti hobi atau minat yang sama, itu akan membantu memperkuat hubungan antara Anda dan mereka.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #gunakan #trik #psikologi #untuk #membuat #kesan #pertama #yang #baik #secara #instan #salah #satunya #menirukan #bahasa #tubuh

KOMENTAR