Nagita Slavina Curhat Tumbuh Sebagai Anak Fatherless Sampai Menangis: Dampaknya Apa untuk Masa Depan?
Gideon Tengker dan Nagita Slavina. (Instagram/@gideonljtengker)
02:19
4 April 2024

Nagita Slavina Curhat Tumbuh Sebagai Anak Fatherless Sampai Menangis: Dampaknya Apa untuk Masa Depan?

Nagita Slavina bercerita tumbuh dengan kondisi fatherless. Namun istri Raffi Ahmad itu membantah dirinya disebut sebagai anak broken home. Apa dampaknya ya?

Dalam sesi berbincangnya dengan Fadil Jaidi, Nagita Slavina menitikan air matanya mengingat influencer tersebut memiliki hubungan yang sangat baik dengan ayahnya, yakni Pak Muh. Kondisi tersebut sangat berbeda dengan hubungan antara dirinya dan sang ayah, Gideon Tengker.

Meski begitu, Nagita enggan disebut sebagai anak broken home karena kedua orang tuanya memutuskan bercerai saat usianya masih belia. Ini karena ia sangat merasakan kasih sayang Rieta Amalia sangat besar untuk Nagita dan adik-adiknya.

"Banyak orang bilang kalau ibu bapaknya pisah itu jadi broken home, menurut gue nggak kayak gitu. karena gue nggak merasakan itu, karena gue merasa kasih sayang dari nyokap gue itu 100 persen utuh maksudnya bulat," ungkap Nagita Slavina melalui potongan video yang dibagikan akun Instagram @raffinagita17_rans, dikutip suara.com, Rabu (3/4/2024).

Menariknya meski tubuh sebagai anak fatherless, namun menurut Nagita, kondisi itu tidak berpengaruh apa-apa untuknya hingga dewasa.

"Jadi gue merasa pada waktu itu, waktu kecil gue nggak membutuhkan apa-apa lagi," sambung Nagita.

Dampak fatherless pada anak

Melansir Hello Sehat, father absence atau fatherless adalah suatu kondisi di mana tidak adanya figur ayah dalam pola asuh anak. Atau keberadaan ayah dalam keluarga tidak bertanggung jawab untuk memenuhi kewajiban dan perannya sebagai sosok ayah.

Sehingga fatherless juga bisa diartikan sebagai ketidakhadiran peran ayah dalam perkembangan anak baik secara fisik maupun secara psikis. Kondisi bisa menyebabkan kekosongan emosi dan psikis anak yang dapat berdampak pada perilaku anak di kemudian hari.

Berikut ini dampak fatherless pada anak yang perlu diwaspadai terjadi selama masa tumbuh kembang:

  1. Rendahnya harga diri atau self-esteem ketika ia dewasa.
  2. Adanya perasaan marah atau anger.
  3. Menimbulkan perasaan minder atau tidak percaya diri karena berbeda dengan anak-anak lain dan tidak dapat mengalami pengalaman kebersamaan dengan seorang ayah yang dirasakan anak-anak lainnya.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #nagita #slavina #curhat #tumbuh #sebagai #anak #fatherless #sampai #menangis #dampaknya #untuk #masa #depan

KOMENTAR