9 Manfaat Tersembunyi Menjadi Seorang Introvert Menurut Psikolog, Salah Satunya Tipikal Pasangan yang Romantis
9 manfaat menjadi seorang introvert (ideapod.com)
14:22
3 April 2024

9 Manfaat Tersembunyi Menjadi Seorang Introvert Menurut Psikolog, Salah Satunya Tipikal Pasangan yang Romantis

Introvert selalu disalahpahami. Hal ini sangat disayangkan dan agak aneh mengingat sepertiga hingga setengah orang didunia adalah introvert, termasuk juga para tokoh yang paling berbakat.

Meski sering kali di salah pahami, setidaknya ada banyak manfaat menjadi seorang introvert seperti halnya menjadi seorang ekstrovert.

Dilansir dari ideapod.com, Rabu (3/4), berikut 9 manfaat menjadi seorang introvert.

1. Punya kekuatan observasi

Introvert biasanya berada di sisi yang pendiam, dan mereka mungkin menghindari situasi berbau kelompok besar. Meskipun mulut mereka tidak bersuara, pikiran mereka berputar satu mil per menit.

Introvert mempunyai kekuatan observasi yang luar biasa. Mereka ahli dalam mendengarkan secara aktif dan selalu mengajukan pertanyaan lanjutan untuk mempelajari lebih detail.

Hal ini membuat para introvert menjadi pemimpin alami karena pemimpin terbaik adalah komunikator yang efektif, dan komunikator yang paling efektif memiliki keterampilan mendengarkan di atas rata-rata.

Introvert mahir menangkap emosi orang-orang di sekitar mereka dan membaca yang tersirat. Naluri mereka sangat tajam, berkat semua orang yang memperhatikan mereka.

2. Pengendalian impuls

Orang-orang introvert dengan sifat mereka yang lebih berhati-hati, mereka cenderung tidak mengambil tindakan apa pun dengan cepat dibandingkan teman-teman mereka yang lebih ekstrovert.

Anda mungkin memperhatikan bahwa ketika Anda bertanya kepada orang introvert, mereka tidak langsung menjawab. Itu karena mereka tidak hanya mengatakan hal pertama yang muncul di kepala mereka.

Sebaliknya, mereka berpikir terlebih dahulu, dan dengan hati-hati mempertimbangkan implikasi dari kata-kata mereka.

Ini adalah keterampilan yang patut ditiru, terutama bagi orang-orang introvert yang memiliki karier dengan tekanan tinggi.

Karena mereka jarang bersuara, orang-orang cenderung lebih mendengarkan ketika seorang introvert menyampaikan pendapatnya.

3. Kemampuan untuk membina hubungan yang tulus

Kemampuan introvert untuk menyesuaikan diri dengan orang lain membuat mereka memiliki kemampuan alami untuk menjalin hubungan yang otentik dan bertahan lama .

Jika seorang introvert berteman dengan Anda, itu adalah kehormatan. Sebab, dikatakan bahwa seorang introvert itu pilih-pilih tentang kepada siapa mereka mengeluarkan energinya.

Karena hubungan mereka yang sedikit namun mendalam memuaskan hasrat mereka yang terbatas untuk berinteraksi sosial, mereka jarang merasa kesepian.

4. Pintar dan kreatif

Jika ekstrover berkembang dengan rangsangan eksternal, introvert lebih menyukai imajinasi dan dunia batin yang kaya.

Sosialisasi terus-menerus dari orang ekstrovert mempunyai cara untuk menghalangi suara batinnya. Introvert jauh lebih nyaman sendirian, yang pada gilirannya memicu kreativitas mereka.

Beberapa pencapaian terbesar umat manusia dalam bidang seni dan penemuan muncul dari para introvert yang terbiasa dengan dunia batin mereka.

Sebab, imajinasi adalah percikan yang menyalakan api kreativitas. Tidak mengherankan jika banyak orang yang paling berbakat dan inovatif berada di sisi spektrum yang lebih introvert.

5. Mandiri

Kebanyakan orang menyamakan ekstroversi dan kemandirian karena mereka menganggap kepercayaan diri sebagai tolak ukur.

Namun pada kenyataannya, kemandirian lebih bergantung pada kemampuan Anda untuk memenuhi kebutuhan Anda sendiri dibandingkan tampil percaya diri secara lahiriah.

Introvert lebih memilih kesendirian untuk mengisi ulang baterai sosial mereka. Proses ini memungkinkan para introvert untuk belajar bagaimana mempraktikkan perawatan diri dan menghibur diri mereka sendiri tanpa bantuan orang lain.

Dan karena banyak orang introvert yang ingin memiliki ruang sendiri, mereka biasanya mencukupi kebutuhan finansialnya sehingga tidak pernah terpaksa bergantung pada orang lain untuk bertahan hidup.

6. Pekerja jarak jauh yang ideal

Introvert secara alami tertarik pada karier yang tidak melibatkan banyak interaksi manusia. Mereka cenderung berkembang dalam profesi seperti menulis, pemrograman, dan pekerjaan mandiri lainnya.

Pekerjaan jarak jauh sangat ideal untuk orang-orang introvert. Penelitian menunjukkan bahwa introvert cenderung menjadi paling produktif ketika mereka sendirian di lingkungan yang tenang dibandingkan ketika mereka berada di kantor yang terlalu merangsang atau tempat kerja yang sibuk.

7. Penulis hebat

Karena mereka lebih suka berpikir sebelum mengutarakan pendapat, orang introvert cenderung lebih mudah menyampaikan pemikirannya melalui kata-kata tertulis.

Jadi, jika orang ekstrovert menyukai komunikasi verbal tatap muka, orang introvert lebih menyukai interaksi tertulis atau digital. Ini memberi mereka waktu untuk mempertimbangkan dengan cermat apa yang ingin mereka katakan dan bagaimana mengatakannya.

8. Persahabatan yang tulus

Introvert adalah teman yang sangat baik. Loyalitas dan keterampilan mendengarkan mereka hanyalah beberapa dari banyak hal yang membuat orang introvert menjadi teman yang baik.

Introvert menghujani teman-temannya dengan kasih sayang, bahkan jika mereka harus menghilang dari keramaian untuk mengisi ulang baterai sosial mereka. Mereka selalu bangkit kembali lebih baik dari sebelumnya.

9. Pasangan romantis yang luar biasa

Selain berteman baik, introvert juga merupakan pasangan romantis yang intuitif dan penyayang. Mereka tidak memiliki masalah dalam memberikan ruang pada pasangannya, karena mereka menghargai ruangnya sendiri.

Jadi, mereka adalah pasangan yang sangat baik bagi orang-orang mandiri lainnya. Introvert bukanlah tipe orang yang melekat karena mereka senang menghabiskan banyak waktu sendirian.

Salah satu kekuatan super seorang introvert adalah pemecahan masalah secara kreati. Sehingga, mereka juga membawa keterampilan itu ke dalam hubungan romantis mereka.

Introvert juga merupakan pendengar yang penuh perhatian dan berpikir sebelum berbicara, yang tentunya merupakan hal yang baik untuk dibawa ke dalam suatu hubungan.

Alih-alih melontarkan komentar penuh kebencian yang pertama kali muncul di benak mereka, mereka berhenti sejenak untuk memikirkan perasaan pasangannya.

Salah satu kelemahan utama menjalin hubungan dengan seorang introvert adalah mereka terkadang tampak sulit untuk dikenal dan agak tertutup.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #manfaat #tersembunyi #menjadi #seorang #introvert #menurut #psikolog #salah #satunya #tipikal #pasangan #yang #romantis

KOMENTAR