9 Tanda Pria Akan Menjadi Sosok Ayah yang Hebat Menurut Psikologi, Apakah Pasanganmu Termasuk?
Ilustrasi seorang ayah sedang mengajari anak tentang cara membuat sushi dengan penuh cinta dan kasih sayang (freepik)
11:22
3 April 2024

9 Tanda Pria Akan Menjadi Sosok Ayah yang Hebat Menurut Psikologi, Apakah Pasanganmu Termasuk?

Pada umumnya seorang pria yang mudah mengatasi emosi dan memiliki rasa penuh kasih sayang saat menidurkan anak anak adalah parameter sosok ayah yang hebat.

Namun hal tersebut berbeda jika dilihat dari ahli psikologi.

Menurut ahli psikologi untuk menjadi sosok ayah yang hebat tidak hanya sekedar baik sama anak anak saja melainkan diperlukan kematangan emosional, empati, dan kemampuan menyeimbangkan cinta.

Memang tidak semua parameter yang menentukan sosok ayah yang baik akan sama setiap pria namun ada beberapa indikator yang baik dan bisa membantu untuk mendapatkan gambaran umum apakah pasangan kita masuk dalam indikator tersebut atau tidak.

Dilansir dari laman Hackspirit, terdapat beberapa tanda seorang pria yang bisa menjadi sosok ayah yang hebat diantaranya :

1. Memiliki kematangan emosi

Indikator pertama dan utama menjadi sosok ayah yang hebat adalah memiliki kematangan emosi.

Kematangan emosi ini tidak bisa hanya dilihat dari banyaknya usia dan pengalaman namun tentang mengelola perasaannya saat emosi dan memberikan respons yang tepat tanpa harus menyakiti orang sekitar.

Seorang pria yang memiliki kematangan emosi tentu bisa bertanggung jawab atas tindakannya, memiliki kesabaran yang lebih dan mempunyai kapasitas empati yang besar.

2. Mampu menjadi pendengar yang aktif

Seorang pria yang menjadi sosok ayah yang hebat selain kematangan emosi juga mampu menjadi pendengar yang baik. Mendengarkan secara aktif artinya bisa memahami, menanggapi dan mengingat.

Seorang pria yang cinta dan tulus mendengarkan anak maka dia akan memvalidasi perasaan yang dirasakan anak sehingga membantu mereka dengan mendengarkan dan memahami.

3. Menunjukkan empati

Pria yang memiliki empati bisa memahami perasaan anaknya. Sehingga tidak heran jika dia selalu berusaha membuat anak bahagia dengan cara menghibur dan membimbing mereka secara efektif.

4. Mampu menerima kekurangan

Tidak ada manusia yang sempurna artinya selalu ada kelebihan dan kekurangan tak terkecuali anak.

Seorang ayah yang hebat sudah pasti akan memahami dan menerima segala kekurangan anaknya. Bahkan saat anak melakukan kesalahan, ayah akan mengakuinya.

5. Memberikan cinta tanpa syarat

Seorang ayah yang hebat akan selalu memberikan cinta dan kasih sayang tanpa syarat kepada anak-anaknya bahkan tanpa ekspektasi berlebihan.

Dengan kasih sayang dan cinta tanpa batas dan syarat, anak-anak akan merasa aman, tenang, dihargai dan diterima.

6. Menyeimbangkan tanggung jawab dengan kesenangan

Ayah yang hebat merupakan sosok yang selalu diharapkan oleh semua anak termasuk dalam hal menjaga keseimbangan antara tanggung jawab dan kesenangan.

Dia memahami kapan harus menjadi pemimpin pendisiplin dan kapan harus menjadi teman bermain.

Ayah hebat juga memahami pentingnya aturan dan struktur namun juga mengerti perlunya tertawa dan berbagi kebahagiaan.

7. Menerapkan perilaku teladan

Seorang ayah yang hebat tidak hanya menyuruh anaknya berbuat baik namun dia juga memberikan contoh melalui sikap dan perilakunya. Dengan begitu, anak-anak lebih mudah meniru perilaku teladan dari ayahnya.

8. Mampu merefleksikan peran sebagai ayah

Seorang Psikiater Amerika Frank Pittman pernah menyatakan bahwa menjadi ayah bukanlah sesuatu yang dilakukan pria sempurna tapi sesuatu yang menyempurnakan pria.

Ayah yang hebat mampu merefleksikan peran dirinya dalam membentuk dan memurnikan seorang pria saat membimbing anak-anaknya menjalani kehidupan.

Menjadi sosok ayah yang hebat diperlukan konsistensi yang selalu berusaha memberikan kasih sayang, bimbingan dan dukungan untuk anak-anaknya.

9. Mampu menetapkan batasan

Ayah hebat mampu memberikan batasan kapan waktunya tegas untuk pendisiplinan dan kapan waktunya bersantai.

Sikap tegas dan disiplin bukan berarti tidak baik sama anak namun hal ini termasuk pola asuh untuk menunjang pertumbuhan dan pemahaman anak-anak tentang benar dan salah.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tanda #pria #akan #menjadi #sosok #ayah #yang #hebat #menurut #psikologi #apakah #pasanganmu #termasuk

KOMENTAR