Tak Hanya Jago Ngomong, Berikut 10 Langkah Mudah Dapatkan Kepercayaan Orang Lain
ILUSTRASI. Orang yang menggunakan trik untuk memperoleh kepercayaan. (Freepik/Katemangostar)
23:34
31 Maret 2024

Tak Hanya Jago Ngomong, Berikut 10 Langkah Mudah Dapatkan Kepercayaan Orang Lain

- Memperoleh kepercayaan dari orang lain merupakan hal yang penting dalam berinteraksi sosial maupun profesional. Jika dipercaya oleh orang lain, seseorang dapat membangun fondasi yang kuat untuk hubungan baik dan kolaborasi yang efektif.

Untuk mendapatkan kepercayaan seseorang, penting untuk bersikap jujur, konsisten, dan dapat diandalkan dalam segala situasi. Selain itu, mendengarkan dengan empati, menghormati privasi, dan memenuhi komitmen juga merupakan faktor penting dalam memperoleh kepercayaan.

Dengan menjadi orang yang dapat dipercaya, kita dapat membangun hubungan yang positif dan saling mendukung dalam berbagai aspek kehidupan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk itu.

Dilansir dari laman Geediting pada Minggu (31/3), berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan agar lebih mudah memperoleh kepercayaan orang lain.

1. Bersikaplah transparan

Selain membuka diri, untuk mendapatkan kepercayaan seseorang, kita juga harus transparan mengenai kesalahan-kesalahan dan kepentingan kita sendiri. Hal ini akan menghilangkan semua tekanan sekaligus memberitahukan kondisi Anda dengan jujur.

Selain itu, akui bahwa Anda telah melakukan kesalahan dengan menjelaskan bahwa Anda hanya manusia biasa yang selalu berusaha untuk memperbaiki diri.

2. Temukan kesamaan

Perilaku utama untuk mendapatkan kepercayaan orang adalah menemukan kesamaan dengan mereka. Ini haruslah kesamaan yang benar-benar nyata dan dapat dihubungkan dengan mereka.

Dalam studi psikologi dan pemasaran, hal ini dikenal sebagai bias kelompok. Seperti yang ditulis oleh Brandon Redlinger, seorang pelatih psikologi dan pengembangan diri, bias dalam kelompok secara sederhana menyatakan bahwa kita menyukai dan mempercayai orang-orang yang kita anggap mirip dengan kita.

3. Bertanya pada diri sendiri

Ketika berharap untuk membangun kepercayaan dengan cepat, akan sangat membantu jika Anda bertanya pada diri sendiri apakah Anda akan mempercayai diri sendiri.

Dengan kata lain, pikirkan apa motivasi Anda, lalu renungkan orang seperti apa yang bertindak seperti ini. Ketika Anda menghayati tindakan orang seperti apa yang akan Anda percayai, orang lain juga akan mempercayai Anda.

4. Hormati batasan-batasan

Jika selama interaksi singkat atau lebih lama dengan seseorang Anda mendengarkan dengan seksama, mereka akan sering memberi tahu batasan-batasan mereka dan sejauh mana kepercayaan mereka saat ini.

Dengan kata lain, mereka mungkin mengungkapkan hal-hal yang mereka sukai atau menghindar dari komentar atau pertanyaan tertentu dari Anda, tapi menjadi lebih terbuka pada saat-saat lain.

Carilah momen-momen yang tepat, dan berusahalah untuk mengejar topik-topik tersebut daripada hanya mendorong apa yang ingin Anda bicarakan.

Kadang-kadang orang membutuhkan lebih banyak waktu dan ruang untuk bergerak dengan kecepatan mereka sendiri. Mengakui dan membiarkan hal itu tanpa paksaan, membuat mereka mempercayai Anda dengan cepat.

5. Terbukalah kepada orang lain

Ketika Anda membuka diri kepada seseorang tentang detail pribadi atau hal sensitif dalam hidup, ini terlalu berisiko. Ini mungkin risiko kecil, tetapi dengan membuka diri kepada mereka, Anda menciptakan kepercayaan dan bersedia untuk menunjukkan kelemahan dan mempercayai mereka. Sehingga mereka pun mempercayai Anda.

6. Akui apa yang tidak Anda ketahui

Bagian dari transparansi adalah mengakui apa yang tidak Anda ketahui. Ketika orang melihat bahwa Anda tidak berusaha tampil dengan cara tertentu dan bersedia mengakui kekurangan Anda, mereka akan lega.

Anda bukan lagi seorang penipu atau orang yang egois, Anda menunjukkan bahwa Anda sadar diri dan realistis. Anda tidak bersandiwara untuk mendapatkan kepercayaan mereka, Anda benar-benar berusaha menjadi orang yang kompeten dan dapat dipercaya.

Hal ini akan membuat sebagian besar orang merespons dengan cepat dan nyata dalam waktu yang sangat singkat.

7. Menahan sebelum menilai

Menahan diri untuk tidak menghakimi adalah cara yang cepat untuk mendapatkan kepercayaan seseorang. Dengan melakukan hal ini, Anda membuka ruang dan zona bebas bagi orang yang sedang berbicara.

Mereka menghargai hal ini dan akan merespons dengan cara yang sama dengan tidak menghakimi Anda dan memberi Anda manfaat dari hal ini.

8. Isyarat nonverbal yang stabil

Bahasa tubuh dan isyarat nonverbal sangat penting dalam membangun kepercayaan dengan cepat. Ketika Anda berdiri dan berjalan dengan tegak dengan tangan yang santai tanpa gerakan gugup, Anda menunjukkan tanda-tanda yang menarik serta dapat dipercaya.

9. Jaga rahasia yang diberitahukan kepada Anda secara rahasia

Ketika seseorang memberitahukan sebuah rahasia atau informasi (bahkan sesuatu yang kecil sekalipun) kepada Anda, jangan memberitahu tentang hal tersebut kepada orang lain. Hal ini dimaksudkan untuk Anda simpan sendiri, dan menunjukkannya akan segera membangun kepercayaan.

10. Jadilah kompeten

Salah satu cara memperoleh kepercayaan orang lain dengan cepat yakni dengan mengenali apa yang dilakukan, memiliki pengetahuan yang luas, dan merespon masalah dan kebingungan dengan baik.

Selain itu, cara Anda berpakaian, berbicara, menjaga gestur tubuh serta kontak mata juga sangat penting untuk medapatkan kepercayaan dari orang lain.

Itulah 10 trik psikologi yang dapat Anda praktikkan untuk memperoleh kepercayaan orang lain dengan cepat.

Dengan menggunakan cara yang tepat, Anda akan menjadi orang yang dipercaya dan ini tentu akan memudahkan Anda dalam interaksi sosial sehari-hari maupun urusan bisnis.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #hanya #jago #ngomong #berikut #langkah #mudah #dapatkan #kepercayaan #orang #lain

KOMENTAR