Makanan Panas Tidak Boleh Disimpan di Kulkas? Begini Penjelasan dan Langkah yang Tepat Menyimpan Sisa Makanan
ilustrasi masakan panas./Freepik
18:16
31 Maret 2024

Makanan Panas Tidak Boleh Disimpan di Kulkas? Begini Penjelasan dan Langkah yang Tepat Menyimpan Sisa Makanan

Anda memiliki sepanci sisa rebusan di atas kompor. Biarkan agak dingin sebelum dipindahkan ke wadah plastik dan dimasukkan ke dalam lemari es?

Atau haruskah secepatnya dimasukkan ke dalam lemari es agar lebih cepat dingin?

Banyak orang mengatakan bahwa makanan hangat atau panas, terutama dalam jumlah besar, tidak boleh langsung dimasukkan ke dalam kulkas, karena akan meninggalkan panas di lemari es dan memanaskan segala sesuatu yang lain.

Makanan panas Anda tidak akan cepat dingin, tapi makanan lain, seperti susu, juga malah akan memanas.

Oleh karena itu, memasukkan makanan yang terlalu panas ke dalam lemari es tidak ada gunanya, makanan lain lebih cepat rusak.

Berapa lama sebelum bakteri berbahaya mulai tumbuh?

Setelah makan, sisa makanan dapat disimpan tergantung berapa lama makanan tersebut ditinggalkan. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan agar makanan tidak dibiarkan pada suhu ruangan selama dua jam.

Mendinginkan sisa makanan bergantung pada ukuran dan komposisi makanan. Panci besar berisi sup mendidih yang dilengkapi penutup dapat bertahan panas lebih lama.

Meskipun tidak masuk akal untuk menunggu hingga menit terakhir, aturan umumnya adalah bakteri akan mulai berkembang biak dalam waktu sekitar dua jam.

Semakin hangat suhu ruangan, semakin lama makanan berada pada suhu yang tepat bagi bakteri untuk berkembang biak tanpa terkendali.

Ini tidak berarti bakteri tidak akan tumbuh pada suhu yang lebih rendah, hanya saja bakteri akan tumbuh lebih cepat jika makanan hangat, namun tidak panas.

Cara aman mendinginkan sisa makanan

Melansir dari www.foodnetwork.com, jika suhu makanan 90 ° F atau lebih tinggi, makanan tidak boleh disimpan lebih dari satu jam.

Itu karena antara suhu 41 dan 140 ° F, bakteri patogen cenderung tumbuh dan berkembang hingga tingkat yang dapat membuat Anda sakit dalam waktu satu atau dua jam.

Saat Anda siap untuk menyimpan sisa makanan, makanan tersebut harus didinginkan hingga sekitar 70 ° F (yang biasanya merupakan suhu ruangan) untuk penggunaan lemari es yang aman.

Jika makanan masih benar-benar panas lalu Anda langsung memasukkannya ke dalam kulkas malah dapat mempersulit pengontrolan suhu kulkas, yang dapat meningkatkan tagihan listrik dan menguras peralatan Anda lebih banyak.

Selain itu, menempatkan wadah penyimpanan tertutup yang terlalu panas, terutama kaca, langsung ke dalam kulkas yang dingin dapat menyebabkan wadah tersebut retak.

Jika sisa makanan Anda panas (di atas 70 ° F), ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu menurunkan suhu makanan dengan cepat:

1. Potong daging yang lebih besar, seperti daging sapi panggang atau ayam utuh, menjadi potongan-potongan kecil.

2. Tuang sup, saus, atau rebusan dari panci yang lebih besar ke dalam wadah yang lebih kecil.

3. Hidangan seperti lasagna dapat dipotong kecil-kecil dan ditempatkan di beberapa piring kecil.

4. Hindari mengemas makanan yang lebih kental dan cairan encer (seperti sup) saat menyimpannya dalam wadah.

5. Sisakan dua inci di bagian atas untuk makanan yang lebih kental seperti kuah saus cabai dan semur dan tiga inci untuk cairan yang lebih encer seperti sup dan kaldu.

Cara menyimpan makanan sisa

Setelah mendinginkan makanan, tutup wadah dengan rapat dan beri label. Sisa makanan mentah bisa disimpan hingga empat hari di lemari es.

Untuk memanaskan kembali sisa makanan, pastikan makanan dimasak dengan benar, disajikan dengan baik, dan dipanaskan dengan suhu minimal 165 derajat ° F. Gunakan microwave, kompor, atau oven sesuai kebutuhan.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #makanan #panas #tidak #boleh #disimpan #kulkas #begini #penjelasan #langkah #yang #tepat #menyimpan #sisa #makanan

KOMENTAR