Inilah Nama-nama Kue Lebaran Paling Ikonik, Gak Lengkap Rasanya Idul Fitri Tanpa Panganan Ini!
Inilah Nama-Nama Kue Lebaran Paling Ikonik, Gak Lengkap Rasanya Idul Fitri Tanpa Kudapan Ini! (envato)
20:39
29 Maret 2024

Inilah Nama-nama Kue Lebaran Paling Ikonik, Gak Lengkap Rasanya Idul Fitri Tanpa Panganan Ini!

Saat Lebaran, setiap rumah pasti menyajikan kue sebagai hidangan untuk tetangga dan sanak saudara yang sedang berkunjung. Apakah selama ini Anda sudah mengetahui nama-nama kue Lebaran yang paling ikonik dan menjadi favorit masyarakat Indonesia? 

Menyajikan kue khas Lebaran memang sudah menjadi budaya Lebaran di Indonesia yang hingga kini masih dilestarikan dan diterapkan setiap tahunnya. Lantas, apa saja jenis kue Lebaran yang bisa disajikan di rumah saat hari raya nanti? Langsung saja sinak informasi selengkapnya di bawah ini.

Nama-Nama Kue Lebaran

Sebetulnya ada banyak sekali aneka kue khas Lebaran, di bawah ini ada beberapa yang paling ikonik dan populer sejak dulu. 

1. Kue Nastar

Ilustrasi kue nastar (freepik/adipurnatama)Ilustrasi kue nastar (freepik/adipurnatama)

Kue khas Lebaran yang dikenal dengan nama nastar ini sangat populer di Indonesia. Selain nanas, ternyata ada juga yang menggunakan selai stroberi, cokelat, dan blueberry sebagai isiannya. Olesan keju di permukaan atas menjadikan kue nastar ini terasa lebih gurih di lidah.

2. Kue Kastangel

Kue kering kastengel. (Shutterstock)Kue kering kastengel. (Shutterstock)

Nikmatnya rasa keju panggang dalam adonan kue kastengel ini selalu ada hampir di setiap rumah masyarakat Indonesia di setiap Lebaran. Kue khas Lebaran yang satu ini menggunakan keju sebagai bahan utama, sehingga rasa yang dihasilkan asin dan gurih, serta bikin nagih.

3. Kue Putri Salju

Kue Putri Salju. (Shutterstock)Kue Putri Salju. (Shutterstock)

 Kue Putri Salju ini memiliki bentuk yang menyerupai Bulan sabit. Kue khas Lebaran yang satu ini punya tekstur padat namun ketika sampai di mulut, adonannya akan meluruh bercampur dengan gula halus. Gurihnya kue ditambah dengan tekstur halus gula yang manis, membuat siapa saja yang memakannya terpikat.

4. Kue Kacang

Ilustrasi kue kacang (Elements Envato)Ilustrasi kue kacang (Elements Envato)

 Tahukah Anda, kacang tanah tidak hanya digoreng saja, tapi nyatanya juga bisa dijadikan sebagai kue khas Lebaran yang nikmat. Kue Kacang adalah kue dengan rasa kacang yang manis dan gurih, di mana untuk membuat dibutuhkan oven karena adonan perlu dipanggang hingga mengering.

5. Kue Semprit

Kue bunga atau kue semprit menjadi salah satu kue kering yang sering disajikan saat Lebaran. (Shutterstock)Kue bunga atau kue semprit menjadi salah satu kue kering yang sering disajikan saat Lebaran. (Shutterstock)

 Kue Semprit memiliki bentuk yang menyerupai bunga Mawar atau Matahari. Tekstur dan cita rasa dari kue ini hampir mirip dengan Kue Kering Sagu, hanya saja Kue Semprit terasa lebih kering saat digigit dan tidak mudah hancur di dalam mulut.

6. Lidah Kucing

Sajian kue kering lidah kucing (Envato Elements)Sajian kue kering lidah kucing (Envato Elements)

Lidah Kucing juga menjadi salah satu kue yang wajib ada saat Lebaran. Bentuknya panjang dan pipih, ini memang mirip lidah kucing. Proses pembuatan kue khas Lebaran yang satu ini bisa dilakukan cukup unik, yaitu dengan cara memanggang dengan bentuk pipih membuatnya menjadi renyah. Tapi pada saat digigit ada rasa manis susu yang lumer di mulut.

7. Pastel Kering

Sajian pastel kering isi abon (Freepik/jcomp)Sajian pastel kering isi abon (Freepik/jcomp)

 Kue kering khas Lebaran yang satu ini memiliki bentuk yang sama seperti pastel pada umumnya, hanya saja  ukurannya lebih kecil. Pada isiannya terdapat abon yang membuat makanan ini menjadi sangat gurih dan lezat. 

Itulah beberapa nama kue Lebaran paling ikonik yang wajib Anda ketahui. Jangan lupa sediakan kue-kue ini di hari raya Idul Fitri untuk menyambut para tamu dan orang-orang terdekat dengan penuh kehangatan, ya. 

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #inilah #nama #nama #lebaran #paling #ikonik #lengkap #rasanya #idul #fitri #tanpa #panganan

KOMENTAR