Kenali 8 Tanda Hubungan Tidak Setara dengan Pasangan, Bisa Sebabkan Kesepian hingga Sering Merasa Takut Kacaukan Keadaan
8 Tanda Hubungan Tidak Setara dengan Pasangan./(Very Well Mind)
13:16
29 Maret 2024

Kenali 8 Tanda Hubungan Tidak Setara dengan Pasangan, Bisa Sebabkan Kesepian hingga Sering Merasa Takut Kacaukan Keadaan

 

Hubungan tidak setara atau sepihak dapat didefinisikan sebagai hubungan antar pribadi yang tidak seimbang. Di mana salah satu pihak menginvestasikan lebih banyak energi atau salah satu orang memegang kendali lebih besar.

Dalam hubungan tidak setara satu orang melakukan sebagian besar pekerjaan, baik secara finansial, fisik, emosional, atau mental.

Dalam hubungan romantis, hal ini mungkin melibatkan satu orang yang memulai sebagian komunikasi, merencanakan sebagian besar aktivitas bersama, atau mengurus sebagian besar tugas yang seharusnya dilakukan bersama oleh pasangan.

Padahal Menurut Amy Mezulis PhD, seorang Kepala Petugas Klinis Joon, menyebutkan bahwa dalam hubungan yang sehat dan seimbang, seseorang keduanya saling bergantung. Sebab hubungan timbal balik dan setara memberikan stabilitas dan keamanan.

Amy, dalam Very Well Mind yang dikutip JawaPos.com (29/3) menyatakan bahwa dalam hubungan yang tidak setara atau sepihak, Anda mungkin akan merasa cemas, hampa, kesepian, disalahpahami, tidak aman, atau takut untuk mengacaukan keadaan.

Jika menurut Anda hubungan Anda tak seimbang, penting untuk melihat apakah kedua belah pihak mempunyai peran yang seimbang. Beberapa tanda hubungan tidak setara yang harus diperhatikan antara lain:

  1. Memulai sebagian besar aktivitas dan komunikasi

Anda hampir memulai setiap percakapan, memulai hampir semua interaksi, dan merencanakan sebagian besar aktivitas yang Anda lakukan bersama.

  1. Harus membuat sendiri sebagian besar keputusan penting dalam hubungan

Anda cenderung mengambil keputusan besar sendiri tanpa melibatkan pasangan Anda. Pasangan Anda pun mengabaikan tanggung jawab untuk membuat keputusan penting dalam hidup Anda dan pasangan.

  1. Menjadi orang yang harus meminta maaf

Setelah konflik atau pertengkaran, orang lain jarang mengambil tanggung jawab atas tindakannya atau menebus kesalahan yang telah mereka lakukan. Sebaliknya, biasanya Adalah yang meminta maaf agar dapat mengatasi masalah tersebut.

  1. Mengorbankan segalanya untuk membahagiakan orang lain

Anda mungkin merasa harus mengabaikan keinginan dan kebutuhan Anda sendiri karena sibuk mempertahankan hubungan sepihak.

  1. Perasaan tidak aman dan tidak benar-benar mengetahui posisi Anda dalam hubungan

Ketika orang lain tampak tidak peduli atau tidak berusaha keras, hal ini membuat Anda meragukan niat, komitmen, dan investasinya dalam hubungan.

  1. Komunikasi yang buruk

Anda mungkin merasa mereka tidak mendengarkan, tidak peduli, atau tidak begitu memahami maksud Anda saat Anda berbicara. Ketika Anda berkomunikasi, Anda merasa tidak puas.

  1. Kontribusi keuangan yang tidak seimbang

Andalah yang harus membayar semua pengeluaran bersama dan, dalam banyak kasus, mereka mengharapkan Anda menanggung kewajiban keuangan mereka.

  1. Membuat alasan

Pasangan Anda sering membuat alasan yang membuat Anda stres dan kewalahan.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kenali #tanda #hubungan #tidak #setara #dengan #pasangan #bisa #sebabkan #kesepian #hingga #sering #merasa #takut #kacaukan #keadaan

KOMENTAR