Adu Pendidikan Kaesang Pangarep vs Raffi Ahmad: Buka Bisnis Bareng Tapi Beda Nasib
Potret Raffi Ahmad dan istri, Nagita Slavina berfoto bersama Kaesang Pangarep. (Instagram)
14:24
26 Maret 2024

Adu Pendidikan Kaesang Pangarep vs Raffi Ahmad: Buka Bisnis Bareng Tapi Beda Nasib

Selebriti sekaligus pebisnis, Raffi Ahmad kembali berkolaborasi dengan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep. Keduanya kini membangun sebuah bisnis baru yang bergerak di usaha pendukung kuliner bernama Rans Nusantara Hebat.

Bisnis kuliner Raffi dan Kaesang ini merupakan sebuah wadah bagi para UMKM untuk menjajakan jualan mereka di pusat kuliner yang berada di BSD, Tangerang Selatan.

Kolaborasi antara Raffi dan Kaesang ini menghasilkan kesepakatan untuk pembangunan lahan pusat kuliner seluas 2,1 hektar. Lokasi kuliner keduanya bahkan memiliki kapasitas untuk menampung 2.000 orang dan ratusan tenant penjualan.

Bisnis Rans Nusantara Hebat ini menjadi kerjasama kesekian kalinya antara Raffi dan Kaesang. Sebelumnya, Kaesang sempat didaulat sebagai komisaris di perusahaan induk milik Raffi Ahmad, yaitu RANS Entertainment.

Meskipun keduanya sama-sama sukses dalam membangun banyak bisnis, namun ternyata keduanya memiliki latar pendidikan yang cukup berbeda.

Lalu, seperti apa riwayat pendidikan yang pernah ditempuh Kaesang maupun Raffi? Simak inilah selengkapnya.

Pendidikan Kaesang Pangarep

Ketua Umum atau Ketum PSI, Kaesang Pangarep. [Instagram @kaesangp]Ketua Umum atau Ketum PSI, Kaesang Pangarep. [Instagram @kaesangp]

Kesuksesan Kaesang dalam membangun bisnisnya ternyata tak hanya berasal dari faktor kegigihannya, tetapi juga latar pendidikannya yang mendukungnya dalam menjalankan setiap bisnis yang ia bangun.

Kaesang sendiri menghabiskan masa kecilnya di Solo. Ia merupakan lulusan dari SD Negeri 16 Mangkubumen Kidul Solo. Ia melanjutkan pendidikan di salah satu SMP negeri favorit di Solo, yaitu SMP Negeri 1 Solo.

Keinginan Kaesang untuk melanjutkan studi di luar negeri akhirnya terwujud saat SMA. Ia memutuskan bersekolah di SMA di Anglo-Chinese School International Singapura. Di sana, adik Gibran Rakabuming Raka ini mengambil program International Baccalaureat.

Program tersebut membawa Kaesang masuk kuliah di Singapore University of Social Sciences (SUSS). Di SUSS, ia mengambil studi di jurusan komunikasi dan berhasil lulus dengan Gelar Bachelor of Science (B.Sc) dengan peminatan marketing.

Kaesang juga berhasil meraih penghargaan lulusan dengan predikat tertinggi di bidang kewirausahaan. Ia berhasil meraih gelar ini berkat riwayat bisnis yang sempat ia bangun sebelum lulus kuliah pada 2019 lalu.

Pendidikan Raffi Ahmad

Potret Raffi Ahmad (Instagram/@raffinagita1717)Potret Raffi Ahmad (Instagram/@raffinagita1717)

Berbeda dengan Kaesang yang berhasil meraih gelar sarjana di luar negeri, Raffi Ahmad justru memulai bisnisnya lewat pengalamannya di dunia entertainment.

Pria berdarah Sunda ini merupakan lulusan SD Taruna Bakti Bandung. Ia kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 5 Bandung. Sejak SMP, Raffi mulai mengikuti audisi model majalah remaja. Audisi itu membawanya masuk ke dunia entertainment.

Usai lulus SMP, Raffi sempat bimbang untuk melanjutkan sekolah di SMA Negeri 5 Bandung atau SMA Negeri 3 Jakarta, mengingat kegiatannya di dunia entertainment yang mulai padat. Raffi pun akhirnya memutuskan untuk bersekolah di SMA Negeri 3 Jakarta agar mobilisasi pekerjaannya menjadi lebih mudah.

Namun, dalam perjalanannya, Raffi malah memutuskan pindah SMA Negeri 16 Jakarta, tepatnya setelah sempat beberapa bulan bersekolah di SMA Negeri 3 Jakarta.

Lulus dari bangku SMA, Raffi kembali bimbang untuk memilih berkuliah atau mengejar karirnya di dunia entertainment. Ia pun memutuskan untuk berkuliah di Universitas Paramadina dan Universitas Terbuka.

Sayangnya, aktivitas Raffi yang padat untuk syuting sinetron membuat dia memutuskan untuk tidak melanjutkan perkuliahannya hingga saat ini.

Meskipun begitu, Raffi sendiri cukup gigih untuk mengejar karirnya di entertainment. Bisnisnya pun ia mulai geluti dengan serius pasca menikah dengan Nagita Slavina hingga berhasil membangun perusahaan induk bernama RANS Entertainment.

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #pendidikan #kaesang #pangarep #raffi #ahmad #buka #bisnis #bareng #tapi #beda #nasib

KOMENTAR