Dokter Ungkap Perjalanan Kehamilan Olivia Allan, Janin Bocor Jantung Hingga Sempat Promil ke Malaysia
Perjalanan Kehamilan Olivia Allan Istri Denny Sumargo (Instagram/@sumargodenny)
18:00
25 Maret 2024

Dokter Ungkap Perjalanan Kehamilan Olivia Allan, Janin Bocor Jantung Hingga Sempat Promil ke Malaysia

Pasangan Olivia Allan dan Denny Sumargo, tengah menanti kelahiran buah hati pertama mereka. Dalam podcast yang dibagikan baru-baru ini, kandungan Ci Oliv diketahui sudah memasuki usia enam bulan.

Rupanya ada kisah pilu di balik suka cita pasangan YouTuber tersebut. Apalagi Ci Oliv diketahui sudah tiga kali mengalami keguguran.

Keguguran berulang itu kemudian diceritakan oleh dr. Arie Adrianus Polim, D.MAS, Sp.OG, dokter yang turut andil dalam perjuangan pasangan Olivia dan Denny Sumargo atau Densu.

"(pasangan Olivia dan Denny Sumargo) tiga kali mengalami keguguran, hati pasti hancur," kata dr. Arie, dikutip Suara.com dari siaran pers, Senin (25/3/2024).

Kata dr. Arie, keguguran pertama Ci Oliv terjadi pada tahun 2020 lalu. Saat itu menurutnya, Ci Oliv mengalami kehamilan spontan atau kehamilan secara alami.

Merasa amat bahagia, Ci Oliv pun rutin mengonsumsi vitamin agar janin yang ia kandung saat itu tumbuh kuat. Namun sayang, saat melakukan kontrol kehamilan, suara detak jantung janin yang dikandung Ci Oliv tak terdengar.

"Saat dicek kembali, detak jantung tidak ada, jadi setop kehamilan," jelas dr. Arie lagi.

Perjuangan tak sampai di situ, dr. Arie lalu menyarankan Olivia dan Densu untuk melakukan program inseminasi, di mana sperma Densu dimasukkan ke dalam rahim Ci Oliv untuk membantu proses pembuahan.

Pasangan tersebut setuju dan berhasil positif setelah dua minggu menjalani program. Namun memasuki usia kandungan 10 minggu, takdir berkata lain dan usaha tersebut kembali gagal.

Pasangan Densu dan Olivia Allan serta dr. Arie (Dok. Pribadi)Pasangan Densu dan Olivia Allan serta dr. Arie (Dok. Pribadi)

"Tiba-tiba ada masalah perkembangan (10 minggu) ternyata bayi ada cairan di kepala, seluruh badan terutama jantung bocor. Nah itu kondisi tidak terduga, kedua kali keguguran" ungkapnya lagi.

Sempat merasakan sedih dan putus asa, Ci Oliv rupanya sempat memutuskan untuk berhenti program hamil sementara. Hingga akhirnya, Ci Oliv dan Denny Sumargo menemukan rekomendasi soal program hamil di Penang, Malaysia.

Dokter Arie pun menyarankan Ci Oliv dan Densu untuk menggunakan program bayi tabung (IVF) dengan melakukan Tindakan Pre-implantation Genetic Testing for Aneuploidy (PGTA).

"Dari orangtua rekomendasi program di Penang, bisa menjalani IVF dengan dilakukan tindakan PGT-A. Dua Embrio normal, tes lagi hasil negatif jadi gagal lagi," tuturnya.

Kini, Ci Oliv kembali hamil dan diketahui tengah mengandung anak perempuan. "Saya ucapkan selamat kepada densu dan Oliv berhasil memasuki kehamilan enam bulan," tutup dr. Arie.

Editor: Risna Halidi

Tag:  #dokter #ungkap #perjalanan #kehamilan #olivia #allan #janin #bocor #jantung #hingga #sempat #promil #malaysia

KOMENTAR