5 Tanda Psikologi Bahwa Anda Tidak Salah Pilih Pasangan, Adakah Tanda Ini di Dalam Hubunganmu?
Ilustrasi tidak salah dalam memilih pasangan yang dapat menjadikan hubungan yang bahagia./Sumber foto: freepik
14:48
23 Maret 2024

5 Tanda Psikologi Bahwa Anda Tidak Salah Pilih Pasangan, Adakah Tanda Ini di Dalam Hubunganmu?

 - Ada saat-saat dalam sebuah hubungan di mana keraguan mungkin muncul, sehingga membuat Anda bertanya-tanya, apakah Anda telah memilih pasangan yang tepat?

Namun, seringkali bukan hanya tentang pertimbangan praktis atau emosional yang membuat Anda meragukan hubungan Anda.

Tetapi dalam konteks ini, psikologi juga memiliki peran penting dalam membantu Anda memahami apakah Anda benar-benar telah memilih pasangan yang tepat bagi Anda.

Dilansir sari Psychology Today pada Sabtu (23/3), terdapat 5 tanda psikologi yang menunjukkan bahwa Anda tidak salah dalam memilih pasangan.

1. Pasangan dapat menangani konflik dengan baik

Penting untuk menangani konflik dalam hubungan dengan rasa hormat dan secara konstruktif.

Konflik itu sendiri bukanlah tanda bahwa hubungan Anda dalam masalah, tetapi bagaimana Anda mengatasi konflik adalah penanda penting apakah hubungan Anda akan bertahan dalam jangka panjang.



Pasangan yang memiliki hubungan yang sehat dan langgeng mampu menghadapi masalah tanpa harus menggunakan perilaku yang merugikan, seperti menyerang dengan kata-kata, merendahkan, atau menghina.

Mereka mampu meminta maaf saat diperlukan dan mencari cara untuk menyelesaikan masalah dengan baik, sehingga hubungan mereka tetap terjaga.

Jika Anda merasa aman, didengarkan, dihormati, dan dicintai dalam hubungan Anda, baik saat berdebat maupun setelahnya, maka itu adalah tanda bahwa Anda telah menemukan pasangan yang baik dan cocok untuk Anda.

2. Pasangan mampu saling menerima baik dan buruknya pasangan mereka

Dalam hubungan yang tepat, Anda dan pasangan menerima satu sama lain tanpa harus mengubah diri masing-masing.

Anda tidak perlu berusaha menjadi seseorang yang berbeda agar dicintai oleh pasangan, dan Anda juga tidak mengharapkan pasangan Anda untuk berubah.

Ini bukan berarti bahwa Anda atau pasangan tidak akan berubah sama sekali, atau bahwa tidak akan ada kebiasaan atau perilaku dari satu pihak yang tidak disukai oleh yang lain.



Namun, dalam hubungan yang tepat, Anda merasa didorong untuk belajar dan tumbuh bersama, sehingga Anda bisa menjadi versi yang lebih otentik dari diri Anda sendiri seiring berjalannya waktu.

3. Anda memiliki nilai-nilai yang sama atau saling melengkapi

Dalam sebuah hubungan yang sehat, penting untuk memiliki nilai-nilai yang sejalan atau saling melengkapi dengan pasangan.

Meskipun tidak perlu memiliki pandangan dunia atau keyakinan yang persis sama, nilai-nilai dasar seperti pandangan tentang keluarga, tempat tinggal, keuangan, privasi, dan kesehatan fisik haruslah kompatibel agar hubungan dapat berlangsung dalam jangka panjang.

Selain itu, setiap individu dalam hubungan tersebut terus berproses dan akan mengalami perubahan, sehingga nilai-nilai pribadi dapat berkembang seiring berjalannya waktu.

Oleh karena itu, penting untuk terus berkomunikasi dengan pasangan tentang nilai-nilai ini untuk memastikan keselarasan dan kesejahteraan bersama dalam hubungan.



4. Berharap menghabiskan waktu bersama

Jika Anda merasa pasangan Anda cocok untuk Anda, Anda akan berharap untuk berbagi waktu dan pengalaman bersama mereka.

Dalam hubungan jangka panjang yang serius, seperti pernikahan, Anda akan menghabiskan banyak waktu bersama pasangan Anda.

Anda akan merasa senang untuk berbagi hal-hal sehari-hari dengan pasangan Anda, menghabiskan waktu berkualitas bersama, berbagi kedekatan emosional dan fisik, dan berbicara dengan mereka tentang pertama kali ketika hal penting terjadi.

Meskipun begitu, dalam hubungan yang sehat, Anda juga akan dapat menjaga kemandirian Anda dan mengejar minat pribadi Anda.

Hubungan yang baik adalah hasil dari kerjasama antara dua individu yang memungkinkan keduanya tetap memiliki identitas dan kebebasan pribadi mereka, tanpa terlalu terikat satu sama lain sehingga kehilangan diri sendiri.



5. Dapat membayangkan hidup bersama

Ketika Anda bisa membayangkan hidup bersama pasangan Anda, Anda merasa yakin bahwa Anda telah menemukan orang yang tepat untuk Anda.

Pasangan yang cocok untuk Anda adalah mereka yang tidak hanya menarik secara fisik, tetapi juga mereka yang menjadi partner sejati bagi Anda.

Mereka akan mendukung Anda dalam setiap aspek kehidupan, membantu Anda melewati tantangan, dan bersama-sama menjalani perjalanan kehidupan.

Jika Anda dapat membayangkan masa tua bersama pasangan Anda dengan mudah, itu menunjukkan bahwa Anda telah menemukan seseorang yang cocok untuk bersama-sama membangun masa depan yang baik.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tanda #psikologi #bahwa #anda #tidak #salah #pilih #pasangan #adakah #tanda #dalam #hubunganmu

KOMENTAR