Umur Hanyalah Angka, 6 Aspek Ini Menandakan Kedewasaan Seseorang Menurut Psikologi
Inilah 6 ciri kedewasaan secara emosional (media.licdn.com)
11:00
21 Maret 2024

Umur Hanyalah Angka, 6 Aspek Ini Menandakan Kedewasaan Seseorang Menurut Psikologi

 

Kebanyakan dari kita, terutama orang tua mengukur tingkat kedewasaan berdasarkan usia anak-anak mereka.

Padahal, arti sebuah kedewasaan sesungguhnya tak sepenuhnya dapat diukur melalui fisik dan usia. 

Meskipun mereka tumbuh dan berkembang secara fisik menjadi lebih cakap dalam kehidupan praktis mereka, jarang sekali mereka mencapai kedewasaan emosional.

Aspek kedewasaan secara emosional inilah yang terkadang tidak diperhatikan oleh sebagian besar orang.

Lalu, bagaimana ciri-ciri orang yang dewasa secara emosional menurut psikologi?

Dilansir dari phycologytoday.com, Kamis (21/3), ada enam aspek utama dari pendekatan orang dewasa untuk menandai kedewasaan emosional, diantaranya sebagai berikut.

  1. Mereka cenderung berpikiran rasional

Mereka membuat keputusan rasional atas dasar kepentingan pribadi dan masalah moral. 

Seperti yang diamati oleh Murray Bowen, orang dewasa mampu membedakan antara proses perasaan dan proses intelektual dan memiliki kemampuan untuk memilih antara menjalankan fungsi mereka yang dipandu oleh perasaan atau pikiran mereka.

Mereka memiliki identitas yang kuat dan berusaha untuk hidup dengan integritas, sesuai dengan prinsip dan nilai mereka sendiri.

  1. Merumuskan tujuan dan menetapkan langkah-langkah untuk mencapainya

Orang dewasa merumuskan tujuan dan mengambil tindakan yang tepat untuk mencapainya. Dalam hal ini, akan menetapkan prioritas dalam hidup. 

Karena orang dewasa cenderung mengejar tujuan dan prioritas mereka dengan jujur, tindakan mereka lebih cenderung sesuai dengan kata-kata mereka.

  1. Mereka menjunjung kesetaraan dalam hubungan

Orang dewasa mencari kesetaraan dalam hubungan mereka dalam hubungannya dengan orang yang mereka cintai. 

Dalam Terapi Suara, seorang Psikolog mengungkapkan, orang dewasa telah mengembangkan kapasitas mereka untuk tidak hanya menerima tetapi juga memberi cinta.

  1. Rata-rata dari mereka pribadi yang Aktif

Orang dewasa adalah orang yang proaktif dan tegas, mereka kebanyakan tidak pasif dan bergantung pada orang lain. 

Mereka tidak merasa menjadi korban dari kehidupan atau mengeluh atau melimpahkan masalah mereka kepada orang lain.

Sebaliknya, mereka menghadapi masalah atau tantangan secara langsung dan mencari solusi sendiri daripada harus bergantung pada orang lain untuk mendapatkan arahan. 

Mereka mencari bantuan hanya untuk apa yang benar-benar mereka butuhkan, seperti di bidang-bidang di mana mereka tidak memiliki keahlian.

  1. Terbuka dan tidak defensif

Orang yang matang secara emosional tidak memiliki reaksi defensif atau marah terhadap umpan balik. Mereka juga cenderung tidak akan langsung tidak setuju dengan komentar negatif. 

Sebaliknya, mereka terbuka untuk mengeksplorasi ide-ide baru, menerima kritik yang membangun. Dengan demikian, mereka dapat memperluas pengetahuan diri dan kesadaran diri mereka.

  1. Memiliki kendali atas diri sendiri

Kebanyakan orang merasa tidak memiliki kendali atas pikiran dan perasaan mereka. Hal ini muncul secara tak terduga dalam kehidupan sehari-hari. 

Namun, orang dewasa memiliki kekuasaan penuh atas setiap hal yang mereka sadari. Mereka terkadang mengubah perilaku atau karakteristik yang tidak mereka sukai dalam diri mereka sendiri. 

Dalam hal ini, orang dewasa mendekati kehidupan mereka dari sudut pandang bertanggung jawab atas nasib mereka sendiri dan mereka akan menentukan mana yang terbaik untuk diri mereka sendiri.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #umur #hanyalah #angka #aspek #menandakan #kedewasaan #seseorang #menurut #psikologi

KOMENTAR