Kesadaran Hidup Sehat dan Berkelanjutan Meningkat, Kini Masyarakat Banyak Pilih Armada Mikromobilitas
Armada mikromobilitas. (Dok. Istsimewa)
08:28
21 Maret 2024

Kesadaran Hidup Sehat dan Berkelanjutan Meningkat, Kini Masyarakat Banyak Pilih Armada Mikromobilitas

Kesadaran akan hidup sehat dan lebih sustainable terus meningkat, salah satunya dapat dilihat dari peningkatan penggunaan armada mikromobilitas. Berdasarkan data operasional dari BEAM Mobility, perusahaan mobilitas mikro berbagi terbesar di Asia Pasifik, menunjukan keberhasilan Perusahaan untuk mempertahankan tingkat kepuasan pelanggan hingga 99%.

Dengan rata-rata keluhan sebesar 0.55% setiap bulannya, menunjukan tingkat kepuasan yang sangat tinggi dari pelanggan mereka khususnya di Kawasan Bintaro Jaya.

Country Lead Beam Mobility Indonesia, Ricky Sjofyan mengatakan, dari total keluhan yang diterima oleh divisi layanan pelanggan,  beberapa membahas unit yang tidak bisa digunakan (20.5%), ketidak pahaman konsumen untuk melakukan end trip (18%) serta Informasi tambahan yang dibutuhkan (16%). 

“Ini adalah sebuah hasil upaya kolektif atas komitmen kami untuk terus mengoptimalkan kualitas layanan kami  dalam hal layanan pelanggan, dan response-time bagi rangers dan Marshals menjadi di bawah 30 menit, disamping peningkatan kinerja perangkat lunak kami yang selalu lakukan setiap saat," ujar Ricky dalam keteranganya. 

“Kami terus berupaya untuk menyediakan layanan mikromobilitas yang terjangkau dan ramah lingkungan bagi masyarakat Indonesia.”

Ricky menambahkan bahwa mereka terus memantau pola perjalanan armada mereka di kawasan Bintaro, terutama fokusnya pada area perkantoran dan stasiun kereta. Menurut data operasional, perjalanan dari stasiun Pondok Ranji Baru dan stasiun Jurang Mangu menjadi salah satu kontributor signifikan bagi jumlah perjalanan di Bintaro dari 3 titik parkir, diikuti oleh perjalanan ke beberapa area apartemen di Bintaro dari 10 titik parkir.

“Kami sangat mengapresiasi dan mendukung upaya Beam Mobility memperkenalkan layanan armada mikromobilitas ramah lingkungan di Bintaro. Setelah hadirnya layanan ini, kami melihat perubahan signifikan dari masyarakat di Bintaro yang mulai menerapkan sustainable lifestyle, salah satunya adalah penggunaan armada itu khususnya warga yang biasanya melakukan perjalanan singkat dengan kendaraan bermotor sekarang telah berganti menggunakan armada ramah lingkungan," ujar Manager Pengelola kawasan Bintaro PT. Bintaro Jaya, Isdianto Prasetyotomo 

Salah satu pengguna armada di Bintaro, Ika Pramono, mengungkapkan bahwa armada ramah lingkungan ini  tidak hanya memenuhi kebutuhan mobilisasinya sebagai pengguna Commuter Line yang membutuhkan transportasi cepat menuju stasiun terdekat. Armada ini juga menjadi pilihannya saat menjelajah area Bintaro, karena berbagai destinasi di sekitar Bintaro menjadi mudah dijangkau tanpa khawatir akan biaya perjalanan yang tinggi. Menurutnya, penggunaan armada ramah lingkungan ini memberikan kenyamanan dan kebebasan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.
  

Selain itu, selama tahun 2023, penggunaan armada sepeda listrik itu juga berhasil menghindarkan 238-ton CO2 jika dibandingkan dengan emisi CO2 yang dihasilkan unit sepeda motor, data ini diperoleh melalui perhitungan default dari layanan secara real time di 7 area, sehingga didapatkan jumlah trip, unit yang digunakan serta waktu penggunaan.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #kesadaran #hidup #sehat #berkelanjutan #meningkat #kini #masyarakat #banyak #pilih #armada #mikromobilitas

KOMENTAR