Deretan Blunder Menpora Dito: Terseret Suap Rp27 M sampai Ngotot Foto di Antara Juara All England
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo saat ditemui di Gedung Kemenpora, Jakarta, Selasa (19/12/2023). [Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha]
09:49
20 Maret 2024

Deretan Blunder Menpora Dito: Terseret Suap Rp27 M sampai Ngotot Foto di Antara Juara All England

Adab Menpora Dito Ariotedjo saat berfoto dengan para juara All England sedang ramai menjadi buah bibir. Dito bahkan sampai dicap tidak tahu malu oleh sejumlah warganet karena tak mau bergeser dan tetap berpose di tengah-tengah Anthony Ginting dkk.

Hal ini membuat sosok Dito jadi ramai disoroti publik, apalagi karena sang menteri muda sudah beberapa kali terlibat blunder meskipun belum ada setahun menjabat di kabinet Jokowi.

Kontroversi Menpora Dito

1. Ngotot Foto di Antara Juara All England

Menteri Dito Panen Hujatan Gegara Ogah Geser Saat Foto dengan Jonatan Christie [Tangkap layar Twitter]Menteri Dito Panen Hujatan Gegara Ogah Geser Saat Foto dengan Jonatan Christie [Tangkap layar Twitter]

Blunder terbaru Dito Ariotedjo tentu saja adalah ketika bersikeras untuk berfoto di tengah-tengah para atlet bulu tangkis pemenang All England. Padahal dalam video yang beredar, terungkap bila wartawan dan pembawa acara sudah mengarahkan agar pejabat bertukar posisi dengan Jonatan Christie dkk.

“Pak tukar, Pak, atletnya di tengah, Pak,” pinta para wartawan, dikutip dari akun TikTok @g8dotcom.

“Kali ini kita putar, atletnya di tengah. Baik, silakan foto lagi teman-teman,” imbuh pembawa acara.

Dito sendiri sudah mengklarifikasi keributan yang terjadi lewat kolom jawaban Instagram, “Oh kemarin itu memang diarahkan atlet di tengah bersama saya. Makanya saya mengikuti arahan pemandu foto karena sebelumnya ada jarak antara atlet dan saya.

Namun sosoknya tak henti menjadi buah bibir warganet. Bahkan beberapa warganet menyindirnya sebagai atlet pemenang All England sebenarnya karena bersikeras berada di tengah.

2. Dituding Terima Suap Rp27 Miliar

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menjadi saksi dalam sidang lanjutan kasus dugaan korupsi BTS 4G di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (11/10/2023). [ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan].Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menjadi saksi dalam sidang lanjutan kasus dugaan korupsi BTS 4G di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (11/10/2023). [ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan].

Baru beberapa bulan menjabat sebagai Menpora, nama Dito sudah terseret dalam kasus korupsi BTS 4G oleh eks Menkominfo Johnny G Plate. Bahkan namanya beberapa kali disebutkan dalam persidangan yang bergulir kala itu, salah satunya saat menyidang tiga terdakwa termasuk Johnny.

Lewat persidangan tertanggal 25 Oktober 2023, jaksa menyebut terdakwa Irwan Hermawan pernah menyerahkan uang sebesar Rp27 miliar kepada Dito.

“Pada kurun November-Desember 2022, bertempat di rumah Dito Ariotedjo, Irwan Hermawan menyerahkan uang kepada Dito Ariotedjo sebesar Rp27 miliar untuk tujuan pemberhentian proses penegakan hukum terhadap proyek pembangunan BTS 4G Tahun 2021-2022,” ungkap jaksa di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Namun Dito yang dihadirkan sebagai saksi dalam persidangan membantah penerimaan uang tersebut.

3. Biarkan Nagita Slavina Duduk di Kursi Kerjanya

Potret Nagita Slavina duduk di kursi kerja Menpora Dito Ariotedjo (Instagram/raffinagita1717)Potret Nagita Slavina duduk di kursi kerja Menpora Dito Ariotedjo (Instagram/raffinagita1717)

Sebelum masuk ke jajaran pemerintahan, Dito memang dikenal punya hubungan baik dengan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Tak heran bila Raffi dan Nagita pun disambut baik ketika berkunjung ke Kantor Kemenpora pada bulan Januari 2024 kemarin.

Semangat selalu untuk semua pemuda-pemudi Indonesia. Dari yang kaum mendang-mending, jadi kaum siap tanding!” tulis orang tua Rafathar Malik Ahmad itu di akun Instagram-nya, @raffinagita1717, seperti dikutip pada Rabu (20/3/2024).

Namun momen kunjungan Raffi dan Nagita ke Kantor Kemenpora dibanjiri komentar miring. Pasalnya dalam foto yang beredar, tampak Nagita duduk di kursi kerja Menpora sementara sang empunya jabatan malah berdiri di belakangnya. Sementara itu Raffi tampak berdiri akrab di sebelah Dito.

Itu tempat milik negara, kok dipakai untuk kepentingan pribadi,” sindir warganet. “Ternyata tempat kerja menteri bisa buat main-main,” tulis warganet lain. “Mau tanya, kalau ada rakyat yang ngidam pengin foto di situ sambil duduk di kursi menteri, boleh nggak? Serius tanya,” timpal yang lainnya.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #deretan #blunder #menpora #dito #terseret #suap #rp27 #sampai #ngotot #foto #antara #juara #england

KOMENTAR