Kiky Saputri Keguguran Anak Pertama Usai Idap Kista, Mungkinkah Bisa Punya Anak Lagi?
Kiky Saputri ungkap kondisi kehamilannya (YouTube/Kiky Saputri Official)
12:08
18 Maret 2024

Kiky Saputri Keguguran Anak Pertama Usai Idap Kista, Mungkinkah Bisa Punya Anak Lagi?

Komika Kiky Saputri baru-baru ini menyampaikan berita yang menyedihkan melalui saluran YouTube pribadinya. Kiky Saputri mengumumkan bahwa dia telah mengalami keguguran, didampingi oleh suaminya, Muhammad Khairi, Kiky mengungkapkan bahwa keguguran terjadi saat usia kehamilannya mencapai 10 minggu.

"Aku tahu aku hamil itu pas sehari sebelum kita ke London. Aku ngerasa badan aku enggak enak pegel-pegel, normalnya orang hamil. Cuma alhamdulillah banget dedek ini enggak bikin aku mual yang sampe muntah, jadi mual tapi bisa dicegah pake makan rujak," cerita Kiky Saputri.

Setelah mengalami keguguran, Kiky Saputri juga menghadapi kesulitan tambahan setelah menjalani prosedur kuretase untuk mengeluarkan hasil kehamilannya.

Meskipun baru saja menjalani kuretase, Kiky Saputri tetap melanjutkan aktivitasnya seperti biasa dan tidak banyak beristirahat. Pertanyaannya kemudian, bisakah seorang yang sudah perempuan untuk bisa punya anak lagi? 

Seperti dikutip dari Mayo Clinic, lebih dari 50 persen keguguran dini disebabkan oleh masalah pada kromosom. Kromosom hadir di setiap sel tubuh dan mengatur pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Ketidaknormalan jumlah kromosom saat embrio berkembang dapat menyebabkan keguguran.

Risiko masalah kromosom meningkat seiring bertambahnya usia ibu hamil. Beberapa kondisi kesehatan seperti diabetes yang tidak terkontrol dan gangguan rahim dapat menjadi penyebab keguguran. Namun, seringkali penyebab keguguran tidak dapat diidentifikasi.

Sebanyak 10 persen hingga 15 persen kehamilan berakhir dengan keguguran, meskipun angka sebenarnya mungkin lebih tinggi karena banyak keguguran terjadi sebelum diketahui adanya kehamilan.

Keguguran dapat menyebabkan rasa kehilangan yang mendalam, serta perasaan sedih, cemas, atau bersalah bagi Anda dan pasangan. Berikan waktu untuk berduka, dan jika perlu, konsultasikan dengan ahli kesehatan mengenai pengobatan depresi.

Umumnya, disarankan untuk tidak berhubungan seks selama dua minggu setelah keguguran untuk mencegah infeksi. Namun, Anda bisa hamil kembali segera setelah dua minggu tersebut.

Jika Anda merasa siap untuk hamil lagi, konsultasikan dengan ahli kesehatan Anda. Setelah satu keguguran, mungkin tidak perlu menunggu untuk mencoba hamil lagi. Namun, setelah dua kali atau lebih mengalami keguguran, ahli kesehatan Anda mungkin merekomendasikan pemeriksaan sebelum mencoba hamil kembali.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #kiky #saputri #keguguran #anak #pertama #usai #idap #kista #mungkinkah #bisa #punya #anak #lagi

KOMENTAR