Membongkar 5 Sisi Buruk INFJ Ketika Mereka Merasa Cemburu, Salah Satunya Cenderung Manipulatif
Hal-hal yang akan dilakukan INFJ ketika mereka merasa cemburu. (Forsythwoman.com )
11:26
16 Maret 2024

Membongkar 5 Sisi Buruk INFJ Ketika Mereka Merasa Cemburu, Salah Satunya Cenderung Manipulatif

INFJ sebenarnya bisa sedikit lebih mudah cemburu daripada beberapa tipe kepribadian MBTI lainnya. Hal ini mungkin saja terjadi karena INFJ adalah pribadi yang cenderung menyimpan banyak emosi dalam pikiran mereka.

Mereka tidak merasa nyaman untuk berbagi dengan kebanyakan orang, dan butuh banyak waktu dan kesabaran agar tembok mereka benar-benar runtuh.

Hal ini dapat menyulitkan INFJ untuk menerima atau memproses emosi tertentu, sehingga terkadang, mereka dapat lebih sering terjebak dalam kecemburuan mereka.

Ketika INFJ sangat peduli pada seseorang, mereka akan menjaga hubungan tersebut dengan sangat hati-hati. Mereka hanya memiliki sedikit hubungan dan tidak ingin kehilangan orang-orang tersebut. Fakta ini membuat INFJ berusaha keras untuk menjaga orang-orang ini agar tetap bersamanya, INFJ dapat menjadi pecemburu secara tidak sadar.

Ketika mereka merasa cemburu, dilansir dari personalitygrowth.com, Sabtu (16/3), mereka mungkin akan melakukan beberapa hal ini:

1. Menyerang orang lain

INFJ yang tidak meluangkan waktu untuk mengatasi dan merespon emosi mereka dengan baik mungkin akan menyerang orang-orang di sekitar mereka.

2. Posesif

INFJ akan menjelma menjadi sosok yang amat posesif ketika mereka cemburu pada seseorang, bahkan tanpa disadari mereka akan marah orang tersebut.

INFJ terkadang mengalami emosi ini tanpa sepenuhnya mereka memahaminya. Oleh karena itu, penting bagi mereka untuk meluangkan waktu untuk benar-benar memahami diri mereka sendiri dan kebutuhan serta emosi mereka.

3. Menjauh

Ketika INFJ cemburu karena seseorang tidak memberi mereka penghargaan atau waktunya, mereka juga akan mulai menjauhi orang-orang itu dan mengatakan hal-hal yang tidak ingin mereka katakan.

4. Marah pada diri sendiri

INFJ tidak menyukai hal ini tentang diri mereka sendiri, akibatnya, mereka menjadi marah dengan tindakan mereka dan menyalahkan diri sendiri karena merasa telah melakukan sesuatu yang buruk.

INFJ seringkali lebih keras terhadap diri mereka sendiri daripada orang lain. Hal itulah yang membuat mereka terlalu banyak merasa bersalah.

5. Manipulatif

INFJ memiliki sisi manipulatif dalam diri mereka, yang menyebabkan mereka memaksa orang lain untuk merasakan hal tertentu saat mereka marah dan cemburu.

Mereka dapat mengatakan atau melakukan hal-hal yang menciptakan reaksi sesuai dengan yang mereka inginkan, tapi terkadang hal ini bisa sangat menyakitkan.

INFJ tidak menginginkan hal ini terjadi. Namun faktanya ini sering terjadi pada INFJ yang tidak menghabiskan cukup waktu untuk memahami diri mereka sendiri.

INFJ yang kurang memiliki kesadaran diri ini cenderung menanggapi kecemburuan mereka dengan menjadi lebih manipulatif untuk membuat orang lain merasa bersalah atas tindakan mereka.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #membongkar #sisi #buruk #infj #ketika #mereka #merasa #cemburu #salah #satunya #cenderung #manipulatif

KOMENTAR