Mualaf Usia 21 Tahun, Dian Sastro Menghafal Al Fatihah Pakai Buku SD Pakai Cara yang Sama dengan Baca Naskah Film
Pesona Dian Sastro Pakai Kebaya (instagram/@therealdisastr)
14:48
15 Maret 2024

Mualaf Usia 21 Tahun, Dian Sastro Menghafal Al Fatihah Pakai Buku SD Pakai Cara yang Sama dengan Baca Naskah Film

Dian Sastro termasuk salah satu artis yang menjadi mualaf atau baru memeluk agama Islam saat sudah berusia dewasa. Dibesarkan di lingkungan keluarga dengan ajaran agama yang beragam, Dian pada akhirnya memutuskan beragama Islam pada usia 21 tahun. 

Sejak kecil, Dian Sastro sebenarnya didik dengan cara agama Katolik, keyakinan sang ibu. Saat remaja, Dian mulai sering membaca buku filsafat dan mempertanyakan agama yang dia anut serta tujuan dari kehidupan. Berbekal dukungan dari ibunya, Dian mencoba mencari jawaban atas rasa penasarannya itu lewat ajaran Budha, agama yang dianut mendiang ayahnya.

"Gue nyari di Budha, gue nyari di Hindu, ternyata belum kejawab juga. Jadi emang kaya jodoh-jodohan gitu. Semua gue pelajarin, Koghuchu, semua," cerita Dian pada podcast bersama Deni Sumargo, dikutip Jumat (15/3/2024).

Hingga akhirnya, Dian diajak tantenya yang beragama Islam untuk ikut hadir ke acara pengajian. Saat mendengarkan ceramah dari Ustaz, Dian merasa beberapa pertanyaan filsafatnya bisa terjawab. Dengan dibimbing seolah ulama bernama Ustaz Ramat ketika itu, Dian pun meyakinkan diri untuk mau belajar tentang Islam dan memeluk agama tersebut.

Langkah pertama yang dilakukan Dian setelah yakin untuk mualaf dengan menghafalkan surat Al Fatihah. Meski sebagai aktor terbiasa menghafal naskah, Dian mengaku tak mudah mengingat surat surat Al Fatihah yang menggunakan bahasa Arab.

"Ngafalin pakai buku SD, tuh. Dan kalau gue ngafalin itu kan bahasa Arab, susah. Di umur 21 tahun, gua ngafalin bahasa Arab," ucap pemain film Ada Apa Dengan Cinta itu.

Untuk memudahkan dirinya menghafal, Dian pun memakai metode yang selama ini dia gunakan dalam menghafal naskah film. Selain membaca huruf Arab Al Fatihah, Dian juga memaknai arti latin dari surat tersebut.

"Karena gue aktor, gue harus ngafalin artinya. Karena kalau engga, gue gak bisa menjiwainya. Jadi gue harus menghafal artinya, jadi setiap kali melafalkan Arabnya gitu, gue bisa menjiwai artinya. Karena gue akan sulit sekali menjiwai ibadah gue," tutur Dian.

Hal itu lah yang juga dilakukan Dian ketika menghafal naskah filmnya agar bisa akting dengan baik dalam memerankan setiap karakter. 

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #mualaf #usia #tahun #dian #sastro #menghafal #fatihah #pakai #buku #pakai #cara #yang #sama #dengan #baca #naskah #film

KOMENTAR