Sumber dari Vitamin C dan A, Ini 5 Manfaat Buah Acai Berry untuk Kesehatan Tubuh, Mulai dari Jantung hingga Otak
Ilustrasi Acai Berry. (Pexels/Dina Nasyrova)
08:36
10 Maret 2024

Sumber dari Vitamin C dan A, Ini 5 Manfaat Buah Acai Berry untuk Kesehatan Tubuh, Mulai dari Jantung hingga Otak

 

 


Bagi beberapa orang, buah acai berry mungkin masih terdengar cukup asing.

Tak seperti blueberry atau raspberry, acai berry memang tidak sepopuler buah berry lainnya.

Meski demikian, acai berry ternyata memiliki manfaat yang tak kalah dengan keluarga berry lainnya, lho! 

Untuk diketahui, acai berry yakni palem acai yang berasal dari hutan hujan Amazon di Amerika Selatan.

Buah satu ini, memiliki warna ungu kebiruan dan memiliki ukuran dan bentuk yang mirip dengan blueberry besar.

Tak kalah dengan  blueberry atau raspberry, acai berry mendapatkan popularitas sebagai 'makanan super' karena potensi manfaat yang dihasilkan.

Dilansir dari HealthShots, Minggu (10/3), acai berry semakin populer dikalangan masyarakat global lantaran memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan kulit hingga otak.

Disampaikan seorang ahli gizi Nirupama Rao, setidaknya ada 5 manfaat dari acai berry yang menjadikannya tambahan sempurna camilan sehat Anda.



“Acai berry kaya akan nutrisi penting, termasuk antioksidan, serat, lemak sehat, vitamin C dan vitamin A, serta mineral seperti potasium dan kalsium. Mereka juga kaya akan lemak sehat dan memiliki kandungan gula rendah, serta banyak mineral dan senyawa seperti antosianin,” kata sang ahli.

Lebih lengkapnya, berikut 5 manfaat acai berry untuk kesehatan kulit dan otak.

1. Mengandung antioksidan

Acai berry dikenal dengan kandungan antioksidannya yang tinggi, untuk membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas.

Jika pengaruh radikal bebas tidak dinetralisir oleh antioksidan, maka radikal bebas tersebut dapat merusak sel dan melahirkan penyakit pada tubuh kita.

“Antioksidan dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung,” kata sang ahli.

2. Baik untuk kulit Anda

Antioksidan dalam acai berry juga dapat meningkatkan kesehatan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan dengan melawan stres oksidatif.



3. Meningkatkan kesehatan jantung

Acai berry dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan karena lemak sehat dan antioksidannya.

4. Membantu mengatur berat badan

Suplemen acai berry, terkadang dipasarkan untuk menurunkan berat badan, namun bukti ilmiah yang mendukung klaim ini masih terbatas.

“Namun, serat dalam acai berry dapat berkontribusi pada rasa kenyang dalam waktu lama, yang mungkin membantu Anda menurunkan berat badan” kata sang ahli.

5. Meningkatkan kesehatan otak

Penyakit otak seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson sebagian besar terjadi akibat penuaan dan belum ada obatnya.

Namun, ada makanan tertentu yang kaya akan antioksidan dan senyawa anti inflamasi yang dapat mengurangi risiko penyakit tersebut.

Antosianin, yang banyak ditemukan dalam acai berry , membantu mengurangi stres oksidatif dan peradangan, sehingga meningkatkan kesehatan otak.

Senyawa ini juga telah diketahui dapat meningkatkan daya ingat.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #sumber #dari #vitamin #manfaat #buah #acai #berry #untuk #kesehatan #tubuh #mulai #dari #jantung #hingga #otak

KOMENTAR