Ketahui 6 Tanaman Terbaik untuk Ditanam di Dalam Ruangan, Ciptakan Suasana Hunian yang Sejuk dan Nyaman
Ilustrasi menciptakan suasana hunian yang sejuk dan nyaman./ Sumber foto: freepik
09:06
8 Maret 2024

Ketahui 6 Tanaman Terbaik untuk Ditanam di Dalam Ruangan, Ciptakan Suasana Hunian yang Sejuk dan Nyaman

 

 

 - Menciptakan suasana sejuk dan nyaman yang berasal dari tanaman tentu akan memberikan kesan menenangkan di dalam hunian atau rumah Anda.

Meski begitu, hal ini bisa menjadi tantangan tersendiri bagi setiap pemiliknya, seperti sulit dalam perawatannya yang dapat menyebabkan tanaman mati dan tidak bisa berkembang.

Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi tanaman indoor, atau tanaman yang dapat tumbuh dan berkembang di dalam ruangan.

Dengan memiliki tanaman yang mudah tumbuh dan berkembang di dalam ruangan, tentu menjadi pilihan yang tepat untuk memberikan suasana yang nyaman di dalam rumah Anda.

Selain itu, penting untuk mengenali  tanaman apa saja yang baik untuk ditanam di dalam ruangan, serta bagaimana karakteristiknya terhadap sinar matahari dan kelembaban tanah.

Dilansir dari Southern Living pada Kamis (7/3), berikut merupakan 6 pilihan tanaman terbaik yang cocok ditanam di dalam ruangan.



Daftar tanaman-tanaman ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda untuk merancang ruang tamu yang memikat dan menyegarkan.

1. Tanaman Lidah Mertua

Tanaman lidah mertua atau Dracaena trifasciata, sebelumnya dikenal sebagai Sansevieria trifasciata adalah pilihan yang bagus untuk diletakkan di ruang tamu Anda dengan cahaya yang rendah.

Tanaman ini hampir tidak pernah untum disiram. Anda hanya perlu menyiram tanaman ini setiap beberapa minggu saat permukaan tanah bagian atas terasa kering

Tanaman lidah mertua tersedia dalam banyak varietas unik termasuk daun yang datar dan mirip dengan pedang serta yang memiliki penampilan seperti paku yang lebih silindris.

2. Tanaman Golden Photos

Tanaman Golden Pothos atau Epipremnum aureum ini sangat mudah untuk ditanam, terutama karena toleran jika Anda lupa menyiramnya, oasalnya tanaman ini tidak memerlukan tanah yang lembab. 

Anda hanya perlu menyiram tanaman ini saat permukaan tanah bagian atas terasa kering satu atau dua inci saja.

Ini juga toleran terhadap berbagai tingkat cahaya, sehingga dapat beradaptasi dengan ruang bercahaya rendah.

Daunnya yang mengkilap dan bentuk yang menjalar tentu akan sangat indah digantung di pinggiran meja dan rak buku.



3. Rubber Tree

Dengan daun yang bercorak hijau dan cokelat, serta daun yang berkilau dari rubber tree menjadikannya terlihat bagus di setiap ruangan.

Anda hanya perlu menyiram tanaman ini setiap satu hingga dua minggu saja saat tanahnya kering. Anda bisa meletakkan tanaman ini di dalam rumah dengan paparan cahaya langsung yang cenderung sedang hingva terang.

Rubber tree bisa tumbuh dengan panjang seiring waktu, jadi potonglah secara ringan untuk menjaga bentuknya (gunakan sarung tangan kebun agar getah tidak menempel di jari Anda).

4. Aglaonema

Aglaonema atau Aglaonema spp adalah jenis tanaman yang cocok untuk memberikan warna pada ruangan tanpa memerlukan perawatan yang rumit.

Tanaman ini memiliki daun panjang dan rata dengan pola garis-garis perak atau warna merah muda, yang dapat menambah kecerahan pada sudut-sudut gelap di ruang tamu Anda.

Aglaonema juga tahan lama jika Anda lupa menyiramnya, sehingga cocok untuk pemilik yang sibuk atau yang tidak memiliki banyak pengalaman dalam merawat tanaman.

Tanaman ini tahan beberapa minghu tanpa disiram, dan Anda bisa menyiramnya saat tanahnya kering. Anda bisa meletakkannya di dalam ruangan dengan cahaya tidak langsung yang cenderung rendah, sedang, ataupun terang.



5. Monstera Deliciosa

Monstera deliciosa adalah tanaman yang bisa Anda letakkan di dalam rumah. Tanaman ini membutuhkan cahaya terang, tetapi tidak langsung, dan disiram ketika permukaan tanah bagian atas terasa kering setinggi satu atau dua inci.

Monstera deliciosa, yang juga dikenal sebagai tanaman keju Swiss, memiliki daun yang berlobus panjang dengan lubang-lubang panjang yang disebut fenestrasi ketika tanaman dewasa. Tanaman ini tumbuh dengan cepat jika mendapat cahaya yang cukup.

6. Fittonia

Fittonia memiliki daun oval dengan corak putih, merah, pink, atau hijau yang mencolok, membuatnya menjadi tambahan warna yang menarik di meja Anda.

Letakkan pada tempat dimana tanaman ini terkena sinar terang, tapi tidak terpapar secara langsung.Tanaman ini tetap kecil seiring berjalannya waktu, hanya mencapai ketinggian enam inci, sehingga cocok untuk ditemoatkan pada ruang yang kecil.

Karena lebih suka kelembaban yang ringan dan konsisten, fittonia merupakan pilihan yang baik untuk ditempatkan di dalam rumah. Pertahankan tanah dalam kondisi agak lembab, pasalnya, ia akan layu jika terlalu kering.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #ketahui #tanaman #terbaik #untuk #ditanam #dalam #ruangan #ciptakan #suasana #hunian #yang #sejuk #nyaman

KOMENTAR