Bahas Potensi Kaesang Maju Pilgub DKI, Ahok Langsung Singgung Batas Umur: Mungkin Nanti...
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan istrinya Puput Nastiti Devi Liburan ke Sumba (Instagram/@pluralljeko)
12:09
7 Maret 2024

Bahas Potensi Kaesang Maju Pilgub DKI, Ahok Langsung Singgung Batas Umur: Mungkin Nanti...

Dalam podcast-nya bersama Merry Riana, Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok mengaku belum bisa memastikan apakah akan maju lagi di Pilgub DKI Jakarta atau tidak. Namun yang pasti, ditegaskan Ahok, dirinya tidak akan maju dalam kubu yang sama dengan Anies Baswedan.

Bukan hanya membahas Anies, Ahok juga sempat memberikan penilaian terhadap nama-nama lain yang mungkin maju memperebutkan kursi DKI 1. Salah satunya putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, yang sekarang menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

“Saya nggak tahu,” jawab Ahok, langsung setelah Merry mengungkit nama Kaesang dan kemungkinannya maju di Pilgub DKI, dikutip pada Kamis (7/3/2024).

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep memberikan keterangan di kantor DPP PSI, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (16/2/2024). [Suara.com/Fakhri]Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep memberikan keterangan di kantor DPP PSI, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (16/2/2024). [Suara.com/Fakhri]

Tak disangka, setelahnya Ahok juga menyentil perkara batas usia, “Itu saya tadi dikirimin orang ada guyonan, katanya Pilkada itu calonnya mesti ada batas umur juga ya? 28 atau berapa ya, kalau nggak salah.”

“Mau jadi kepala daerah kalau nggak salah itu (minimal) 28 (tahun) atau berapa gitu, saya lupa. Saya nggak tahu Mas Kaesang umur berapa,” imbuh Ahok.

Sejatinya batas usia minimal Calon Gubernur adalah 30 tahun berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016. Sementara untuk Calon Wakil Gubernur adalah minimal 25 tahun.

“Kalau menurut timing-nya, di bulan Desember baru melewati batas usia. Jadi kalau sebelum itu terjadi, masih belum melewati batas usia,” jelas Merry, merujuk pada Kaesang yang baru akan berusia 30 tahun pada 24 Desember 2024 mendatang.

“Oh mungkin nanti ada temennya, atau saudara, bisa mengajukan ke MK. Mungkin ya, saya nggak tahu. Saya nggak ngomong ya, disclaimer ya, ini bahaya lho,” jawab Ahok berseloroh.

Meski begitu, kemungkinan Kaesang maju sebagai cagub memang semakin ramai dibahas. Selain DKI Jakarta, beberapa warganet juga membicarakan kemungkinan Kaesang maju di Pilgub Jawa Tengah.

Namun patut diketahui, Pilkada serentak sedianya digelar pada November 2024 mendatang. Dengan demikian, Kaesang belum genap berusia 30 tahun jika serius mendaftar sebagai peserta Pilkada 2024.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #bahas #potensi #kaesang #maju #pilgub #ahok #langsung #singgung #batas #umur #mungkin #nanti

KOMENTAR