Cuma Pegang Ijazah Paket C, Susi Pudjiastuti Punya Harta Kekayaan sampai Rp78 Miliar
Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019 Susi Pudjiastuti (tengah) didampingi Direktur Penyidikan Jampidsus Kejaksaan Agung Kuntadi (kanan) memberikan keterangan kepada wartawan usai menjalani pemeriksaan di Gedung Bundar Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat (7/10/2022). [ANTARA FOTO/Reno Esnir]
07:26
3 Maret 2024

Cuma Pegang Ijazah Paket C, Susi Pudjiastuti Punya Harta Kekayaan sampai Rp78 Miliar

Terdapat satu cerita menarik tentang riwayat pendidikan Susi Pudjiastuti. Pasalnya eks Menteri Kelautan dan Perikanan itu rupanya setengah dipaksa oleh Anies Baswedan untuk mengikuti ujian Kejar Paket C.

Sebagai informasi, Susi memang pernah menjadi seorang menteri, tetapi pendidikan formal terakhirnya adalah jenjang SMP. Susi diriwayatkan sudah lulus dari SMP Negeri 1 Pangandaran, lalu melanjutkan ke SMA Negeri 1 Yogyakarta, tetapi berhenti saat kelas XI.

Tak disangka, beberapa tahun kemudian Susi akhirnya mendapatkan juga ijazah pendidikan yang setara dengan lulusan SMA, yakni Paket C. Anies yang kala itu menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan rupanya meminta Susi untuk mengikuti ujian Kejar Paket C demi membantu mempromosikan program tersebut.

Pertemuan Anies Baswedan dengan Susi Pudjiastuti di Kawasan Pantai Pangandaran yang diunggah di akun IG Anies Baswedan. [Tangkapan layar akun IG aniesbaswedan]Pertemuan Anies Baswedan dengan Susi Pudjiastuti di Kawasan Pantai Pangandaran yang diunggah di akun IG Anies Baswedan. [Tangkapan layar akun IG aniesbaswedan]

“Saya ngobrol, ‘Bu, kita ini mau promosi Paket C’. (Susi menjawab) ‘Apa? Sekolah? Saya nggak perlu ijazah!’ Saya bilang, ‘Iya Ibu Susi nggak perlu ijazah’. Begitu kita ngomongnya buat (promosi ke) orang banyak, Ibu Susi langsung mau,” ujar Anies, dikutip dari kanal YouTube METROTV, Sabtu (2/3/2024).

“Jadi kalau kemana-mana (ada yang bilang) ‘Enggak ah, nggak mau Paket C’, gampang, nanti jawabnya, ‘Lihat itu Ibu Susi aja Paket C’,” imbuh Anies.

Namun walaupun “hanya” memegang ijazah Paket C, Susi bukanlah seseorang yang bisa dipandang sebelah mata. Selain karena ketegasannya selama menjadi menteri, Susi tentu juga dikenal karena profilnya sebagai pengusaha sukses.

Susi merupakan pemilik sekaligus Presiden Direktur PT ASI Pudjiastuti Marine Product yang berperan dalam mengekspor hasil-hasil perikanan, serta PT ASI Pudjiastuti Aviation alias Susi Air yang pernah mencetak pendapatan hingga Rp300 miliar.

5 Potret Geoffrey Alain dan Susi Pudjiastuti (Instagram/susipudjiastuti115)5 Potret Geoffrey Alain dan Susi Pudjiastuti (Instagram/susipudjiastuti115)

Dengan semua kesuksesan itu, tak heran bila Susi bisa memiliki harta kekayaan sampai sebesar Rp78,2 miliar. Hal ini sebagaimana tercantum di LHKPN Susi per 5 November 2019.

Sebanyak Rp70,6 miliar di antaranya disimpan Susi dalam bentuk tanah dan bangunan. Tak main-main, ibunda Nadine Kaiser itu memiliki 79 bidang tanah yang tersebar di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat dan Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Lalu terdapat pula kendaraan bermotor Susi dengan nilai total Rp516,3 juta. Menariknya, kebanyakan isi garasi Susi adalah sepeda motor dan kendaraan berat seperti truk. Hanya terdapat sebuah mobil yakni Mercedes Benz E300 di garasinya.

Kemudian Susi memiliki harta bergerak lainnya sebesar Rp895 juta, surat berharga senilai Rp1,76 miliar, serta kas dan setara kas dengan nilai Rp4,43 miliar.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #cuma #pegang #ijazah #paket #susi #pudjiastuti #punya #harta #kekayaan #sampai #rp78 #miliar

KOMENTAR