Di Balik Kecerdasan dan Kemandirian, Tipe INTJ Menyimpan Ketakutan Terhadap 6 Hal, Apa Saja?
Hal-hal yang ditakuti oleh INTJ mencerminkan ciri-ciri psikologis yang dominan dari tipe kepribadian Mastermind. (Thecoolist.com)
09:42
1 Maret 2024

Di Balik Kecerdasan dan Kemandirian, Tipe INTJ Menyimpan Ketakutan Terhadap 6 Hal, Apa Saja?

– Hal-hal yang ditakuti oleh INTJ mencerminkan ciri-ciri psikologis yang dominan dari tipe kepribadian Mastermind. Menurut Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), setiap Mastermind itu unik namun memiliki empat sifat inti yang sama yaitu Introvert, Intuitif, Pemikir, dan Penilai (INTJ).

INTJ adalah orang yang analitis dan rasional yang menghargai kemandirian dan inovasi, serta takut akan hal-hal yang mungkin melanggar keyakinan mereka yang paling berharga itu.

Dilansir dari Thecoolist.com, berikut 6 hal yang paling ditakuti oleh INTJ di hidupnya.

1. Pengkhianatan

INTJ benci dan takut akan pengkhianatan. Pasalnya, mereka sangat setia pada beberapa teman dekat, keluarga dan orang-orang tercinta mereka.

Hal ini akan lebih menyakitkan karena fakta bahwa INTJ tak mudah mempercayai orang lain. Alhasil, INTJ memandang pengkhianatan sebagai sesuatu yang sangat mereka takuti.

2. Kematian

INTJ takut akan kematian. Ketika kebanyakan orang takut akan kematian karena rasa sakit dan penderitaan, INTJ sangat tidak menyukai kematian akan membuatnya seketika berhenti untuk dapat mempelajari lebih tentang dunia.

Selain itu, mereka khawatir karena belum menemukan jawaban yang pasti tentang apa yang akan terjadi setelah kematian. Hal itu adalah pemikiran yang mengganggu dan menakutkan banyak INTJ.

3. Melakukan Hal Bodoh

INTJ sering menganggap kecerdasan mereka lebih tinggi daripada orang lain dan mungkin bertindak dengan cara yang merendahkan mereka.

INTJ takut merasa bodoh karena terlalu bangga dengan pengetahuan, kemampuan berpikir rasional mereka dan memegang teguh standar yang tinggi.

4. Alzheimer

Pemikiran tentang Alzheimer membuat INTJ ketakutan karena dua alasan. Pertama, INTJ takut akan Alzheimer karena penyakit ini menyerang aset paling berharga bagi seorang Mastermind, yaitu otak.

Penyakit ini membuat otak berhenti berkembang, dan menyebabkan hilangnya ingatan serta fungsi mental lainnya. Kedua, individu dengan Alzheimer seringkali tidak dapat hidup mandiri. Hal ini tentu bertentangan dengan prinsip hidup INTJ yang menjunjung kemandirian.

Hal yang mungkin membuat mereka kehilangan kemandiriannya ini, membuat INTJ yang mandiri akhirnya menjadi gelisah.

5. Interaksi Sosial

INTJ takut akan interaksi sosial karena introversi bawaan mereka. Hal ini sering membuat mereka terlihat canggung secara sosial.

Selain itu, INTJ umumnya tidak menyukai pergaulan yang luas. Mereka lebih suka menghabiskan sebagian besar waktu mereka sendirian atau ditemani beberapa orang yang mereka cintai.

INTJ tidak suka menjadi pusat perhatian dan kesulitan dengan percakapan basa-basi. Bagi INTJ yang memiliki kecemasan sosial, interaksi sosial sehari-hari menjadi sumber ketakutan utama.

6. Usia Tua

INTJ takut akan usia tua karena hal ini menyiratkan hilangnya kemandirian dan fungsi mental, seperti Alzheimer.

INTJ juga takut dengan tantangan yang datang seiring dengan bertambahnya usia. INTJ ingin terus belajar, menyusun teka-teki kehidupan, dan menemukan konsep-konsep baru.

Bagi INTJ, usia tua menandakan bahwa petualangan seumur hidup akan segera berakhir, dan bagi INTJ hal ini sangat mengganggu.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #balik #kecerdasan #kemandirian #tipe #intj #menyimpan #ketakutan #terhadap #saja

KOMENTAR