Curhat Kiky Saputri Soal Rumah Sakit Indonesia: Gedungnya Bagus, Sistemnya Enggak
Potret Kiky Saputri (Instagram/@rumpi_gosip)
17:09
29 Pebruari 2024

Curhat Kiky Saputri Soal Rumah Sakit Indonesia: Gedungnya Bagus, Sistemnya Enggak

Belum lama ini, momen komika Kiky Saputri menyampaikan kritik pada rumah sakit Indonesia kembali beredar. Menurutnya, gedung-gedung rumah sakit yang bagus begitu berbanding terbalik dengan sistemnya.

"Rumah sakit mana? Indonesia bagus-bagus rumah sakitnya loh. Tapi sistemnya enggak," ujar Kiky Saputri saat hadir di podcast Praz Teguh, dikutip Kamis (29/2).

Tidak mengada-ada, pernyataan itu keluar berdasarkan pengalaman buruk Kiky Saputri sendiri. Kala itu kakak dari ibunya mendapat penanganan kurang baik oleh sebuah rumah sakit, padahal kondisinya sudah cukup parah.

"Saudaraku, kakaknya mamahku, nah itu jadi dia infeksi luka. Itu sampai udah pingsan. Jadi udah saking infeksinya lukanya," cerita dia.

Tapi sesampainya di rumah sakit, terjadi kendala karena kerabat keluarganya salah menyebutkan cara pembayaran. Karena kurang paham, mereka menyebut pasien umum.

"Akhirnya dibawa ke rumah sakit, (ditanya) 'pakai apa bayarnya? Umum apa BPJS?'. Kan nggak ngerti tuh, pada cengak cengok, 'pake apa nih? Umum'," terang Kiky Saputri.

Tak disangka, pihak rumah sakit langsung menolak. Mereka menyebut tak bisa lagi menerima kakak dari ibu Kiky Saputri untuk rawat inap dengan alasan kamar penuh.

Kiky Saputri langsung menyarankan untuk membayar dengan cara lain, agar kakak ibunya segera dilayani. "'Bilangnya jangan umum, (tapi) pribadi, bayar pribadi', gue bilang gitu," sambungnya.

Benar saja, setelah berganti pembayaran pihak rumah sakit langsung menyampaikan ada kamar yang tersedia. Bahkan dokter langsung mengecek kondisinya.

"Terus telepon lagi (ke rumah sakit). 'Mbak, ini pribadi', (dijawab) 'oh, pribadi? Ayo, ayo ada'. Ada kamarnya, dateng dokternya," beber Kiky.

Cuplikan uneg-uneg Kiky itu diunggah ulang akun Instagram @lambegosiip, dan menuai beragam respons netizen.

"Sudah terwakili jeritan rakyat biasahhh," komentar salah satu netizen.

"Bener banget...ayahku 24 jam d UGD gara-gara pake bpjs dibilang kmrnya penuh nunggu kosong," tambah yang lain.

"Bener sih apalagi yang pake BPJS itu lama banget dapet kamarnya," sahut yang lainnya.

"Malah di kotaku disarankan pke BPJS sm dokternya," tambah yang lain.

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #curhat #kiky #saputri #soal #rumah #sakit #indonesia #gedungnya #bagus #sistemnya #enggak

KOMENTAR