Suka Masak di Rumah? Ini 5 Tips dan Trik yang Bisa Kamu Terapkan dalam Memasak Pasta Jenis Apapun!
Tips membuat pasta./ Canva Pro
12:10
25 Oktober 2024

Suka Masak di Rumah? Ini 5 Tips dan Trik yang Bisa Kamu Terapkan dalam Memasak Pasta Jenis Apapun!

Pasta merupakan jenis makanan pokok yang berasal dari Italia. Ada banyak jenis dan juga bentuk pasta yang disesuaikan dengan hidangan yang akan disajikan.

Ada yang berbentuk panjang tipis seperti mi, ada yang berbentuk tabung seperti makaroni, ada juga yang beraneka ragam bentuknya seperti pita. Yang jelas pasta bisa dikreasikan dalam banyak macam hidangan.

Kamu mungkin familiar dengan pasta tipis panjang yang digunakan sebagai bahan hidangan spaghetti. Pasta panjang berbalut saus merah menyala dengan aroma sedap mungkin pernah kamu makan dalam hidup.

Tidak hanya memakan pasta di restoran, kamu mungkin juga pernah mencoba memasak hidangan pasta di rumah. Sebagai orang Indonesia yang terbiasa masak nasi sebagai bahan makanan utama, memasak pasta mungkin sedikit menantang.

Tapi tenang, nyatanya ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk bisa memasak pasta dengan baik.

Dikutip dari Eating Well dan Chatelaine, berikut ini 5 tips dan trik untuk memasak pasta jenis apapun:

1. Gunakan Air yang Cukup

Tips pertama yang bisa kamu terapkan saat memasak pasta jenis apapun adalah dengan menggunakan air yang cukup.

Jangan sampai kamu menggunakan air yang terlalu sedikit sehingga pasta akan menempel satu sama lain dan sulit dilepaskan.

Kamu bisa menuangkan air yang agak banyak ketika berada dalam proses merebus pasta.

Gunakan air matang dalam jumlah besar dalam sebuah panci yang digunakan dalam proses merebus pasta.

2. Masukkan Saat Mendidih

Tips kedua yang bisa kamu terapkan juga adalah dengan memasukkan pasta setelah air mendidih.

Salah satu hal penting dalam memasak pasta adalah membiarkan rebusan air sampai mendidih untuk bisa menghasilkan pasta yang baik.

Jangan sampai kamu memasukkan pasta di saat air belum terlalu mendidih. Nantinya, pasta yang kamu buat bisa jadi lembek dan tidak nyaman ketika dikonsumsi sebagai hidangan.

3. Aduk Saat Proses Merebus

Tips ketiga yang juga bisa kamu aplikasikan dalam memasak pasta adalah dengan mengaduknya sata proses merebus.

Segera setelah pasta kamu masukkan ke air mendidih, kamu bisa mengaduknya dengan sendok atau benda apapun yang kamu gunakan.

Dengan mengaduk pasta saat direbus, kamu bisa mencegah pasta tersebut lengket satu sama lain dan juga menempel di dasar panci. Tidak perlu terlalu sering, kamu bisa mengaduknya hanya beberapa kali saat proses perebusan terjadi.

4. Beri Garam Pada Rebusan

Tips keempat yang juga bisa kamu terapkan dalam memasak pasta adalah dengan memberi garam pada air rebusan. Poin ini sejatinya merupakan hal yang opsional, dimana kamu bisa melakukannya atau tidak.

Memberi garam pada air rebusan bisa membantu menambahkan rasa. Namun karena garam tidak menempel dengan mudah pada pasta, kamu perlu menambahkan garam cukup banyak pada air rebusan tersebut.

5. Matikan di Saat yang Tepat

Tips kelima yang tentu tidak bisa kamu lewatkan dalam memasak pasta yang baik adalah dengan mematikan rebusan dalam waktu yang tepat. Adalah tips tambahan agar kamu menyetel sebuah pengingat yang menandakan untuk mematikan rebusan.

Dalam beberapa kemasan pasta, akan ada panduan berapa menit yang diperlukan untuk memasak pasta jenis tersebut.

Kamu harus mengangkatnya di saat yang tepat demi menghindari pasta terlalu lembek atau terlalu keras saat dimakan.

6. Tiriskan Dengan Tepat

Tips keenam yang juga bisa kamu terapkan dalam memasak pasta adalah dengan meniriskannya dengan tepat. Apabila kamu ingin menggunakannya segera setelah ini misal memasaknya dengan saus, kamu bsa meniriskannya nanti-nanti.

Akan tetapi, apabila kamu ingin menggunakannya nanti-nanti, adalah tindakan yang tepat untuk langsung meniriskannya.

Hal ini dikarenakan air panas yang ada masih membuat pasta dalam proses dimasak, sehingga meniriskannya mencegah pasta semakin matang dan menempel satu sama lain.

7. Tambahkan Pasta ke Saus

Terakhir, tips yang bisa kamu terapkan dalam memasak pasta adalah dengan menambahkan pasta ke saus, bukan sebaliknya. Dalam meniriskannya, kamu juga bsai menyisakan beberapa sendok makan sisa air rebusan untuk proses pencampuran dengan saus yang baik.

Untuk melakukan langkah-langkah ini dengan benar, pastikan untuk memasak pasta sebagai urutan terakhir dalam hidanganmu. Pastikan kamu sudah menyiapkan saus yang dimasak di sebuah panci.

Ketujuh poin diatas merupakan beberapa tips dalam memasak pasta. Sebagai orang yang suka masak, kamu mungkin akan menemukan tips diatas berguna demi bisa mencapai hidangan pasta yang pas, tidak terlalu lembek atau tidak terlalu keras seperti belum matang.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #suka #masak #rumah #tips #trik #yang #bisa #kamu #terapkan #dalam #memasak #pasta #jenis #apapun

KOMENTAR