3 Hal Unik dan Menakjubkan dari si Langka INFJ, yang Terakhir Diluar Nalar
Ilustrasi Ramalan. (Sumber Foto: (Pixabay/Mira Cosic))
18:06
25 Februari 2024

3 Hal Unik dan Menakjubkan dari si Langka INFJ, yang Terakhir Diluar Nalar

 INFJ (Introverted, Intuitive, Feeling, dan Judging) adalah individu langka dalam teori kepribadian Myers-Briggs Type Indicator (MBTI).

Karena mereka minoritas, seorang INFJ terkadang kesulitan untuk mengenali serta memahami kekuatan dan keunikan yang mereka miliki.

Meski begitu, tak sedikit juga INFJ yang pada akhirnya dapat menerima keanehan dan sifat individualitas yang membuat mereka cenderung berbeda dengan kebanyakan orang.

Lalu, apa hal yang membuat INFJ berbeda dari yang lainnya?

Dilansir dari psychologyjunkie.com, ada tiga karakteristik tidak biasa yang membuat orang - orang INFJ menonjol, diantaranya:

1. INFJ Mampu Melihat Sifat Asli Seseorang

Salah satu kualitas Intuisi Introvert seorang INFJ yang jarang dibahas adalah kemampuan mereka untuk dapat melihat keaslian seseorang meskipun orang - orang itu berusaha keras menyembunyikannya.

Hal ini membuat seorang INFJ terkadang akan lebih mudah memahami motif tersembunyi atau maksud dan tujuan sebenarnya dari orang - orang itu.

Intuisi Introvert dari seorang INFJ dengan cepat akan mudah untuk menangkap makna di balik kata-kata. Fokus mereka adalah membaca hal yang tersirat.

INFJ jarang menerima apa pun begitu saja. Mereka secara alami tertarik untuk mencari motif dan niat yang lebih dalam dari orang lain dan selalu berusaha “mengupas setiap lapisan” tipe kepribadian seseorang sebelum mereka memutuskan untuk berteman.

Mereka fokus pada apa yang sebenarnya ada di balik layar. Hal ini mendorong mereka untuk selalu berusaha mencari tahu makna di balik alasan orang - orang mengatakan atau melakukan sesuatu.

Dengan kemampuan ini, mereka sering kali dapat memahami perasaan orang lain, bahkan ketika orang tersebut berusaha menyembunyikan emosinya.

2. INFJ Sering Tampil Ekstrovert Meskipun Mereka Sangat Introvert

INFJ cenderung ingin menjaga keharmonisan dalam lingkungan sosial, dimana pun mereka berada. Mereka juga akan berusaha keras untuk memastikan kebutuhan emosional semua orang terpenuhi.

Akibatnya, mereka cenderung terlihat lebih terbuka dalam pergaulan dibandingkan yang sebenarnya. Mereka cenderung berbicara dengan orang - orang yang tersisih dan berusaha membuat mereka merasa berharga.

Banyak INFJ yang mengolok-olok dirinya sendiri atau menggunakan humor yang mencela diri sendiri untuk meredakan ketegangan dalam sebuah situasi.

Menurut AJ Drenth, dalam kelompok yang lebih besar, INFJ mungkin terlihat ceria secara konsisten. Ini merupakan bagian dari upaya mereka untuk memupuk perasaan baik dan kepercayaan diri.

Banyak INFJ memiliki selera humor yang baik dan bisa menjadi lucu serta menarik. Meskipun tidak sama seperti ENFJ, INFJ bisa menjadi hangat, ramah, setia, memberi, dan rela berkorban.

Pada saat yang sama, sebagai Introvert, mereka membutuhkan waktu untuk diri mereka sendiri untuk mengisi ulang tenaga mereka. Hal ini menunjukkan perjuangan besar dari seorang INFJ.

Prinsip mereka adalah untuk tetap menjaga keseimbangan kebutuhan mereka sendiri dengan kebutuhan dari orang lain.

3. INFJ Disebut - sebut Dapat Meramalkan Masa Depan

INFJ adalah Introvert Intuitif. Dimana, setiap informasi yang mereka peroleh akan mereka sangkutpautkan visi yang akan mereka kejar di masa depan.

Ini semua memang terdengar sangat ajaib dan misterius, tetapi ada ilmu pengetahuan di baliknya. Kemampuan untuk melihat kemungkinan masa depan ini, menjadikan INFJ sangat strategis, kreatif, dan terkadang misterius.

Karena INFJ memiliki wawasan yang kuat dan visi imajinatif untuk masa depan, mereka cenderung menggunakan kreativitas mereka untuk mewujudkan ide dan visi tersebut.

INFJ dirancang untuk melihat pola, simbol, strategi, dan implikasi di masa depan. Karena mereka terus-menerus berada dalam kondisi mental seperti ini, mereka mungkin terlihat seperti “cenayang”.

Padahal, sebenarnya itu hanyalah cara mereka yang telah terbiasa melihat dunia dan memahami informasi di sekitar mereka.

INFJ sangat peka terhadap masa depan. Hal ini membuat mereka selalu waspada terhadap situasi atau peristiwa yang mungkin mengubah apa yang seharusnya terjadi di masa depan.

Semuanya dilihat dalam konteks bagaimana hal itu akan terjadi suatu hari nanti. Hasilnya, INFJ lebih cepat memahami hasil atau transformasi di masa depan dibandingkan kebanyakan tipe lainnya.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #unik #menakjubkan #dari #langka #infj #yang #terakhir #diluar #nalar

KOMENTAR