Belajar Ngaji di Umur 40-an, Bacaan Prabowo di 2 Surat Al Quran Ini Tuai Pujian: Ya Bolehlah...
Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto (tengah) menyapa warga usai berziarah ke makam Habib Ali Kwitang di Masjid Al Riyadh, Kwitang, Jakarta Pusat, Jumat (16/2/2024). [ANTARA FOTO/Galih Pradipta/nym]
17:28
25 Februari 2024

Belajar Ngaji di Umur 40-an, Bacaan Prabowo di 2 Surat Al Quran Ini Tuai Pujian: Ya Bolehlah...

Sebuah video dari guru mengaji Prabowo Subianto, Ustaz Ansufri Idrus Sambo, belakangan ini kembali viral di media sosial.

Sosok yang akrab disapa Ustaz Sambo itu rupanya pernah blak-blakan menceritakan proses Prabowo mempelajari bacaan Al Quran.

Dalam potongan wawancara tahun 2019 yang diunggah kembali di akun TikTok @exordium_store tersebut, Ustaz Sambo menyebut Prabowo begitu rajin belajar mengaji hingga rela mengalokasikan waktu 3 jam untuk satu kali pertemuan.

Momen ini diketahui terjadi sekitar tahun 1999, yakni ketika Prabowo memutuskan untuk hijrah ke Yordania pasca runtuhnya Orde Baru.

Prabowo Subianto (gerindra.id)Prabowo Subianto (gerindra.id)


“Mulai dari Iqra. Waktu itu Iqra 1 selesai, Iqra 2, walaupun belum sampai Quran ya,” ujar Ustaz Sambo terkait pengalamannya mengajari Prabowo, dikutip pada Minggu (25/2/2024).

“Artinya saya melihat dia (masih punya semangat) belajar, walau waktu itu umurnya sudah sekitar hampir 50-an, tapi dia mau belajar. Cuma belajar ngajinya setengah jam, sisanya 2,5 jam itu ngobrol,” sambungnya.

Sayangnya Ustaz Sambo hanya berkesempatan mengajar Prabowo selama 20 kali pertemuan sehingga belum sempat membimbing sampai benar-benar lancar membaca Al Quran.

Namun menurutnya, Prabowo juga terbukti mampu menghafalkan beberapa surat pendek di Al Quran. Bahkan kemampuan itu masih teruji ketika Prabowo sempat ditantang untuk tes membaca Al Quran di Pilpres 2019.


“Kalau hafalan iya juga, ya Al Fatihah, Qulhu (Al Ikhlas), nggak sempat (menghafal) sampai full (satu juz ‘amma), waktu itu cuma beberapa surat dia hafal karena cuma 20 kali pertemuan,” jelas Ustaz Sambo.

“Terakhir saya cek kemarin Qulhu-nya masih bagus (Al Ikhlas), Al Fatihah-nya bolehlah, walaupun tidak fasih, ya bedalah,” imbuhnya.

Kendati demikian, Prabowo memilih untuk tidak menunjukkannya di depan publik karena merasa agama adalah masalah privasi antara dirinya dengan Tuhan. “Cuma kan Prabowo ini orangnya nggak mau show off, nggak mau pamer, apalagi urusan ibadah,” tandas Ustaz Sambo.


Dilihat dari keterangan pengunggahnya, video ini diduga ditujukan untuk Kartika Putri yang beberapa waktu lalu sempat viral karena menantang ketiga paslon Pilpres 2024 untuk mengaji demi menentukan siapa pemimpin terbaik Indonesia ke depan.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #belajar #ngaji #umur #bacaan #prabowo #surat #quran #tuai #pujian #bolehlah

KOMENTAR