Posisi Menentukan Karakter: Kenali Tipe Kepribadian Seseorang Lewat Urutan Kelahiran, Apakah Sesuai dengan Dirimu?
Ilustrasi jenis kepribadian atau pola perilaku dari urutan lahir yang dapat memengaruhi sifat dan karakteristik seseorang. (pexels/Yan Krukau)
16:56
24 Oktober 2024

Posisi Menentukan Karakter: Kenali Tipe Kepribadian Seseorang Lewat Urutan Kelahiran, Apakah Sesuai dengan Dirimu?

 

Teori urutan kelahiran dapat mengeksplorasi bagaimana seseorang yang lahir sebagai anak sulung, bungsu, atau tengah memiliki identitas dan karakter yang berbeda.

Konsep umum teori ini menjelaskan posisi atau urutan kelahiran anak dalam sebuah keluarga dapat memprediksi atau menentukan gaya pribadi mereka.

Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi kepribadian seseorang. Perkembangan pribadi diri dan proses pemeliharaan juga berkembang dari waktu ke waktu. Beberapa di antaranya seperti tempat, genetika, pengalaman hidup, dan cara anak dibesarkan.

Dilansir dari Health Cleve and Clinic, inilah penjelasan jenis kepribadian atau pola perilaku dari urutan lahir yang dapat memengaruhi hidup seseorang.

1. Anak Sulung

Meskipun menjadi anak tertua memiliki beberapa keuntungan seperti perhatian penuh dari orang tua atau menjadi anak pertama yang bersekolah, anak perlu harus menghadapi harapan tinggi yang dibebankan orang tua padanya.

Dengan perannya sebagai anak pertama, mereka memiliki ciri kepribadian sebagai:

- Bertanggung jawab
- Kompetitif
- Percaya diri
- Berperilaku baik
- Suka memerintah
- Keras kepala
- Cerdas
- Ambisius
- Berhasil
- Seorang pemimpin
- Seorang perfeksionis
- Kepribadian tipe A

Seringkali anak pertama digambarkan sebagai anak yang cerdas, pintar, dan dapat menjadi pemimpin yang sangat teliti. Mereka mungkin terlihat perfeksionis yang terkadang bisa sedikit suka memerintah.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak pertama atau anak tertua memiliki beberapa keunggulan kognitif seperti perkembangan verbal (belajar berbicara), angka kuantitatif (belajar berhitung) serta keterampilan membaca dan literasi.

2. Anak Bungsu

Orang tua cenderung akan lebih lepas tangan dan tidak terlalu ketat terhadap anak bungsu mereka. Mungkin inilah yang membuatnya kadang melihat saudara kandung yang lebih tua sebagai pesaing dan mencoba mengalahkan atau mengungguli.

Mereka yang lahir sebagai anak terakhir atau bungsu memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

- Terbuka
- Sosial
- Pemberontak
- Dimanja
- Riang
- Seorang pencari perhatian
- Seorang pemikir bebas

Anak bungsu seringkali digambarkan sebagai orang yang sangat sosial, supel, suka bersenang-senang, dan mungkin terlihat kurang peduli dengan pekerjaan rumah. Namun, mereka mungkin dapat menjadi orang yang suka mencari perhatian.

3. Anak Tengah

Sebagai anak tengah, sifat atau kepribadiannya akan berkorelasi dengan anak yang lebih tua. Misalnya jika anak tertua taat aturan dan perfeksionis, mereka sebagai anak tengah mungkin akan memberontak dan melanggar aturan.

Mereka mungkin menyimpan sedikit rasa kesal karena anak pertama mendapat hak istimewa dan kesempatan yang tidak mereka miliki. Sedangkan pada anak bungsu, mereka tampaknya selalu bisa lolos begitu saja dan cenderung memiliki sedikit tanggung jawab.

Mereka yang menjadi anak tengah biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

-  Mandiri
- Diplomatik
- Menyenangkan
- Realistis
- Seorang negosiator.

Seringkali, anak tengah meliputi menjadi moderator atau penjaga perdamaian. Mereka mungkin dianggap mandiri karena merasa harus mandiri. Mereka juga cenderung mengikuti arus dan mungkin mencari perhatian.

4. Anak Tunggal

Anak tunggal yang tidak harus belajar berbagi mungkin akan kesulitan jika keinginannya tidak terpenuhi. Mereka tidak tahu bagaimana rasanya bersaing untuk mendapatkan perhatian dapat memberikan rasa kepercayaan diri yang tinggi.

Jika kalian adalah anak tunggu, mungkin memiliki beberapa ciri seperti:

- Kreatif
- Percaya diri
- Dewasa
- Berbicara dengan baik
- Berorientasi pada detail
- Perfeksionis
- Egois
- Penghibur diri

Pada akhirnya, mereka akan memiliki atribut seperti halnya anak tertua. Mereka digambarkan sebagai orang yang lebih dewasa, memiliki beberapa kemampuan kepemimpinan, dan mungkin perfeksionis.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #posisi #menentukan #karakter #kenali #tipe #kepribadian #seseorang #lewat #urutan #kelahiran #apakah #sesuai #dengan #dirimu

KOMENTAR