Tips Ampuh Untuk Orang Tua Ajarkan Anak Puasa, Jadi Persiapan Untuk Sambut Ramadan
Ilustrasi melatih anak puasa. [Shutterstock]
09:42
25 Februari 2024

Tips Ampuh Untuk Orang Tua Ajarkan Anak Puasa, Jadi Persiapan Untuk Sambut Ramadan

Bulan suci Ramadan tinggal menghitung hari. Pada bulan ini, umat Muslim nantinya akan berpuasa penuh selama sebulan. Tak hanya dilakukan orang tua, biasanya anak juga akan mulai belajar berpuasa.

Namun, pada saat awal-awal puasa, hal ini menjadi tantangan yang berat bagi anak. Untuk itu, di sini menjadi peran penting orang tua mengajarkan anaknya berpuasa. Dalam mengajarkannya juga harus butuh kesabaran karena beberapa anak kerap alami kesulitan.

Ilustrasi melatih anak puasa Ramadan. (Pixabay/ambroo)Ilustrasi melatih anak puasa Ramadan. (Pixabay/ambroo)

Untuk mengatasinya, diperlukan tips dan trik orang tua agar mengajarkan anaknya puasa. Melansir Have Halal With Travel, berikut beberapa tips untuk orang tua ajarkan anak berpuasa dengan cara yang menyenangkan.

1. Latih rutinitasnya

Salah satu alasan anak sulit berpuasa karena mereka tidak terbiasa. Dalam hal ini, penting untuk orang tua mengajarkannya secara rutin. Cobalah untuk membuat aktivitas anak secara rutin. Nantinya anak akan jauh lebih terbiasa sehingga jauh lebih mudah.

2. Kurangi makanan manis dan asin

Makanan manis dan asin akan membuat candu sehingga anak ingin konsumsi makanan terus menerus. Untuk itu, saat berpuasa, cobalah membuat makanan yang tidak terlalu manis atau asin. Hal ini akan mencegah anak agar tidak ingin mengonsumsi makan terus menerus.

3. Beri penghargaan

Cara lain yang dapat dilakukan orang tua untuk melatih anak berpuasa yakni memberi penghargaan. Cobalah beri hadiah sesuatu yang diinginkan anak. Itu akan membuat semangat berpuasanya menjadi meningkat.

Ajarkan anak puasa sejak dini. [Dok.Antara]Ajarkan anak puasa Ramadan. [Dok.Antara]

4. Selalu perhatikan kemajuan anak

Pantau kemajuan anak jadi cara penting yang perlu diperhatikan. Biasanya mereka akan memulai dengan berpuasa hanya beberapa jam. Namun, keesokan harinya bisa diubah menjadi lebih lama. Hal ini akan menjadi bentuk kemajuan anak tersebut.

5. Mempersiapkan buka bersama

Agar anak bersemangat berpuasa, orang tua dapat mengajak anak buka puasa bersama. Hal ini akan membuatnya antusias dalam mempersiapkan menu buka favoritnya.

6. Ajari anak maksud berpuasa

Orang tua juga bisa jelaskan kepada anak apa itu puasa. Hal ini mendorongnya untuk memahami mengapa puasa harus dilakukan. Orang tua juga bisa jelaskan doa-doa saat berpuasa serta hal-hal baik lainnya. Selain itu, menjelaskan makna puasa akan menambah pengetahuan dirinya tentang agama.

7. Beri contoh

Hal utama yang penting diperhatikan saat mengajarkan anak berpuasa yakni mencontohkannya. Orang tua harus memberi contoh yang baik dalam berpuasa. Nantinya, anak akan meniru perilaku orang tuanya itu.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #tips #ampuh #untuk #orang #ajarkan #anak #puasa #jadi #persiapan #untuk #sambut #ramadan

KOMENTAR