Perbandingan Pendidikan Siti Atikoh dan Erina Gudono: Siapa yang Lebih Unggul?
Kolase Erina Gudono dan Siti Atikoh. (Dok. Instagram)
13:41
23 Februari 2024

Perbandingan Pendidikan Siti Atikoh dan Erina Gudono: Siapa yang Lebih Unggul?

Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) seperti Erina Gudono kerap dibandingkan dengan istri pejabat seperti Siti Atikoh. Kalau dari sisi pendidikan lebih unggul siapa ya? Riwayat pendidikan Erina Gudono vs Siti Atikoh membuat publik penasaran. Pasalnya Erina Gudono merupakan istri Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep meski belum genap 30 tahun.

Apalagi Kaesang kerap membawa potret ayahnya Presiden Jokowi dalam foto baliho, yang bertebaran di berbagai pinggir jalan. Sehingga keluarga Jokowi termasuk para menantunya terus menjadi sorotan publik.

Sedangkan Siti Atikoh yang selama 10 tahun mendampingi suaminya memimpin Jawa Tengah, dinilai sebagai perempuan sederhana karena tidak menyukai barang mewah dan berhasil menyelesaikan sekolah S2 di Jepang saat Alam Ganjar sekolah TK.

Berikut ini perbandingan riwayat pendidikan Siti Atikoh vs Erina Gudono dirangkum suara.com, Jumat (23/2/2024).

OOTD Siti Atikoh dari Brand Lokal. (Instagram/@atikoh.s)OOTD Siti Atikoh dari Brand Lokal. (Instagram/@atikoh.s)

Riwayat pendidikan Siti Atikoh

Siti Atikoh merupakan sosok yang berpendidikan tinggi. Sebab, ia berkesempatan untuk kuliah sampai ke Jepang. Siti Atikoh satu almamater dengan sang suami. Ia mengambil jurusan Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Siti Atikoh dan Ganjar Pranowo bertemu saat menempuh program Kuliah Kerja Nyata atau KKN pada 1994 dan akhirnya berpacaran hingga menikah pada tahun 1999.

Siti Atikoh tak puas dengan gelar sarjananya dan memilih untuk melanjutkan studi S2 di Perencanaan dan Wilayah Kota dan meraih gelar Magister Teknik dari SAPPK Institut Teknologi Bandung. Untuk tesisnya, Siti Atikoh membandingkan sistem kebijakan di Indonesia dengan di Jepang.

Akhirnya berkat tesisnya tersebut, Atikoh memperoleh kesempatan untuk berkuliah di Universitas Tokyo dengan program studi Magister Kebijakan Publik.

Siti Atikoh juga aktif dalam kegiatan sosial. Selain mendampingi langkah suaminya, Siti Atikoh aktif di kegiatan Pramuka.

Riwayat pendidikan Erina Gudono

Berdasarkan akun LinkedIn pribadi Erina Gudono, perempuan berusia 26 tahun itu terbilang memiliki riwayat pendidikan baik dan sukses, sejak lulus dari SMAN 3 Yogyakarta, sekolah negeri terbaik di Yogyakarta.

Inspirasi Baju Lebaran Ala Erina Gudono (Instagram)Inspirasi Baju Lebaran Ala Erina Gudono (Instagram)

Erina kemudian melanjutkan kuliah sarjana di jurusan Business Administration and Management, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada.

Setelah lulus pada 2018 silam, hanya butuh waktu satu tahun untuk Erina Gudono menamatkan sekolah manajemen bisnis di The Chinese University of Hongkong, dan meraih nilai A.

Selain itu saat ini ia juga sedang menempuh pendidikan Showa Women's University Japan jurusan bisnis, yang sudah dimulainya sejak 2018 hingga saat ini.

Dalam sebuah kesempatan, Erina Gudono, istri Kaesang Pangarep, berencana melanjutkan studi S2 di Columbia University, Amerika Serikat. Seharusnya saat ini menantu Presiden Jokowi itu sudah berangkat ke Negeri Paman Sam untuk bersekolah.

"Aku sebenarnya sudah keterima S2 dan harusnya sudah berangkat. Cuma sebelum nikah, Mas Kaesang bikin perjanjian sama aku, aku tadinya maunya berangkat sendiri," ujar Erina Gudono dalam podcast bersama Putri Tanjung, beberapa waktu lalu.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #perbandingan #pendidikan #siti #atikoh #erina #gudono #siapa #yang #lebih #unggul

KOMENTAR