Ingin Jadi Orang Sukses? Lakukan 7 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Wujudkan Tujuan dan Impian Menurut Psikologi
Ilustrasi 7 kebiasaan sehari-hari dari orang sukses yang dapat meraih segala keinginannya menurut psikologi./Pexels
14:32
23 Oktober 2024

Ingin Jadi Orang Sukses? Lakukan 7 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Wujudkan Tujuan dan Impian Menurut Psikologi

Kebiasaan setiap hari yang baik akan mendatangkan kesempatan baru yang menguntungkan.

Setiap orang akan merasakan perubahan besar dalam hidup setelah melewati satu hari dengan berbagai aktivitas yang baik.

Kebiasaan ini adalah aktivitas harian yang dilakukan secara terus menerus secara rutin yang sulit untuk ditinggalkan.

Dengan menjadikan sebuah aktivitas sebagai rutinitas harian, seseorang secara otomatis akan melakukan hal itu berulang kali setiap harinya.

Kebiasaan yang baik ini, nantinya akan menghasilkan hal baik yang datangnya dari proses yang panjang. Membuat hidup menjadi lebih mudah untuk menggapai apa yang mereka inginkan.

Dilansir dari Your Tango, inilah 7 kebiasaan sehari-hari dari orang sukses yang dapat meraih segala keinginannya menurut psikologi.

1. Bangun pagi

Bangun pagi dapat mendatangkan kegembiraan untuk seseorang. Bangun pagi akan membuat seseorang dapat menyaksikan kehidupan yang bergerak lambat di pagi hari, melihat matahari terbit, dan mendapatkan kembali lebih banyak waktu untuk bersantai.

Melakukan hal-hal yang dilakukan orang-orang sukses secara instan membuat kamu dapat menjadi orang sukses juga. Kalian adalah perwujudan sosok seorang pemimpin.

Untuk itu, bangunlah saat hari masih gelap atau pagi hari yang dapat merubah hidup. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bangun pagi dapat memberikan banyak manfaat, termasuk kesehatan mental, produktivitas, dan kebahagiaan.

Studi yang dirujuk oleh Harvard Health Publishing menunjukkan bahwa bangun satu jam lebih awal dari biasanya dapat mengurangi risiko depresi berat hingga 23%.

2. Tidak mengonsumsi alkohol

Bir mungkin tampak jantan dan ada sentimentalitas dalam gagasan pria minum alkohol. Mungkin akan terlihat keren, tetapi juga akan mengaburkan pikiran dan sering membuat seseorang depresi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pria yang menjauhi alkohol mengalami berbagai manfaat kesehatan yang signifikan.

Beberapa manfaatnya seperti fungsi hati yang lebih baik, kesehatan mental yang lebih baik, berkurangnya risiko kanker tertentu, peningkatan kemampuan kognitif, peningkatan kualitas tidur, peningkatan kesuburan, dan risiko kecelakaan dan cedera yang lebih rendah.

Semuanya berkontribusi pada potensi umur yang lebih panjang dan kualitas hidup yang lebih baik secara keseluruhan.

Namun, penting untuk mempertimbangkan situasi kesehatan individu. Kalian bisa berkonsultasi dengan profesional perawatan kesehatan sebelum membuat perubahan gaya hidup yang signifikan.

3. Olahraga setiap pagi

Olahraga yang mengeluarkan keringat berfungsi mengeluarkan racun dan membuat perubahan luar biasa pada pagi hari.

Di dunia modern ini, berolahraga setiap hari memberi banyak keuntungan yang signifikan untuk memperpanjang peluang hidup lebih lama.

Jadi, lakukan lebih banyak olahraga daripada kebanyakan orang. Kalian akan mendapatkan endorfin yang luar biasa setiap hari. Ini akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan siap untuk melakukan aktivitas harian.

4. Mandi dengan air dingin

Penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2023 oleh UCLA Health menunjukkan bahwa mandi air dingin dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan.

Beberapa di antaranya termasuk mengurangi nyeri otot, melancarkan peredaran darah, meningkatkan metabolisme, mengurangi stres, dan memperbaiki suasana hati.

Tak hanya itu, adapula penelitian tahun 2022 menemukan bahwa seseorang dapat mencoba mandi air dingin selama 15 detik dan bersuhu 50–59°F. Namun, kalian harus menghindari mandi air dingin tepat setelah olahraga.

Hal ini karena dapat mengganggu proses peradangan yang membantu otot tumbuh dan menjadi lebih kuat.

5. Tidak toleran dengan rasa khawatir

Banyak dari kita yang menjalani hidup dengan mempercayai kebohongan bahwa sebuah kekhawatiran itu bermanfaat. Padahal kita dapat memiliki kendali yang lebih besar jika mau menganalisis dan merenungkan secara berlebihan.

Hanya ada satu hal yang perlu diketahui yang menegaskan bahwa kekhawatiran itu sia-sia. Rasa khawatir membuat kalian menjadi merasa buruk. Jika kita merasa buruk, kinerja dan efektivitas secara tak sadar akan menurun.

Itu bukan kondisi yang baik. Jauhi kekhawatiran dan beristirahat, bermain, atau bekerja. Wawasan dan solusi yang tepat akan muncul dalam kondisi tersebut.

6. Terobsesi dengan produktivitas

Berhentilah mengejar dan bangunlah sesuatu yang luar biasa. Orang lain akan mengangkat telinga kecil mereka saat melihat pengaruh dan segunung sumber daya yang telah kalian bangun untuk diri sendiri.

Sebuah studi penelitian selama 40 tahun yang diterbitkan oleh Universitas Vanderbilt pada tahun 2014 menunjukkan bahwa pria secara khusus sering diharapkan untuk memprioritaskan kesuksesan karier.

Namun, banyak faktor yang dapat memengaruhi prioritas seseorang, dan gender hanyalah salah satunya. Alokasi waktu, nilai-nilai, tekanan, keterlibatan dalam rumah tangga, dan pengorbanan memengaruhi penentuan prioritas tersebut.

7. Memperhitungkan risiko yang diambil

Telah terbukti secara ilmiah bahwa mengambil risiko dan bersikap berani dapat meningkatkan testosteron. Lakukan satu hal yang membuat denyut nadi kalian bergerak setiap hari.

Lakukan satu hal kecil yang sedikit menantang. Dengan begitu, kalian akan berkembang secara eksponensial dalam jangka panjang.

Penelitian dari Program Inkubasi Bisnis Universitas Central Florida menjelaskan bahwa hal itu mendorong orang untuk keluar dari zona nyaman mereka dan menghadapi ketakutan mereka dengan melakukan sesuatu yang tidak nyaman setiap hari.

Idenya bukanlah untuk secara aktif mencari situasi berbahaya tetapi untuk mendorong diri untuk mencoba hal-hal baru atau terlibat dalam kegiatan yang mungkin awalnya terasa menakutkan. Ini dapat mengarah pada pertumbuhan pribadi dan mengatasi kecemasan.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #ingin #jadi #orang #sukses #lakukan #kebiasaan #sehari #hari #yang #bisa #wujudkan #tujuan #impian #menurut #psikologi

KOMENTAR