Tidak Banyak Orang Tahu, Ini 5 Alasan Mengapa Air Kelapa Punya Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh!
Ilustrasi air kelapa. (Antara)
06:40
23 Oktober 2024

Tidak Banyak Orang Tahu, Ini 5 Alasan Mengapa Air Kelapa Punya Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh!

Kelapa merupakan buah yang sagat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Hal ini tentunya dikarenakan banyaknya fungsi dari kelapa mulai dari batok, daging dan airnya.

Buah kelapa juga merupakan sumber daya alam melimpah yang ada disekitar. Apabila kamu melihat di jalanan sekitar rumah, kamu mungkin akan menemukan penjual air kelapa atau es degan.

Minuman air kelapa biasa diminum karena rasanya yang segar dan enak. Akan tetapi, tidak hanya itu air kelapa juga menyimpan banyak sekali manfaat.

Kamu mungkin pernah mendengar pepatah orangtua yang menyatakan bahwa meminum air kelapa bisa menyelesaikan banyak penyakit ringan. Kamu mungkin bertanya-tanya apa alasan air kelapa punya manfaat bagi kesehatan.

Untuk itu, kamu mungkin perlu menyimak lebih jauh artikel ini. Dilansir dari Healthline dan BBC Good Food, berikut ini merupakan 5 alasan mengapa air kelapa punya manfaat bagi kesehatan tubuh:

1. Merupakan Sumber Mineral

Alasan pertama mengapa air kelapa punya manfaat untuk kesehatan manusia adalah adanya kandungan mineral di dalamnya.

Adanya kalium, magnesium, kalsium, natrium merupakan hal yang penting bagi kesehatan tubuh.

Hal ini bisa membantu kesehatan dalam rangka fungsi rangka dan otot. Adanya kandungan mineral ini disinyalir bisa menggantikan elektrolit di tubuh setelah hilang karena aktivitas olahraga.

Oleh karenanya, air kelapa sering digunakan sebagai minuman pasca aktivitas, selain minuman elektrolit kemasan yang dijual bebas. Air kelapa punya manfaat bagus setelah olahraga dibanding minum air putih biasa.

2. Atur Kadar Gula Darah

Alasan yang kedua mengapa air kelapa bagus dan punya manfaat bagi kesehatan tubuh adalah bisa mengatur untuk menurunkan kadar gula darah. Air kelapa disinyalir bisa menurunkan gula darah pada orang yang memiliki diabetes.

Meski belum ada penelitian yang pasti terkait hal ini pada manusia, air kelapa mengandung magnesium yang bisa membantu mengatur kadar gula.

Kamu mungkin bisa meminum air kelapa saat merasa gula darah sedang naik. Diharapkan, air kelapa tersebut bisa membantu turunnya gula darah dalam tubuh sehingga kembali normal.

3. Bantu Tingkatkan Daya Tahan

Alasan selanjutnya mengapa air kelapa memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh adalah air kelapa membantu meningkatkan daya tahan.

Seperti yang disampaikan di poin sebelumnya, air kelapa memiliki kandungan yang biasa dianggap menggantikan minuman olahraga.

Minum air kelapa bisa meningkatkan daya tahan dan juga performa tubuh ketika melakukan kegiatan atletik seperti olahraga. Oleh karenanya, orang biasa minum air kelapa setelah melakukan kegiatan olahraga seperti lari atau senam.

Air kelapa merupakan sumber elektrolit yang baik. Selain air putih biasa, kamu mungkin bisa mencoba meminum air kelapa untuk minuman setelah olahraga yang dingin dan segar.

4. Mendukung Kesehatan Jantung

Alasan selanjutnya mengapa air kelapa memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh adalah bisa mendukung kesehatan jantung. Air kelapa disinyalir memiliki kemampuan untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Selain itu, meminum air kelapa juga bisa mengurangi tekanan darah tinggi. Potassium dalma air kelapalah yang membantu meurunkan tekanan darah dalam diri seseorang.

Sebagai sumber mineral, air kelapa juga bisa memiliki poin plus bagi kesehatan jantung. Kamu mungkin bisa minum air kelapa disamping air putih biasa demi kesehatan tubuh.

5. Bahan yang Menghidrasi Tubuh

Terakhir, alasan yang mendasari air kelapa yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh adalah air kelapa merupakan bahan yang bisa menghidrasi tubuh. Sebagaimana air lainnya, kandungan air dalam air kelapa bisa jadi sumber hidrasi yang baik bagi manusia.

Air kelapa yang rendah kalori juga bisa jadi pilihan baik bagi seseorang untuk meminumnya. Tidak hanya diminum biasa, kamu bisa mengkreasikan air kelapa dengan dicampur bahan lain, misal jus atau pudding.

Kamu mungkin juga bisa menjadikan air kelapa sebagai kuah dari salad buah yang kamu buat. Hal ini dikarenakan air kelapa sendiri memiliki rasa yang enak dan tidak akan bosan dikonsumsi oleh seseorang.

Kelima hal diatas merupakan beberapa alasan mengapa orang mengatakan air kelapa punya manfaat bagi kesehatan tubuh.

Mekis air kelapa sejatinya baik untuk tubuh, kamu perlu melihat keadaan tubuh sendiri dan apakah air kelapa memiliki kandungan yang berbahaya padamu atau tidak.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tidak #banyak #orang #tahu #alasan #mengapa #kelapa #punya #manfaat #bagi #kesehatan #tubuh

KOMENTAR