Beda Rekam Jejak Mahfud MD dan Hadi Tjahjanto: Mantan Ketua MK vs Panglima TNI, Sama-sama Jadi Menko Polhukam
Kolase Mahfud MD dan Hadi Tjahjanto. (Istimewa)
20:16
20 Pebruari 2024

Beda Rekam Jejak Mahfud MD dan Hadi Tjahjanto: Mantan Ketua MK vs Panglima TNI, Sama-sama Jadi Menko Polhukam

Hadi Tjahjanto ramai dikabarkan akan dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam). Jabatan Menko Polhukam itu menggantikan Mahfud MD yang sebelumnya mundur untuk maju sebagai cawapres 2024.

Sosok Hadi sendiri memang sudah masuk kabinet Indonesia Maju milik Jokowi. Ia hingga sekarang menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Rencananya, jabatan Menteri ATR yang ditinggalkan Hadi akan diisi oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Lantas, seperti apakah beda rekam jejak Mahfud MD vs Hadi Tjahjanto, mantan dan calon Menko Polhukam? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Rekam Jejak Mahfud MD

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Ham (Menkopolhukam), Mahfud MD saat menggelar konferensi pers di Kantor Kemenpolhukam, Jakarta, Kamis (1/2/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Ham (Menkopolhukam), Mahfud MD saat menggelar konferensi pers di Kantor Kemenpolhukam, Jakarta, Kamis (1/2/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Mohammad Mahfud MD adalah seorang akademisi yang pernah menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK). Ia lahir di Sampang, Madura, Jawa Timur pada 13 Mei 1957.

Mahfud MD lahir dari pasangan Mahmodin dan Siti Khadijah. Ia menyelesaikan pendidikannya sebagai Sarjana Hukum Tata Negara di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta pada 1983.

Setelah lulus dari Fakultas Hukum UII, ia memilih profesi dosen untuk almamaternya. Sambil menjadi dosen, ia melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di UGM.

Karier Mahfud kian cemerlang pada saat beliau dikukuhkan sebagai guru besar bidang politik hukum pada tahun 2000. Sepak terjangnya membuat Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur percaya untuk memilihnya menjadi Menteri Pertahanan pada Kabinet Persatuan Nasional.

Tak hanya itu, Mahfud diketahui juga merangkap sebagai Menteri Kehakiman dan HAM menggantikan Yusril Ihza Mahendra yang diberhentikan oleh Gus Dur.

Setelah menapaki karier sebagai seorang menteri, Mahfud MD mencoba masuk ke dunia politik. Mulanya, Mahfud bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN), sebelum akhirnya pindah ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Mahfud MD pun sukses terpilih sebagai anggota DPR RI periode 2004-2008 untuk Fraksi PKB. Ia kemudian ditempatkan di Komisi III DPR RI.

Tak hanya berpengalaman di pemerintahan eksekutif dan legislatif, Mahfud juga masuk ke yudikatif. Ia terpilih sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi selama dua periode, yaitu 2008-2011 dan 2011-2013.

Pada 2014, Mahfud sempat menjadi Ketua Tim Pemenangan Koalisi Merah Putih yang mengusung Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa. Namun, Prabowo kalah dalam Pilpres 2014.

Berikut ini merupakan rekam Jejak dari Mahfud MD:

  • Menteri Pertahanan RI (200-2001)
  • Menteri Kehakiman dan HAM (2001)
  • Wakil Ketua Umum Dewan Tanfidz DPP Partai Kebangkitan Bangsa (2002-2005)
  • Anggota DPR RI, Komisi III (2004-2006)
  • Anggota DPR RI, Komisi I (2006-2007)
  • Anggota DPR-RI, Komisi III (2007-2008)
  • Wakil Ketua Badan Legislatif DPR-RI (2007-2008)
  • Anggota Tim Konsultan Ahli Pada Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Depkum-HAM Republik Indonesia
  • Ketua MK selama dua periode yaitu pada 2008-2011 dan 2011-2013
  • Anggota Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (2017-2018)
  • Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia (2019-sekarang)

Rekam Jejak Hadi Tjahjanto

Presiden Joko Widodo melantik Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/12).Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat dilantik sebagai Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/12/2017).

Hadi Tjahjanto merupakan mantan Panglima TNI yang lahir di Malang, 8 November 1963. Sebelumnya, ia masuk ke dalam kabinet Indonesia Maju periode kedua pemerintahan Jokowi sebagai Menteri ATR/Kepala BPN.

Hadi merupakan perwira tinggi lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1986. Ia kemudian menyelesaikan Sekolah Penerbang TNI AU pada 1987.

Pada 2010-2011, sosoknya pernah menduduki jabatan sebagai Komandan Lanud Adi Soemarmo, Solo. Saat itu, Wali Kota Solo dijabat oleh Jokowi yang saat ini menjadi Presiden RI ke-7.

Hadi meraih bintang pada 2011 saat menduduki jabatan Direktur Operasi dan Latihan Basarnas (Dirops dan Lat Basarnas). Pada tahun 2013, ia ditugaskan menjadi Kepala Dinas Penerangan TNI AU.

Setelah itu, namanya kian dikenal oleh masyarakat. Selang dua tahun, tepatnya pada tahun 2015, ia dipercaya untuk menjadi Komandan Lanud Abdulrachman Saleh.

Tak sampai satu tahun menjadi Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, Hadi didapuk sebagai Sekretaris Militer Presiden. Belum genap satu tahun kemduian, Hadi kembali dipromosikan menjadi Irjen Kementerian Pertahanan.

Sosoknya berhasil menyandang bintang tiga di pundak yaitu marsekal madya. Pada Januari 2017, Perwira tinggi ini diangkat menjadi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU).

Hampir satu tahun menjadi orang pertama di TNI AU, Hadi dilantik menjadi Panglima TNI oleh Presiden Jokowi, tepatnya pada Desember 2017. Dia kemudian pensiun pada November 2021, di mana jabatannya digantikan oleh Jenderal Andika Perkasa.

Setelah mengakhiri masa tugasnya sebagai tentara, Hadi Tjahjanto ditunjuk Presiden Jokowi untuk memimpin Kementerian ATR/BPN menggantikan Sofyan Djalil.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #beda #rekam #jejak #mahfud #hadi #tjahjanto #mantan #ketua #panglima #sama #sama #jadi #menko #polhukam

KOMENTAR