Padahal Dianjurkan Dalam Islam, Teuku Ryan Malah Disebut Playing Victim Usai Tegaskan Tak Mau Bongkar Aib Ria Ricis
Potret Ria Ricis dan Teuku Ryan (Instagram/riaricis1795)
11:31
20 Februari 2024

Padahal Dianjurkan Dalam Islam, Teuku Ryan Malah Disebut Playing Victim Usai Tegaskan Tak Mau Bongkar Aib Ria Ricis

Sidang perceraian Ria Ricis dan Teuku Ryan dengan agenda mediasi dilaksanakan Senin (19/2/2024). Pada sidang tersebut, Teuku Ryan dan Ria Ricis dikabarkan menangis saat proses mediasi.

Sementara itu, Teuku Ryan sendiri masih berharap agar rumah tangganya itu bisa kembali membaik. Namun, jika memang rumah tangganya harus berakhir, Teuku Ryan mengungkapkan, ia tidak akan membongkar aib Ria Ricis. Menurutnya, Ria Ricis tetaplah ibu dari anaknya sehingga aibnya harus dijaga,

"Intinya mohon doanya supaya semua baik-baik saja. Dan ada satu hal intinya saya tidak akan membalas atau membuka aib istri saya. Karena dia sampai kapanpun mau kami bersama atau nggak dia tetap ibu dari anak saya itu saja," kata Teuku Ryan usai mediasi.

Video pernyataan Teuku Ryan tersebut sempat diunggah kembali oleh akun gosip @lambe__danu. Namun, beberapa warganet justru malah menyebut Teuku Ryan playing victim dengan ungkapannya itu.

Teuku Ryan menghadiri sidang cerai perdana dengan Ria Ricis di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Senin (19/2/2024). [Tiara Rosana/Suara.com]Teuku Ryan menghadiri sidang cerai perdana dengan Ria Ricis di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Senin (19/2/2024). [Tiara Rosana/Suara.com]

“Tipe-tipe playing victim dan manipulatif si Ryan ini,” komentar salah seorang warganet.

“Padahal yang diomongin juga secara gak langsung memancing, emang agak playing victim,” sahut warganet lainnya.

Meski demikian, sebagian warganet lainnya salut dengannya. Pasalnya, Teuku Ryan memang tidak membongkar kekurangan istrinya itu di hadapan orang lain.

Terkait masalah aib ini sendiri memang dalam ajaran agama Islam sendiri memang menjadi hal yang tidak boleh dibongkar. Mengutip Umma, dalam Islam sendiri membuka aib orang lain adalah hal yang dilarang. Larangan menceritakan aib pasangan, termasuk larangan membuka aib suami dalam islam pun telah dijelaskan dalam Al Quran.

“… mereka (istri-istrimu) merupakan pakaian bagimu dan kamu merupakan pakaian bagi mereka …” (QS. al-Baqarah : 187).

Oleh sebab itu, pasangan adalah pakaian yang dimana mereka sudah sepatutnya untuk saling menjaga dan menutupi hal-hal pribadi dan tidak perlu diketahui oleh orang lain.

Masalah membongkar aib ini juga dijelaskan dalam hadis dari Abu Sa’id al-Khudriy, dia berkata, Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya manusia yang paling jelek kedudukannya di hari kiamat adalah seorang laki-laki (suami) yang bercampur (bersetubuh) dengan istrinya, kemudian membeberkan rahasia istrinya tersebut.” (HR Muslim).engan menjaga aib orang lain, niscaya Allah SWT juga akan menutup aibnya di hari kiamat kelak. Oleh sebab itu, setiap umat Muslim sangat dianjurkan menutup aib orang lain, termasuk keluarga sendiri. Dengan membongkarnya, nantinya Allah SWT juga akan membuka aib orang tersebut.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #padahal #dianjurkan #dalam #islam #teuku #ryan #malah #disebut #playing #victim #usai #tegaskan #bongkar #ricis

KOMENTAR