Biodata Darwis Triadi, Fotografer Senior Kena Cibiran Gara-gara Singgung Aksi Kamisan
Profil dan agama Darwis Triadi (Instagram)
10:02
20 Februari 2024

Biodata Darwis Triadi, Fotografer Senior Kena Cibiran Gara-gara Singgung Aksi Kamisan

Biodata Darwis Triadi, salah satu fotografer senior di Indonesia mendadak banyak dibicarakan. Sayang, kali ini bukan perihal prestasi, tetapi terkait komentar nir empatinya terhadap postingan aksi kamisan.

Menggunakan akun Instagram pribadinya @darwistriadi, sang fotografer ini meninggalkan komentar pada postingan di Instagram @hariankompas yang memperlihatkan Ibu Sumarsih mengangkat kartu merah sambil membawa payung.

Wes tooo, Pemil wes rampung bu. Tinggal nunggu KPU. Quick count juga sdh ada, trimo karo lapang dodo, ora usah gawe ribut, or gelem dikongkon ngene, pun kundur mawon” tulisnya.

Komentar tersebut tentu menyulut banyak netizen. Namun, siapa sebenarnya Darwis Triadi sampai bisa melirik perhatian banyak orang?

Biodata Darwis Triadi

Lahir di Kerten, Walet, Purwosari, Jawa Tengah pada 15 Oktober 1954 lalu, Andreas Darwis Triadi merupakan seorang seniman sekaligus fotografer.

Ia merupakan anak keempat dari pasangan Brotosewoyo dengan Sumantri. Lelaki berusia 60 tahun ini memiliki dua saudara laki-laki dan lima saudara perempuan.

Ayah dari Darwis Triadi diketahui merupakan seorang anggota ABRI (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia) dengan pangkat kolonel. Sang ayah bekerja selama masa kepemimpinan Soekarno.

Pasca Orde Lama, sang ayah sempat menjadi tahanan politik tanpa tahapan pengadilan. Ia tentu saja juga diberhentikan sepihak oleh pemerintahan baru Indonesia.

Meski tak mengikuti jejak sang ayah, fotografi rupanya bukan pekerjaan pertama Darwis Triadi. Ia diketahui sempat akan menjadi pilot dengan sekolah di LPPU (Lembaga Pendidikan Perhubungan Udara) Curug yang ada di Tangerang, Banten.

Namun, karena alasan yang tidak diketahui pasti, Darwis memutuskan untuk berhenti dari sekolah penerbangan tersebut. Setelah itu, ia memutuskan untuk mengambil pendidikan penerbangan di FASI (Federasi Aero Sport Indonesia). Dari sinilah ia mendapatkan Charter Pilot License.

Saat menjadi pilot, Darwis beberapa kali mengantar fotografer. Dari sinilah keinginannya untuk menjadi fotografer berkembang.

Komentar Darwis Triadi pada aksi Kamisan

Usai meninggalkan komentar di Instagram Harian Kompas, Darwis langsung mendapatkan banyak cibiran. Tak tanggung-tanggung, ia bahkan juga banyak dibicarakan di X atau Twitter.

Namun ternyata, saat ini komentar Darwis tersebut sudah dihapus. Meski begitu, warganet tetap membanjiri akun Instagram Darwis terkait dengan komentarnya yang dinilai nir empati tersebut.

Demikian penjelasan tentang biodata Darwis Triadi yang menjadi sorotan publik gara-gara komentari aksi Kamisan.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #biodata #darwis #triadi #fotografer #senior #kena #cibiran #gara #gara #singgung #aksi #kamisan

KOMENTAR