Sultan Hamengku Buwono X dari Partai Politik Apa? Raja Jogja Siap Jadi Jembatan Presiden Jokowi dan Megawati
Gubernur DIY, Sri Sultan HB X menyampaikan pesan pada ketiga capres di Yogyakarta, Rabu (14/2/2024). [Kontributor Suarajogja.id/Putu Ayu Palupi] - Sultan Hamengku Buwono X dari Partai Politik Apa?
17:30
15 Februari 2024

Sultan Hamengku Buwono X dari Partai Politik Apa? Raja Jogja Siap Jadi Jembatan Presiden Jokowi dan Megawati

Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X tidak menampik ketika dirinya disebut sebagai pihak yang menjembatani pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Sampai saat ini, pertemuan tersebut memang belum terlihat hilalnya. Sri Sultan X pun menegaskan bahwa dirinya akan bersikap pasif, artinya jika Megawati memang menolak ajakan pertemuan tersebut, ia tidak akan membujuknya,

Seperti yang kita tahu, Jokowi dan Megawati kini merupakan oposisi, artinya pertemuan mereka memang jarang terjadi.

Dari sinilah mulai banyak warganet yang bertanya di bawah partai apa Sri Sultan Hamengku Buwono memimpin Yogyakarta? Jika Anda juga penasaran simak informasi berikut.

Sri Sultan Hamengku Buwono X Partai Apa?

Sebagai daerah Istimewa, Yogyakarta menganut kepemimpinan Kesultanan. Artinya, pemilihan Gubernur di sini masih berlandaskan pada keturunan. Saat ini, kepemimpinan tersebut dipegang oleh Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X.

Dengan sistem tersebut, Sri Sultan tidak terdaftar sebagai anggota partai politik manapun. Namun, tentu saja ia tetap menjalin silaturahmi dengan tokoh-tokoh bangsa, tidak terkecuali Joko Widodo yang beberapa waktu lalu sempat berkunjung ke Yogyakarta.

Sejalan dengan sang suami, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas yang kali ini kembali mencalonkan diri sebagai DPD RI dari Provinsi DIY juga tidak bergabung dengan partai manapun.

Jokowi yang Minta Sri Sultan HB X Jadi “Jembatan”

Saat dimintai konfirmasi oleh awak media, Sri Sultan HB X tidak menampik kabar bahwa Jokowi telah memintanya menjembatani pertemuannya dengan Megawati.

“Betul, tapi saya kan nunggu Presiden, kan saya akan menjembatani (tapi) ya terserah Presiden, itu saja,” usai Sri Sultan ketika ditemui wartawan pada hari Senin (12/2/24) lalu.

“Ya nunggu, kalau memang Presiden memerlukan saya bersedia kan hanya itu. Kalau nggak ya nggak apa-apa, udah itu aja,” tambah Sri Sultan.

Sri Sultan juga menjelaskan ia bersyukur jika keduanya bisa bertemu sendiri. Namun, kalau memang diminta membantu, ia akan membantunya, tetapi tidak dengan memaksa.

Demikian informasi mengenai partai politik apa yang membawahi Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X selama ini.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #sultan #hamengku #buwono #dari #partai #politik #raja #jogja #siap #jadi #jembatan #presiden #jokowi #megawati

KOMENTAR