Mengungkap Tanda Orang Punya IQ Tinggi dan Cerdas Sekali: Ini 7 Bahasa Tubuh yang Ditunjukkan
Ilustrasi anak cerdas yang memiliki IQ tinggi dan imajinasi yang aktif (Foto: freepik/ volody10)
15:28
17 Oktober 2024

Mengungkap Tanda Orang Punya IQ Tinggi dan Cerdas Sekali: Ini 7 Bahasa Tubuh yang Ditunjukkan

Kecerdasan seseorang tak selalu dilihat berdasarkan apa yang mereka ucapkan di atas panggung. Berbagai bahasa tubuh bahkan lebih membuat arti yang lebih bahwa seseorang memiliki kecerdasan atau bahkan IQ yang tinggi. 

Bahasa tubuh juga bisa menjadi indikator yang kuat. Cara Anda membawa diri, gerakan yang Anda buat, bahkan cara Anda duduk dapat mengungkapkan lebih banyak tentang kekuatan otak Anda daripada yang mungkin Anda sadari.   Dikutip dari Baseline, inilah 7 bahasa tubuh yang menunjukkan seseorang memiliki kecerdasan dan IQ tinggi.   

  1) Pose kekuatan   Pose kekuatan adalah saat seseorang berdiri atau duduk dengan kaki terbuka lebar, dada membusung, dan tangan di pinggul. Pose ini memancarkan rasa percaya diri, keyakinan, dan kendali.   Pose ini tidak hanya membuat Anda tampak lebih cerdas bagi orang-orang di sekitar Anda, tetapi juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan Anda sendiri.    Ini adalah trik kecil yang digunakan orang-orang pintar untuk meningkatkan citra dan pola pikir mereka.   2) Kontak mata   Tanda kecerdasan tinggi lain yang saya perhatikan secara pribadi adalah kontak mata yang konsisten.   Mempertahankan kontak mata menunjukkan bahwa Anda mendengarkan dan terlibat secara aktif dengan orang lain. Ini adalah tanda rasa hormat dan pengertian – dua sifat yang umumnya dikaitkan dengan kecerdasan tinggi.   3) Tak banyak bergerak ketika berbincang   Penelitian telah menemukan bahwa mereka yang menjaga gerakan mereka seminimal mungkin selama percakapan sering dianggap lebih cerdas.    Ini karena kegelisahan yang berlebihan dapat memberikan kesan gugup atau kurang fokus.  

  4) Postur terbuka   Postur tubuh terbuka melibatkan posisi berdiri atau duduk tegak dengan bahu rileks dan menghadap ke depan. Tanda bahasa tubuh ini sering kali menunjukkan keterbukaan terhadap ide dan kemauan untuk terlibat, yang keduanya terkait dengan kecerdasan.   Ini menunjukkan bahwa Anda merasa nyaman dengan diri sendiri dan percaya diri dengan kemampuan Anda. Ini juga menunjukkan bahwa Anda mudah didekati dan menerima pandangan orang lain.   Cobalah untuk tidak menyilangkan lengan atau membungkuk, karena hal tersebut dapat menimbulkan kesan defensif atau tidak tertarik. Sebaliknya, pertahankan postur tubuh yang terbuka untuk menunjukkan kecerdasan dan keramahan Anda yang tinggi.   5) Gerakan yang sesuai dengan ucapan   Orang-orang cerdas sering menggunakan tangan mereka untuk menegaskan apa yang mereka katakan.   Ini adalah cara halus untuk mengekspresikan pikiran mereka secara lebih efektif, dan dapat membuat komunikasi mereka lebih menarik.   Menggunakan gestur yang sesuai dengan ucapan Anda dapat membantu memperjelas ide-ide yang rumit dan menekankan poin-poin penting.    6) Tersenyum pada saat yang tepat   Senyum yang tulus adalah hal yang indah. Senyum menunjukkan kehangatan, kebaikan, dan rasa pengertian.   Orang-orang cerdas tahu kekuatan senyum yang tepat waktu. Mereka menggunakannya untuk menunjukkan empati, untuk terhubung dengan orang lain pada tingkat yang lebih dalam, dan untuk menciptakan suasana yang positif dan ramah.   Bila Anda tersenyum tulus di saat yang tepat, itu menunjukkan bahwa Anda cerdas secara emosional. Anda mampu memahami dan menanggapi perasaan orang lain, yang merupakan aspek penting dari kecerdasan secara keseluruhan.  

  7) Anggukan tanda pengertian     Anggukan sederhana adalah hal yang sangat meyakinkan. Itu menandakan bahwa seseorang tidak hanya mengikuti maksud lawan bicaranya, tetapi juga memahami dan menghargainya.   Anggukan tanda mengerti merupakan alat ampuh yang sering digunakan oleh orang-orang cerdas.    Anggukan tersebut menunjukkan keterlibatan, pemahaman, dan rasa hormat kepada pembicara. Anggukan tersebut merupakan cara non-verbal untuk mengatakan, "Saya mengerti, dan saya setuju dengan Anda."

Editor: Banu Adikara

Tag:  #mengungkap #tanda #orang #punya #tinggi #cerdas #sekali #bahasa #tubuh #yang #ditunjukkan

KOMENTAR