10 Kebiasaan yang Membuat Kebanyakan Orang Sengsara Menurut Psikologi, Salah Satunya Berusaha Mengikuti Gaya Hidup Orang Lain
Ilustrasi kebiasaan yang membuat sengsara (freepik/gratispik)
13:10
16 Oktober 2024

10 Kebiasaan yang Membuat Kebanyakan Orang Sengsara Menurut Psikologi, Salah Satunya Berusaha Mengikuti Gaya Hidup Orang Lain

- Kebahagiaan tidak terjadi begitu saja pada Anda, kebahagiaan hadir dalam berbagai bentuk yang berbeda sehingga sulit untuk didefinisikan. Di sisi lain, ketidakbahagiaan mudah diidentifikasi, Anda dapat mengetahuinya saat melihatnya.

Anda mengetahui kebiasaan yang membuat Anda tidak bahagia, Anda juga akan mengetahui saat ketidakbahagiaan menguasai Anda. Kebahagiaan tidak terlalu berkaitan dengan keadaan hidup seperti yang Anda kira, keadaan hidup tidak banyak berhubungan dengan kebahagiaan, karena sebagian besar kebahagiaan berada di bawah kendali Anda.

Psikolog dari University of California yang mempelajari kebahagiaan menemukan bahwa genetika dan keadaan hidup hanya menyumbang sekitar 50 persen dari kebahagiaan seseorang.

Dalam artikel ini, JawaPos.com telah melansir dari laman YourTango, Rabu (16/10), sepuluh kebiasaan yang dapat membuat Anda sengsara, menurut psikologi.

1. Menunggu masa depan

Jangan buang waktu Anda menunggu sesuatu yang terbukti tidak memengaruhi suasana hati Anda, sebaliknya, fokuslah untuk merasa bahagia saat ini, di masa kini, karena tidak ada jaminan untuk masa depan. Penelitian menunjukkan bahwa tetap berada di masa kini dapat menghasilkan kehidupan yang lebih positif.

2. Menghabiskan terlalu banyak waktu dan tenaga untuk memperoleh sesuatu

Banyak penelitian dari The Personality and Social Psychology Bulletin yang menunjukkan bahwa hal-hal yang bersifat materi tidak membuat Anda bahagia. Bila Anda terbiasa mengejar sesuatu, Anda cenderung menjadi tidak bahagia, ini karena Anda melakukannya dengan mengorbankan hal-hal nyata yang membuat Anda bahagia, seperti teman, keluarga, dan hobi.

3. Tetap berada di rumah

Bila Anda merasa tidak bahagia, Anda cenderung menghindari orang lain. Ini adalah kesalahan besar karena bersosialisasi, bahkan saat Anda tidak menikmatinya, sangat baik untuk suasana hati Anda, memiliki dan menghabiskan waktu bersama teman dapat meningkatkan suasana hati dan kesehatan Anda, demikian yang dikonfirmasi oleh penelitian dari American Psychological Association.

4. Melihat diri Anda sebagai korban

Orang yang tidak bahagia cenderung beranggapan bahwa hidup itu sulit dan berada di luar kendali mereka. Hal tersebut menumbuhkan perasaan tidak berdaya, dan orang-orang yang merasa tidak berdaya cenderung tidak mengambil tindakan untuk memperbaiki keadaan.

Meskipun setiap orang tentu berhak untuk merasa sedih sesekali, penting untuk menyadari kapan Anda membiarkan hal ini mempengaruhi pandangan Anda terhadap kehidupan. Anda bukan satu-satunya orang yang mengalami hal-hal buruk, dan Anda memiliki kendali atas masa depan Anda selama Anda bersedia mengambil tindakan.

5. Pesimism

Sikap pesimis, selain dapat merusak suasana hati, juga dapat menjadi ramalan yang terpenuhi dengan sendirinya, di mana saat Anda mengharapkan hal-hal buruk, Anda cenderung akan mendapatkan hal-hal buruk. Pikiran pesimis sulit dihilangkan sampai Anda menyadari betapa tidak logisnya pikiran tersebut, paksa diri Anda untuk melihat faktanya, dan Anda akan melihat bahwa segala sesuatunya tidak seburuk yang terlihat.

6. Mengeluh

Dengan terus-menerus berpikir tentang betapa buruknya keadaan, Anda menegaskan kembali keyakinan negatif Anda. Meskipun berbicara tentang apa yang mengganggu Anda dapat membantu Anda merasa lebih baik, ada batasan tipis antara mengeluh sebagai terapi dan hal itu memicu ketidakbahagiaan, serta membuat orang lain menjauhi Anda.

7. Melebih-lebihkan sesuatu

Hal buruk terjadi pada semua orang. Perbedaannya adalah orang yang bahagia melihat hal buruk sebagaimana adanya, yakni kekecewaan yang sifatnya sementara, sedangkan orang yang tidak bahagia melihat hal negatif sebagai bukti lebih lanjut bahwa hidup ingin menjatuhkan mereka.

8. Menyembunyikan masalah

Orang yang bahagia bertanggung jawab atas tindakan mereka, ketika mereka melakukan kesalahan, mereka mengakuinya. Sebaliknya, orang yang tidak bahagia menganggap masalah dan kesalahan sebagai sesuatu yang mengancam, sehingga mereka mencoba menyembunyikannya.

9. Tidak mau berkembang

Karena orang yang tidak bahagia adalah orang yang pesimis dan merasa kurang memiliki kendali atas hidup mereka, mereka cenderung duduk diam dan menunggu kehidupan terjadi pada mereka. Alih-alih menetapkan tujuan, belajar, dan memperbaiki diri, mereka terus berjalan dengan lambat, lalu bertanya-tanya mengapa segala sesuatunya tidak pernah berubah.

10. Berusaha untuk mengikuti gaya hidup orang lain

Kecemburuan dan iri hati tidak sejalan dengan kebahagiaan, jadi jika Anda terus-menerus membandingkan diri dengan orang lain, sekarang saatnya untuk berhenti. Dalam sebuah penelitian tahun 2008, sebagian besar subjek mengatakan bahwa mereka akan baik-baik saja dengan penghasilan yang lebih sedikit.

Tetapi hal itu hanya jika semua orang juga demikian. Waspadalah terhadap pemikiran seperti ini karena tidak akan membuat Anda bahagia, mengubah kebiasaan Anda demi kebahagiaan yang lebih besar adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #kebiasaan #yang #membuat #kebanyakan #orang #sengsara #menurut #psikologi #salah #satunya #berusaha #mengikuti #gaya #hidup #orang #lain

KOMENTAR