Kiong Hie Artinya Apa? Jangan Sampai Salah Membuat Ucapan Imlek 2024
Kiong Hie Artinya Apa? Jangan Sampai Salah Membuat Ucapan Imlek 2024 (pexels)
06:50
10 Februari 2024

Kiong Hie Artinya Apa? Jangan Sampai Salah Membuat Ucapan Imlek 2024

Anda mungkin sudah tidak asing dengan ucapan Gong Xi Fa Cai saat perayaan Tahun Baru Imlek, tetapi bagaimana dengan Kiong Hie. Sebelum menggunakannya, tentu Anda perlu mengetahui apa artinya Kiong Hie.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk merayakan Tahun Baru Imlek setiap tahunnya adalah berkirim ucapan. Namun, pastikan bahwa Anda memahami ucapan yang Anda kirimkan.

Kiong Hie artinya apa?

Melansir dari laman Kemenag RI, Kiong Hie adalah bahasa dari dialek Hokkian yang berarti Selamat. Dengan begitu, tepat jika Kiong Hie digunakan untuk mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek.

Sejatinya, kata Kiong Hie atau Kiong Hi juga berasal dari kalimat Gong Xi Da Cai dalam pelafalan Mandarin. Pasalnya, dalam dialek Hokkian Gong Xi Fa Cai akan berbunyi Kiong Hi Huat Cai sehingga kerap disingkat menjadi Kiong Hie atau Kiong Hi.

Tak sekedar selamat, laman Dinas Komunikasi dan Informatika menjelaskan bahwa Gong Xi Fa Cai lebih tepat diartikan sebagai doa untuk mendapatkan lebih banyak kemakmuran, kesejahteraan, atau kekayaan.


Penggunaan Kiong Hie

Pada dasarnya, penggunaan Kion Hie sebagai ucapan Selamat Tahun Baru Imlek sama halnya dengan penggunaan Gong Xi Fa Cai. Namun, karena perayaan Imlek biasanya bertepatan dengan musim semi, tidak sedikit yang menambahkan kata Sin Chun di depannya.

Dengan begitu, Anda bisa mengucapkan Sin Chun Kiong Hie / Xin Chun Gong Xi pada seseorang yang sedang merayakan Imlek. Ucapan tersebut artinya selamat menyambut musim semi yang baru.

Ucapan populer untuk tahun baru imlek

Anda memang bisa menggunakan beberapa gaya untuk mengucapkan selamat tahun baru imlek, berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Gong Xi Fa Cai: Selamat menjadi kaya atau selamat sejahtera.
  • Xin Nian Hao: Kebaikan tahun baru atau tahun baru Imlek.
  • Da Ji Da Li: Semoga medapat berkah.
  • Wan Shi Ru Yi: Semoga semua keinginan terpenuhi.
  • Zhu Fu Nin Xinnian Kuaile: Harapan terbaik untuk tahun baru.
  • Bu Bu Gao Sheng: Semoga maju terus dalam promosi pekerjaan.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #kiong #artinya #jangan #sampai #salah #membuat #ucapan #imlek #2024

KOMENTAR