Berapa Gaji TNI Pangkat Lettu? Ternyata Segini Tunjangan yang Akan Diterima Ayu Ting Ting dan Anaknya
Potret lamaran Ayu Ting Ting dan Muhammad Fardana [TikTok]
17:30
9 Februari 2024

Berapa Gaji TNI Pangkat Lettu? Ternyata Segini Tunjangan yang Akan Diterima Ayu Ting Ting dan Anaknya

Netizen dibuat penasaran dengan gaji TNI pangkat Letnan Satu atau Lettu seperti Muhammad Fardhana, lelaki yang berhasil meluluhkan hati Ayu Ting Ting setelah menjanda selama 10 tahun.

Meski belum ada konfirmasi mengenai pernikahan dari kedua belah pihak, tak sedikit yang meyakini kalau pelantun Alamat Palsu itu akan segera naik ke pelaminan bersama lelaki berwajah oriental tersebut.

Lalu, berapa gaji anggota TNI Letnan Satu seperti Muhammad Fardhana?

Diketahui, Lettu adalah pangkat dalam jenjang perwira pertama di kemiliteran Indonesia. Pangkat ini berada satu tingkat di atas letnan dua dan satu tingkat di bawah Kapten.

Pangkat Letnan Satu di TNI ini setara dengan Inspektur Polisi Satu di Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Melansir situs resmi Kemenperin, Jumat (9/2/2024), disebutkan gaji TNI diatur peraturan pemerintah nomor 16 tahun 2019. Tidak hanya gaji, tunjangan TNI juga tertera dalam peraturan presiden nomor 102 tahun 2018. Untuk gaji TNI sendiri akan naik seiring berjalannya masa kerja dan juga kenaikan pangkat.

Disebutkan bahwa gaji TNI Letnan Satu atau Lettu masuk dalam golongan III perwira pertama, yakni di kisaran Rp2,8 juta hingga Rp4,6 juta per bulan.

Gaji ini belum termasuk tunjangan yang disesuaikan kelas jabatan dengan kisaran Rp1,9 juta hingga Rp29 juta.

Di luar gaji, juga ada tunjangan istri dan anak TNI sebagaimana peraturan menteri pertahanan republik Indonesia nomor 33 tahun 2007.

Tunjangan istri dan anak TNI yaitu meliputi:

  • Tunjangan istri atau suami diberikan sebesar 10% dari gaji pokok.
  • Tunjangan anak diberikan masing-masing sebesar 2% dari gaji pokok.
  • Tunjangan pangan atau beras.
  • Tunjangan jabatan.
  • Tunjangan pengabdian wilayah terpencil.
  • Tunjangan jabatan struktural atau fungsional.
  • Uang lauk pauk.

Sebelumnya, viral Ayu Ting Ting dikabarkan menggelar lamaran dengan Lettu Muhammad Fardana. Kabar itu diperkuat dengan potret-potret pertunangan Ayu dan Fardana, bersama dengan Bilqis di tengah keduanya.

Kabar Ayu Ting Ting lamaran membuat Ivan Gunawan disebut patah hati. Boy William pun mendadak pamer foto nangis kendati berhubungan dengan konten YouTube terbarunya.

Status janda sendiri telah disandang Ayu Ting Ting sekitar 10 tahun lalu. Sebagai informasi, Ayu tercatat tak lagi berstatus sebagai istri Enji Baskoro pada April 2014.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #berapa #gaji #pangkat #lettu #ternyata #segini #tunjangan #yang #akan #diterima #ting #ting #anaknya

KOMENTAR