Enam Cara Mengatasi Kulit Kusam: Lakukan dengan Rutin dan Rasakan Kulit Jadi Bercahaya
Ilustrasi kulit kusam. (freepik)
16:58
14 Oktober 2024

Enam Cara Mengatasi Kulit Kusam: Lakukan dengan Rutin dan Rasakan Kulit Jadi Bercahaya

Kulit kusam membuat kita tampil menjadi kurang percaya diri. Apalagi bila tengah berada di posisi ada banyak orang yang kulitnya justru tampak terlihat cerah.

 

Kulit kusam sendiri akan tampak datar atau bahkan abu-abu dan terasa kasar hingga bergelombang saat disentuh. Namun, jangan khawatir. Ada beberapa cara untuk mengatasinya.

 

Dikutip dari Olay, 6 langkah sederhana ini busa Anda lakukan untuk membantu mencerahkan kulit kusam.

 

  1. Bersihkan riasan Anda

Setiap hari Anda mungkin akan menggunakan riasan untuk mempercantik muka. Namun, banyak yang lupa dan malas untuk membersihkannya saat hendak istirahat. Padahal itu bisa membuat kulit hadi kusam.

 

Untuk membersihkan kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori, cucilah wajah Anda pagi dan malam hari. Pada malam hari, Anda perlu ekstra hati-hati untuk membersihkan riasan dan kotoran.

 

  1. Lembabkan kulit

Agar kulit tampak lebih berseri, cobalah serum pelembab ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda.

 

Serum wajah yang ampuh ini menawarkan 5 manfaat, mulai dari memperbaiki tekstur dan warna kulit, membuat kulit terasa lebih kencang, menghaluskan garis-garis halus, dan memberikan hidrasi yang tahan lama.

 

  1. Lakukan eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi ini mesti dilakukan beberapa kali dalam seminggu. Sehingga dapat memungkinkan sel-sel kulit baru tumbuh dan membuat kulit tampak berseri. Anda dapat melakukan eksfoliasi dengan berbagai cara, mulai dari waslap hingga sikat pembersih kulit.

 

  1. Tambahkan Vitamin C

Jika ingin kulit kembali cerah, vitamin C adalah antioksidan kaya nutrisi yang dikenal karena kemampuannya mencerahkan kulit dan anti-penuaan. Vitamin C dapat membantu menetralkan radikal bebas dan membatasi kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan.

 

  1. Gunakan masker wajah

Gunakan masker wajah sebelum tidur untuk kulit yang lebih cerah. Dengan menggunakan masker wajah, ia akan menghidrasi kulit Anda secara intensif sepanjang malam, membuatnya lembap, tampak lebih kencang, terangkat, dan halus.

 

  1. Ubah kebiasaan buruk

Mengubah kebiasaan buruk penting untuk mengatasi kulit kusam. Cobalah mengonsumsi makanan berserat tinggi dan berprotein tinggi yang kaya akan antioksidan dan asam lemak esensial. Bila merokok, Anda harus segera menghentikannya. Tak lupa tingkatkan sirkulasi darah ke kulit Anda dengan melakukan beberapa latihan kardio selama seminggu. (*)

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #enam #cara #mengatasi #kulit #kusam #lakukan #dengan #rutin #rasakan #kulit #jadi #bercahaya

KOMENTAR