Suka Lupa Waktu, Kenali 8 Manfaat Rehat Media Sosial Bagi Kesehatan Mental: Mulai untuk Diri Sendiri dan Lingkungan Sekitar
Ilustrasi 8 manfaat rehat media sosial. Freepik
07:06
12 Oktober 2024

Suka Lupa Waktu, Kenali 8 Manfaat Rehat Media Sosial Bagi Kesehatan Mental: Mulai untuk Diri Sendiri dan Lingkungan Sekitar

Hampir semua hal kita lakukan secara daring untuk terhubung dengan orang yang kita sayang.

Barangakali seperti berkirim pesan kepada teman dan keluarga, mempelajari ide-ide baru, berbelanja, membaca berita dan acara serta menemukan komunitas.

Terkadang, terlalu sering berselancar di media sosial membawa pengaruh yang buruk juga bagi kesehatan.

Sayangnya kita dipaksa tetap terhubung dan terpapar begitu banyak konten yang dapat memengaruhi kesehatan mental, hubungan, dan produktivitas.

Media sosial dirancang agar orang-orang dapat terhubung dengan orang lain meski mereka sedang berjauhan.

Perlu diakui bahwa, pengguna media sosial dapat membangun jaringan dengan rekan kerja, mencari pekerjaan atau terlibat dalam pengembangan profesional.

Di lain sisi, sejumlah penelitian mengonfirmasi korelasi antara penggunaan media sosial dan dampaknya terhadap kesehatan mental.

Seperti meningkatnya depresi, perasaan negatif akibat perbandingan, kecemasan yang lebih tinggi, insomnia, dan perilaku impulsif serta peningkatan gangguan kecemasan.

Adapun dampak dari hal tersebut berasal dari perasaan tidak mampu dan rendah diri saat melihat kehidupan pengguna lain yang dikurasi dengan cermat secara daring.

Dikutip melalui Medical News Today pada Sabtu (12/10), berikut adalah manfaat yang diperoleh ketika melakukan rehat media sosial.

1. Manfaat Rehat Media Sosial

Dengan mempertimbangkan semua hal di atas, mungkin kamu siap untuk beristirahat.

Tidak ada yang salah dan benar, namun beberapa hal ini mungkin dapat dipertimbangkan untuk meninggalkan media sosial sejenak:

2. Lebih Menghargai Diri Sendiri

Manfaat istirahat dari media sosial yang pertama adalah lebih menghargai diri.

Ketika mengurangi aktivitas berselancar di media sosial, maka seseorang bisa lebih fokus terhadap diri sendiri dan mensyukuri hidup.

3. Risiko Stres Berkurang

Manfaat istirahat dari media sosial yang terakhir adalah mengurangi risiko stres.

Terlalu sering bermain media sosial bisa memicu rasa iri saat melihat orang mengunggah pencapaian maupun prestasinya. Hal itu berdampak terhadap risiko stres.

4. Interaksi Sosial yang Lebih Baik

Salah satu manfaat istirahat dari media sosial adalah interaksi sosial bisa lebih baik. Sebab, ketika seseorang terlalu asyik bermain media sosial, hubungan dengan orang-orang di sekitar dapat terganggu.

5. Kualitas Tidur Meningkat

Membatasi penggunaan media sosial maksimal 10 menit per aplikasi per hari selama seminggu bisa meningkatkan kesejahteraan dan kualitas tidur.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Terlalu banyak menggunakan media sosial dapat mengurangi kemampuan untuk berpikir bebas.

Selian itu, kita juga dapar menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan pekerjaan atau pribadi. Otak yang lebih sehat dapat memiliki daya ingat dan kreativitas yang lebih baik.

7. Menjadi Lebih Produktif

Menghabiskan lebih sedikit waktu online sebagian besar menghasilkan produktivitas.

Efisiensi yang lebih tinggi dalam belajar, hasil kerja yang lebih baik, dan lebih banyak waktu untuk mengurus hal-hal lain merupakan dampak positif dari menghabiskan lebih sedikit waktu di media sosial.

8. Lebih Menghargai Privasi

Selalu mengunggah kehidupan sosial di kanal pribadi kamu memang tidak merugikan.

Namun, penting untuk tidak membiarkan semua kegiatan kamu diposting di media sosial dan dilihat oleh orang banyak.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #suka #lupa #waktu #kenali #manfaat #rehat #media #sosial #bagi #kesehatan #mental #mulai #untuk #diri #sendiri #lingkungan #sekitar

KOMENTAR