Biodata dan Pendidikan Ahok, Berani Mundur dari Komisaris Utama Pertamina Demi Ganjar-Mahfud
Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok resmi mundur dari Komisaris Pertamina. [Instagram/basukibtp]
09:18
3 Pebruari 2024

Biodata dan Pendidikan Ahok, Berani Mundur dari Komisaris Utama Pertamina Demi Ganjar-Mahfud

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok resmi mengundurkan diri dari Komisaris Utama PT Pertamina (Persero). Hal tersebut disampaikan melalui akun Instagram-nya, pada Jumat (2/2/2024). Ia juga menunjukkan surat undur diri itu.

"Unggahan ini merupakan bukti tanda terima Surat Pengunduran Diri saya sebagai Komisaris Utama PT Pertamina yang saya serahkan hari ini, 2 Februari 2024," ujar Ahok melalui akun Instagram-nya.

Pengunduran diri itu didasarkan pada ia yang mendukung Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada Pilpres 2024. Langkah ini, kata Ahok juga sebagai jawaban atas kebingungan orang terhadap arah politik dirinya.

Sikapnya tersebut membuatnya menerima pujian dari publik. Namanya juga masih menjadi topik pembicaraan hangat hingga kini. Kemudian, tak sedikit informasi tentang Ahok, seperti biodata dan pendidikannya ikut disorot.

Biodata Ahok

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (Instagram/@basukibtp)Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (Instagram/@basukibtp)

Nama Lengkap: Basuki Tjahaja Purnama

Nama Panggilan: Ahok atau BTP

Tempat, Tanggal Lahir: Belitung, 29 Juni 1966

Usia: 57 Tahun

Pendidikan: Universitas Trisakti, Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya

Pekerjaan: Politisi

Partai: PDIP

Orang Tua: Indra Tjahaja Purnama dan Buniarti Ningsih 

Pasangan: Puput Nastiti Devi

Anak: Nicholas Sean, Nathania, Daud Albeenner, Yosafat Abimanyu Purnama, dan Sarah Eliana Purnama

Adik: Basuri Tjahaja Purnama, Fify Lety Indra

Instagram: @basukibtp

Pendidikan dan Profil Ahok

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (Instagram/@basukibtp)Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (Instagram/@basukibtp)

Ahok mengenyam pendidikan SD hingga SMP di tanah kelahirannya, Belitung. Ia kemudian melanjutkannya ke SMA III PSKD Jakarta. Setelah itu, ia daftar ke Universitas Trisakti Jurusan Teknik Geologi dan lulus pada 1989.

Ia dengan gelar insinyur kembali melanjutkan kuliah S2 Manajemen di Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya. Ahok pun berhasil menyelesaikan program ini dan diberikan gelar master pada tahun 1994.

Sebelum berkiprah di ranah politik, Ahok lebih dulu bekerja sebagai Direktur PT Nurindra Ekapersada pada 1992. Selang dua tahun, ia masuk ke PT Simaxindo yang hanya dalam waktu singkat dirinya memilih untuk berhenti.

Ahok pada 1995 memutuskan untuk mendirikan pabrik pengolahan pasir kuarsa di Manggar, Belitung Timur. Lalu, pada 2004, ia bisa meyakinkan investor Korea agar membangun Tin Smelter atau pelabuhan biji timah di KIAK.

Setelah itu, Ahok menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Belitung Timur periode 2004. Lalu, ia menjadi Bupati Belitung Timur pada 2005. Ia juga berhasil terpilih untuk menduduki kursi anggota DPR RI pada tahun 2009. 

Lanjut, ia menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta pada 2012 dan Gubernur DKI Jakarta dua tahun setelahnya. Ahok kemudian mulai ditunjuk sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) sejak 22 November 2019. 

Penunjukkanya itu berdasarkan Keputusan Menteri BUMN selaku Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Pertamina No.SK-282/MBU/11/2019 tanggal 22 November 2019. Jabatan ini pun kini resmi ditinggalkannya.

Adapun sosok Ahok ini merupakan putra pertama dari pasangan Indra Tjahaja Purnama (Tjoeng Kiem Nam) dan Buniarti Ningsih (Boen Nen Tjauw). Ia lahir di Belitung pada 29 Juni 1966 atau saat ini tengah berusia 57 tahun.

Ahok menikah dengan Veronica Tan, dan dikaruniai tiga orang anak, yakni Nicholas Sean, Nathania, dan Daud Albeenner. Namun, keduanya bercerai pada 2018 dan selang satu tahun, Ahok mempersunting Puput Nastiti Devi.

Dari pernikahan bersama Puput, Ahok dikaruniai dua orang anak. Pertama ada Yosafat Abimanyu Purnama yang lahir pada tahun 2020. Lalu, putri bungsunya, yakni Sarah Eliana Purnama hadir ke dunia satu tahun setelahnya.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #biodata #pendidikan #ahok #berani #mundur #dari #komisaris #utama #pertamina #demi #ganjar #mahfud

KOMENTAR